Logo BeritaSatu

Akibat Perintah Mobilisasi, 194.000 Warga Rusia Mengungsi

Kamis, 29 September 2022 | 13:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Tallinn, Beritasatu.com- Sekitar 194.000 warga Rusia mengungsi akibat perintah mobilisasi dari Presiden Vladimir Putin. Seperti dilaporkan AP, Selasa (27/9/2022), ribuan warga Rusia melintasi perbatasan untuk melarikan diri dari panggilan untuk berperang dalam perang Rusia di Ukraina.

Vsevolod adalah salah satu dari lebih dari 194.000 warga negara Rusia yang telah melarikan diri ke negara tetangga Georgia, Kazakhstan dan Finlandia - paling sering dengan mobil, sepeda atau berjalan kaki - dalam seminggu sejak Presiden Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi sebagian pasukan cadangan.

Eksodus massal pria baik sendirian atau bersama keluarga atau teman mereka yakni mulai 21 September, tak lama setelah pidato Putin di depan negara, dan berlanjut sepanjang minggu ini.

Awalnya, para eksodus membeli tiket pesawat, yang harganya melonjak pada beberapa maskapai yang masih terbang keluar dari Rusia. Tetapi sisa eksodus harus mengisi bensin mobil mereka dan bergabung dengan antrean panjang yang meliuk-liuk di jalan menuju perbatasan.

Menurut layanan daring Yandex Maps, kemacetan lalu lintas menuju Verkhny Lars, perbatasan yang melintasi Georgia dari wilayah Ossetia Utara Rusia, membentang sekitar 15 kilometer pada Selasa.

Media sosial menunjukkan ratusan pejalan kaki berbaris di pos pemeriksaan setelah penjaga perbatasan Rusia melonggarkan peraturan dan mengizinkan orang untuk menyeberang dengan berjalan kaki. Demikian pula antrean panjang dilaporkan di beberapa penyeberangan ke Kazakhstan.

Kementerian Dalam Negeri Georgia menyatakan lebih dari 53.000 orang Rusia telah memasuki negara itu sejak pekan lalu. Sementara pejabat Kementerian Dalam Negeri di Kazakhstan menyatakan 98.000 menyeberang ke negara itu.

Badan Penjaga Perbatasan Finlandia menyatakan lebih dari 43.000 tiba pada periode yang sama. Laporan media juga mengatakan 3.000 orang Rusia lainnya memasuki Mongolia, yang juga berbatasan dengan negara itu.

Polisi di Ossetia Utara mengatakan kantor pendaftaran darurat akan didirikan di persimpangan Verkhny Lars. Pejabat setempat mengonfirmasi kepada kantor berita negara Tass bahwa pria Rusia sedang dilayani perintah panggilan mobilisasi di penyeberangan ke Georgia.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan, hanya sekitar 300.000 orang dengan pertempuran sebelumnya atau dinas militer lainnya yang akan dikerahkan.

Namun laporan telah muncul dari berbagai wilayah Rusia bahwa perekrut sedang mengumpulkan orang-orang di luar deskripsi itu. Rekrutmen memicu ketakutan akan panggilan yang lebih luas, mengirim berbondong-bondong pria dari segala usia dan latar belakang ke bandara dan perbatasan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mayoritas Publik Puas dengan Kinerja Jokowi-Ma'ruf Amin

Hasil survei terbaru lembaga Charta Politika Indonesia menunjukkan mayoritas publik puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

NEWS | 29 November 2022

Keluarga Tewas di Kalideres Aktif Lakukan Sebuah Ritual

Salah satu korban satu keluarga tewas di Kalideres tersebut, yaitu Budiyanto aktif melakukan sebuah ritual.

NEWS | 29 November 2022

Kemenkes Sebut HIV Masih Jadi Masalah Kesehatan Global

Memperingati Hari AIDS Sedunia 2022, Kemenkes menyampaikan infeksi HIV AIDS masih menjadi masalah kesehatan global dan nasional.

NEWS | 29 November 2022

Elektabilitas Ganjar Pranowo Konsisten Naik

Hasil survei terbaru Charta Politika menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus menunjukkan tren positif untuk menghadapi Pilpres 2024.

NEWS | 29 November 2022

Soal Tambang Ilegal Kaltim, Kabareskrim Tantang Ferdy Sambo Buka BAP

Kabareskrim menanggapi pernyataan mantan Kadiv Propam Polri yang mengatakan bahwa Agus telah diperiksa terkait kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur.

NEWS | 29 November 2022

Survei: Elektabilitas 32,6%, Ganjar Pranowo Jauh Ungguli Anies dan Prabowo

Ganjar Pranowo tetap memperoleh elektabilitas tertinggi sebesar 32,6% dibanding sembilan kandidat lainnya berdasarkan hasil survei Charta Politika.

NEWS | 29 November 2022

Sultan Brunei Sopiri PM Malaysia Anwar Ibrahim ke Putrajaya

Sultan Brunei Hassanal Bolkiah secara mengejutkan mengambil alih kemudi kendaraan dinas dan mengantar Perdana Menteri Anwar Ibrahim ke Seri Perdana, Putrajaya.

NEWS | 29 November 2022

Polisi Pastikan 1 Keluarga Tewas Di Kalideres Bukan Keracunan

Polda Metro Jaya memastikan satu keluarga yang ditemukan meninggal dunia di satu rumah di Kalideres, Jakarta Barat bukan disebabkan keracunan.

NEWS | 29 November 2022

Polisi Olah TKP Keluarga Dibunuh di Magelang yang Diracun Anak Sendiri

Polresta Magelang pada Selasa (29/11/2022) melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kasus keluarga dibunuh di Magelang dengan cara diracun anaknya sendiri.

NEWS | 29 November 2022

Tim SAR Gunakan 3 Metode untuk Cari Kru Helikopter Polri yang Hilang

Tim SAR gabungan menggunakan tiga metode dalam pencarian kru helikopter milik polri dengan nomor registrasi 105/P-1103 yang hilang

NEWS | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menko Luhut <em>Happy,</em> Komitmen Belanja Produk Dalam Negeri Capai Rp 994 T

Menko Luhut Happy, Komitmen Belanja Produk Dalam Negeri Capai Rp 994 T

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE