Logo BeritaSatu

Zelensky Tolak Perundingan dengan Putin Jika Wilayah Ukraina Dicaplok

Kamis, 29 September 2022 | 10:20 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kyiv, Beritasatu.com- Presiden Volodymyr Zelensky menolak berunding dengan Presiden Rusia Vladimir Putin jika wilayah Ukraina dicaplok. Seperti dilaporkan AP, Rabu (28/9/2022), Zelensky memperingatkan bahwa Rusia baru saja menyimpulkan referendum palsu dan menyerukan "isolasi penuh" Rusia dan sanksi global baru yang keras.

Berbicara kepada Dewan Keamanan PBB melalui tautan video atas keberatan Rusia, Volodymyr Zelensky mendesak tambahan militer dan dukungan keuangan untuk membela Ukraina "sehingga agresor akan kalah," dan "jaminan keamanan kolektif yang jelas dan mengikat secara hukum" untuk negaranya sebagai tanggapan terhadap Rusia ambil terbaru untuk wilayah Ukraina.

Referendum, yang dikecam oleh Kyiv dan sekutu Baratnya sebagai kecurangan, berlangsung di wilayah Luhansk dan Kherson yang dikuasai Rusia, dan di wilayah yang diduduki di wilayah Donetsk dan Zaporizhzhia. Secara luas, referendum dipandang sebagai dalih untuk pengumuman bahwa Rusia mencaplok wilayah tersebut, seperti halnya mencaplok Krimea pada tahun 2014.

Pejabat pro-Moskwa mengatakan Selasa malam bahwa penduduk di keempat wilayah yang diduduki Ukraina memilih untuk bergabung dengan Rusia, kemungkinan awal aneksasi yang mungkin dalam beberapa hari yang akan mengatur panggung untuk fase baru dan berpotensi lebih berbahaya dalam perang tujuh bulan setelah Rusia 24 Februari invasi tetangganya yang lebih kecil.

Ukraina mengadakan pertemuan darurat Dewan Keamanan untuk menanggapi referendum, dan pengumuman aneksasi yang diharapkan dari Rusia.

“Setiap pencaplokan di dunia modern adalah kejahatan, kejahatan terhadap semua negara yang menganggap perbatasan yang tidak dapat diganggu gugat menjadi vital bagi diri mereka sendiri,” kata Zelensky.

Zelensky menuduh Rusia menghancurkan “badan utama hukum internasional,” dan menanggapi “setiap proposal untuk pembicaraan dengan kebrutalan baru di medan perang, dengan krisis dan ancaman yang lebih besar ke Ukraina dan dunia.”

“Pengakuan Rusia terhadap referendum palsu ini sebagai hal yang normal, implementasi dari apa yang disebut skenario Krimea dan upaya lain untuk mencaplok wilayah Ukraina, akan berarti bahwa tidak ada yang perlu dibicarakan dengan presiden Rusia ini. Aneksasi adalah jenis langkah yang menempatkan dia sendirian melawan seluruh umat manusia,” kata Zelensky.

Banyak anggota Dewan Keamanan mencela referendum dan menekankan bahwa setiap pencaplokan wilayah tidak akan pernah diakui.

Kepala politik PBB Rosemary DiCarlo mengatakan pemungutan suara pada referendum berlangsung di pusat-pusat pemungutan suara dan “otoritas de facto disertai oleh tentara juga pergi dari pintu ke pintu dengan kotak suara.”

“Mereka tidak bisa disebut sebagai ekspresi asli dari keinginan rakyat. Tindakan sepihak yang bertujuan untuk memberikan lapisan legitimasi atas upaya pengambilalihan secara paksa oleh satu negara atas wilayah negara lain, sementara mengklaim mewakili kehendak rakyat, tidak dapat dianggap sah menurut hukum internasional,” katanya kepada dewan.

Wakil duta besar Inggris, James Kariuki, menyebut referendum itu “ilegal dan tidak sah” dan merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina serta prinsip-prinsip Piagam PBB.

Duta Besar Albania Ferit Hoxha mengatakan referendum adalah replay dari skrip yang digunakan Rusia di Krimea, bertentangan dengan konstitusi Ukraina dan tidak ada hubungannya dengan demokrasi, tidak ada hubungannya dengan kehendak bebas Ukraina.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ganjar Pranowo: Pembangunan IKN Amanat Undang-undang

Ganjar Prawono mengatakan bahwa pembangunan IKN sesuai undang-undang tentu akan tetap dilaksanakan karena menjadi amanah undang-undang.

NEWS | 10 Desember 2022

Ganjar: Kawasan Industri Kendal Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Ganjar Prawono menyebutkan Kawasan Industri Kendal saat ini menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

NEWS | 10 Desember 2022

5.000 Petugas Gabungan Bersihkan Material Bangunan Akibat Gempa Cianjur

5.000 petugas gabungan diterjunkan untuk membantu membersihkan puing dan material rumah yang rusak akibat gempa Cianjur,

NEWS | 10 Desember 2022

Ganjar Sebut Pernikahan Kaesang Jadi Ajang Pertunjukan Budaya

Ganjar Pranowo mengatakan, momen pernikahan Kaesang dengan Erina bakal menjadi ajang pertunjukan budaya. 

NEWS | 10 Desember 2022

Forensik Patahkan Teori Keluarga Tewas di Kalideres Akibat Mogok Makan

Tim forensik mematahkan teori yang menyebut satu keluarga tewas di Kalideres akibat mogok makan.

NEWS | 10 Desember 2022

Soal Hubungan dengan Jokowi, Ini Pengakuan Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo mengaku menjalin hubungan baik dengan Presiden Joko Widodo sejak ia masih menjabat sebagai anggota DPR.

NEWS | 9 Desember 2022

Mengenal Taman Pracima yang Jadi Lokasi Resepsi Pernikahan Kaesang-Erina

Taman Pracima, Solo, menjadi lokasi resepsi pernikahan Kaesang-Erina pada Minggu 11 Desember 2022.

NEWS | 9 Desember 2022

Panitia Siapkan Layar untuk Saksikan Akad Nikah Kaesang-Erina

Layar itu untuk masyarakat yang ingin menyaksikan prosesi akad nikah Kaesang-Erina di Mal Plaza Ambarrukmo, Sleman.

NEWS | 9 Desember 2022

BNPT: Masyarakat Harus Cerdas Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus diberikan pemahaman ada oknum yang melakukan tindak kejahatan terorisme tapi dibalut dengan bahasa keagamaan.

NEWS | 9 Desember 2022

Cianjur Revisi Rencana Pembangunan Sesuai Analisis BMKG

Pemkab Cianjurmerevisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sesuai hasil analisa BMKG terkait Patahan atau Sesar Cugenang.

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Singkirkan Belanda Lewat Adu Penalti, Argentina Jumpa Kroasia di Semifinal

Singkirkan Belanda Lewat Adu Penalti, Argentina Jumpa Kroasia di Semifinal

SEMESTA BOLA 2022 | 32 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE