Logo BeritaSatu

Literasi Anak, Erha Clinic Luncurkan 3 Taman Baca di Semarang

Kamis, 29 September 2022 | 11:59 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Semarang, Beritasatu.com- Erha Clinic meluncurkan tiga Taman Baca Jendela Dunia di Kelurahan Sekayu, Semarang pada Rabu (28/9/2022) untuk meningkatkan budaya minat baca dan literasi anak di Indonesia sekaligus merayakan HUT ke-23 Erha.

“Program Taman Baca Jendela Dunia ini merupakan sebuah komitmen kami dari Erha Clinic di bidang Pendidikan khususnya untuk membantu program pemerintah dalam peningkatan budaya literasi dan minat baca di Indonesia. Kita tahu, tingkat literasi di Indonesia masih sangat rendah menurut data statistik UNESCO pada tahun 2012 presentasi minat baca Indonesia sebanyak 0,001%,” kata Chief Corporate Affairs Arya Noble, induk usaha dari Erha.

Menurut Andreas, kondisi itu berarti dari 1.000 penduduk hanya satu orang saja yang memiliki minat baca. Agar hal ini tidak terus menerus terjadi di Indonesia, maka dari itu, Erha membuat Taman Baca Jendela Dunia.

“Di dalam Taman Baca ini bukan hanya buku saja yang kita berikan, tetapi kita juga buat program-program yang berkaitan dengan peningkatkan budaya literasi dan minat baca anak. Tahun ini kita coba membangun tiga Taman Baca terlebih dahulu, dan akan kita tingkatkan di tahun depan sebanyak lima sampai enam Taman Baca Jendela Dunia,” tambah Andreas.

Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia menempati peringkat ke-62 dari 70 negara, atau merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah.

Selain itu, Programme for International Student Assessment (PISA) menyebut budaya literasi masyarakat Indonesia terburuk kedua dari 65 negara yang diteliti di dunia, Indonesia menempati urutan ke-64 dari 65 negara tersebut. PISA menyebutkan, tidak ada satu siswa pun di Indonesia yang meraih nilai literasi di tingkat kelima, hanya 0,4 persen siswa yang memiliki kemampuan literasi tingkat empat. Selebihnya di bawah tingkat tiga, bahkan di bawah tingkat satu.

Dwi Ratna Nugraini, Lurah Sekayu, Kota Semarang, mengaku sangat senang sekali dengan pembangunan ini. Pihak yakin setiap anak-anak Indonesia mempunyai minat baca yang tingggi, tapi mungkin belum tereksplorasi dengan baik.

“Kami berharap dengan adanya Taman Baca Jendela Dunia di daerah kami dapat membangun kembali semangat membaca anak-anak. Selama ini, di daerah kami hanya ada Rumah Pintar untuk berkumpulnya anak-anak, tapi dengan adanya tiga Taman Baca Jendela Dunia yang tersebar di daerah kami, diharapkan dapat menjadi pusat pembelajaran anak-anak dan meningkatkan prestasinya,” tutur Dwi.

Selain meluncurkan Taman Baca Jendela Dunia di Semarang, Erha Clinic dalam merayakan HUT ke-23 juga melakukan beberapa program sosial lainnya seperti Donor Darah dan Operasi Katarak Gratis untuk masyarakat. Tahun ini, Erha sudah mengoperasi sebanyak 1.627 mata katarak mulai dari dari pulau Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara Timur dan Papua.

“Erha juga telah mengumpulkan sebanyak 4.235 kantong darah melalui program donor darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia dan Perkumpulan Sosial Himpunan Bersatu Teguh. Selama 23 tahun Erha Clinic berdiri di Indonesia, tentunya kami ingin membawa perubahan yang signifikan terhadap kesehatan masyarakat di Indonesia khususnya dalam penanganan buta katarak dan pemenuhan stok darah di Indonesia,” lanjut Andreas Bayu Aji.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pembunuhan Brigadir J, Benny Ali: Ferdy Sambo Akui Nge-Prank

Benny Ali menyatakan kalau Ferdy Sambo mengakui bahwa dia telah nge-prank atau mengerjai anak buahnya sendiri pada kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Temui Langsung Ferdy Sambo, Benny Ali: Komandan Tega

Brigjen Benny Ali mengatakan langsung ke Ferdy Sambo bahwa komandannya itu tega mengorbankan para anak buahnya.

NEWS | 7 Desember 2022

Polsek Jatinegara Tingkatkan Pengamanan Usai Ledakan Bom Bandung

Polsek Jatinegara, Jakarta Timur, meningkatkan pengamanan usai ledakan bom Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri: Satu Polisi Meninggal Dunia, 7 Luka-luka

Seorang anggota Polsek Astana Anyar meninggal dunia dan 7 anggota lainnya mengalami luka-luka akibat bom bunuh diri Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Pasok Listrik Pengungsi Gempa Cianjur, Kemensos Siapkan Panel Surya

Kemensos menyiapkan teknologi panel surya untuk membantu memasok kebutuhan listrik bagi pengungsi gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 7 Desember 2022

Ledakan Kedua di Polsek Astana Anyar Berasal dari Tim Gegana

Ledakan kedua yang terdengar dari Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, ditengarai dari pihak tim gegana.

NEWS | 7 Desember 2022

Polri Beberkan Perkembangan Penanganan Ledakan Bom Bandung

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyampaikan perkembangan penanganan ledakan bom Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Polda Jabar: Terlalu Dini Ungkap Pelaku Bom Astana Anyar

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo menilai terlalu dini untuk mengungkap pelaku bom Astana Anyar.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri, Kapolrestabes: 3 Polisi Terluka Dibawa ke RS

Tiga anggota polisi sudah dilarikan ke rumah sakit (RS) akibat terluka bom bunuh diri di Polsek Astanya Anyar Bandung. 

NEWS | 7 Desember 2022

Sebar Foto Bom Bunuh Diri Bandung, Penjara 4 Tahun Menunggu

Hati-hati, menyebarkan foto bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung ternyata diancam hukuman 4 tahun penjara.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Motor Berpelat Solo Diduga Dipakai Pelaku Bom Bunuh Diri

Motor Berpelat Solo Diduga Dipakai Pelaku Bom Bunuh Diri

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE