Logo BeritaSatu

Akibat Perintah Mobilisasi, 194.000 Warga Rusia Mengungsi

Kamis, 29 September 2022 | 13:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Tallinn, Beritasatu.com- Sekitar 194.000 warga Rusia mengungsi akibat perintah mobilisasi dari Presiden Vladimir Putin. Seperti dilaporkan AP, Selasa (27/9/2022), ribuan warga Rusia melintasi perbatasan untuk melarikan diri dari panggilan untuk berperang dalam perang Rusia di Ukraina.

Vsevolod adalah salah satu dari lebih dari 194.000 warga negara Rusia yang telah melarikan diri ke negara tetangga Georgia, Kazakhstan dan Finlandia - paling sering dengan mobil, sepeda atau berjalan kaki - dalam seminggu sejak Presiden Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi sebagian pasukan cadangan.

Eksodus massal pria baik sendirian atau bersama keluarga atau teman mereka yakni mulai 21 September, tak lama setelah pidato Putin di depan negara, dan berlanjut sepanjang minggu ini.

Awalnya, para eksodus membeli tiket pesawat, yang harganya melonjak pada beberapa maskapai yang masih terbang keluar dari Rusia. Tetapi sisa eksodus harus mengisi bensin mobil mereka dan bergabung dengan antrean panjang yang meliuk-liuk di jalan menuju perbatasan.

Menurut layanan daring Yandex Maps, kemacetan lalu lintas menuju Verkhny Lars, perbatasan yang melintasi Georgia dari wilayah Ossetia Utara Rusia, membentang sekitar 15 kilometer pada Selasa.

Media sosial menunjukkan ratusan pejalan kaki berbaris di pos pemeriksaan setelah penjaga perbatasan Rusia melonggarkan peraturan dan mengizinkan orang untuk menyeberang dengan berjalan kaki. Demikian pula antrean panjang dilaporkan di beberapa penyeberangan ke Kazakhstan.

Kementerian Dalam Negeri Georgia menyatakan lebih dari 53.000 orang Rusia telah memasuki negara itu sejak pekan lalu. Sementara pejabat Kementerian Dalam Negeri di Kazakhstan menyatakan 98.000 menyeberang ke negara itu.

Badan Penjaga Perbatasan Finlandia menyatakan lebih dari 43.000 tiba pada periode yang sama. Laporan media juga mengatakan 3.000 orang Rusia lainnya memasuki Mongolia, yang juga berbatasan dengan negara itu.

Polisi di Ossetia Utara mengatakan kantor pendaftaran darurat akan didirikan di persimpangan Verkhny Lars. Pejabat setempat mengonfirmasi kepada kantor berita negara Tass bahwa pria Rusia sedang dilayani perintah panggilan mobilisasi di penyeberangan ke Georgia.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan, hanya sekitar 300.000 orang dengan pertempuran sebelumnya atau dinas militer lainnya yang akan dikerahkan.

Namun laporan telah muncul dari berbagai wilayah Rusia bahwa perekrut sedang mengumpulkan orang-orang di luar deskripsi itu. Rekrutmen memicu ketakutan akan panggilan yang lebih luas, mengirim berbondong-bondong pria dari segala usia dan latar belakang ke bandara dan perbatasan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sektor Transportasi Online Resilien, Gojek jadi Pemimpin Pasar

Riset dilakukan Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) di 5 kota besar Indonesia kepada 2.310 pengguna dan 1.155 pengusaha. 

EKONOMI | 8 Desember 2022

BMKG Perbarui Data Gempa Sukabumi Jadi M 5,8

BMKG memperbarui data gempa di Kota Sukabumi dan sekitarnya yang terjadi Kamis (8/12/2022) dari sebelumnya magnitudo 6,1 menjadi 5,8.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa M 6,1 Guncang Kota Sukabumi dan Sekitarnya

Kota Sukabumi dan sekitarnya diguncang gempa magnitudo 6,1, pada Kamis (8/12/2022) sekitar pukul 7.50 WIB.

NEWS | 8 Desember 2022

Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Kilat di Jaksel dan Jaktim Sore Ini

BMKG memperingatkan potensi hujan kilat atau petir dan disertai angin kencang di wilayah Jakbar, Jaksel dan Jaktim pada sore hingga malam hari.

NEWS | 8 Desember 2022

Korban Meninggal Gempa Cianjur Tetap 334 Orang

Basarnas pada hari Rabu (7/12/2022) tidak berhasil menemukan tambahan korban jiwa gempa Cianjur.

NEWS | 8 Desember 2022

Kaesang Pangarep Ikuti Wilujengan Jelang Pernikahan

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep yang akan menikah dengan Erina Gudono, menjalani tradisi wilujengan.

NEWS | 8 Desember 2022

Top 5 News: Bom Bandung hingga Meninggalnya Lord Rangga

Kabar soal pelaku peledakan Mapolsek Astana Anyar Rabu (7/12/2022) pagi, terekam kamera CCTV membawa dua bungkusan menjadi berita terpopuler.

NEWS | 8 Desember 2022

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Polisi menggelar rekonstruksi detik-detik Christian Rudolf Tobing (36) membunuh temannya sendiri Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha di apartemen. 

NEWS | 8 Desember 2022

Pemkot San Francisco Selidiki Kamar Tidur Darurat di Markas Twitter

Pemkot San Francisco baru-baru ini mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki keluhan bahwa Twitter telah membuat kamar tidur darurat di markas pusatnya.

NEWS | 8 Desember 2022

Buwas: Tak Mudah Impor Beras di Tengah Krisis Pangan

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas mengatakan, tidak mudah untuk impor beras saat krisis pangan melanda banyak negara. 

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kyle Walker Ingatkan Inggris Jangan Terobsesi Kylian Mbappe

Kyle Walker Ingatkan Inggris Jangan Terobsesi Kylian Mbappe

SEMESTA BOLA 2022 | 24 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE