Logo BeritaSatu

Orang Miskin di Dubai Bisa Dapat Roti Gratis di Mesin Otomatis

Kamis, 29 September 2022 | 11:22 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Dubai, Beritasatu.com- Orang miskin di kota Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) kini bisa mendapatkan roti hangat gratis di mesin otomatis. Seperti dilaporkan AFP, Selasa (27/9/2022), negara yang mengimpor hampir semua produk pangan ini mulai terdampak kenaikan harga konsumen yang cepat. Kenaikan harga diperburuk diperburuk invasi Rusia di Ukraina.

Sepuluh mesin penjual otomatis dipasang minggu lalu di supermarket, dengan layar sentuh komputer yang memungkinkan orang memilih berbagai jenis: roti untuk sandwich, roti pita, atau chapati ala India datar. Mesin memiliki pembaca kartu kredit - untuk sumbangan bukan pembayaran.

“Seorang teman memberi tahu saya ada roti gratis, jadi saya datang,” kata Bigandar, seorang pemuda dari Nepal yang bekerja di tempat cuci mobil, yang tidak mau menyebutkan nama lengkapnya.

Seperti jutaan migran Asia, Bigandar bermimpi menghasilkan banyak uang di Uni Emirat Arab. Dia menuju Dubai, satu kota yang telah mendapatkan reputasi untuk konsumsi dan kelebihan yang mencolok.

Menurut angka pemerintah dari Pusat Statistik Dubai, indeks harga pangan, yang melacak perubahan bulanan dalam biaya sekeranjang komoditas pangan, naik 8,75 persen pada Juli, tahun ke tahun. Biaya transportasi juga melonjak lebih dari 38 persen.

Mesin pembuat roti ini merupakan inisiatif dari satu yayasan yang didirikan oleh penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum.

"Idenya adalah untuk pergi ke keluarga dan pekerja yang kurang beruntung sebelum mereka datang kepada kami. Siapa pun yang membutuhkan sekarang bisa mendapatkan roti panas hanya dengan menekan tombol," kata direktur yayasan, Zeinab Joumaa al-Tamimi.

UEA yang kaya minyak memiliki populasi hampir 10 juta orang, 90 persen di antaranya adalah warga negara asing, banyak pekerja dari Asia dan Afrika.

Dubai, jantung komersial UEA, bergantung pada pasukan pekerja ini untuk membangun gedung pencakar langit dan untuk sektor jasa, dari real estat hingga pariwisata mewah.

Bigandar, yang telah bekerja di sana selama tiga tahun terakhir, mengatakan bahwa untuk setiap kendaraan yang dibersihkan, dia mendapatkan tiga dirham (S$ 1,20 atau Rp 12.707).

Bekerja keras dan dengan tips dari pelanggan, Bigandar bisa mendapatkan antara 700 dan 1.000 dirham sebulan (S$270- S$390).

"Majikan saya menanggung perumahan dan transportasi, tetapi bukan makanan," katanya.

Sebagai tanda meningkatnya kesulitan yang dihadapi oleh pekerja migran, pemogokan kerja terjadi pada bulan Mei oleh para pengantar barang. Mereka menuntut upah yang lebih baik dalam menghadapi kenaikan harga bahan bakar.

Pada bulan Juli, pihak berwenang mengumumkan penggandaan bantuan sosial untuk orang miskin, tetapi hanya untuk segelintir keluarga Emirat dengan pendapatan di bawah 25.000 dirham per bulan, yang dianggap sebagai rumah tangga yang kurang beruntung.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Korban Tewas Gempa Cianjur Jadi 328 Orang, 12 Masih Hilang

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengungkapkan, korban tewas gempa Cianjur menjadi 328 orang setelah ada penambahan 1 korban meninggal.

NEWS | 1 Desember 2022

Budaya Patriarki Jadi Alasan Catcalling Dinormalisasi

Banyak masyarakat Indonesia tidak menganggap catcalling sebagai salah satu bentuk kekerasan seksual.

NEWS | 1 Desember 2022

Bharada E Sebut Ferdy Sambo Tertawa Saat Bercerita Salah Pakai Senjata

Bharada E alias Brigadir Richard Eliezer Pudihang Lumiu menyebut Ferdy Sambo tertawa saat bercerita salah pakai senjata.

NEWS | 30 November 2022

Polda Metro Jaya Bongkar Peredaran Sabu Bahan Likuid dari Eropa

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya membongkar peredaran narkoba jenis baru, yakni sabu dengan bahan likuid yang berasal dari Eropa.

NEWS | 30 November 2022

Partai Prima Papua Protes Gagal Lolos Jadi Peserta Pemilu 2024

Prima dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam tahapan verifikasi administrasi perbaikan pascakeputusan Bawaslu.

NEWS | 1 Desember 2022

Target 20 Persen Suara Golkar Akan Tercapai jika Disokong Efek Ekor Jas

Target 20 persen suara Partai Golkar baru akan tercapai apabila disokong efek ekor jas. Hal ini disampaikan Lili Romli.

NEWS | 1 Desember 2022

Ciri-ciri Partai yang Bakal Bergabung dengan KIB, Airlangga Singgung Bola

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto membeberkan ciri-ciri partai yang bakal bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

NEWS | 1 Desember 2022

Reuni 212 Rencananya Bakal digelar di Masjid Agung At-Tin Taman Mini

Reuni 212 rencananya bakal digelar pada 2 Desember 2022 di Masjid Agung At-Tin, TMII, Jakarta Timur.

NEWS | 1 Desember 2022

Motor Anggota Paspampres Hilang Dicuri di Babelan

Motor milik anggota Paspampres dicuri oleh kawanan pencuri saat terparkir di halaman rumah, kawasan Babelan, Kabupaten Bekasi, Rabu (30/11/2022) dini hari.

NEWS | 30 November 2022

Jelang Nataru, Tingkat Vaksinasi Booster DKI Baru sekitar 50%

Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Kemenkes mengungkapkan tingkat vaksinasi booster DKI baru mencapai sekitar 50%.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
AHY Bertemu Pemimpin Politik dan Pemerintahan Australia

AHY Bertemu Pemimpin Politik dan Pemerintahan Australia

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE