Logo BeritaSatu

Akibat Perintah Mobilisasi, 194.000 Warga Rusia Mengungsi

Kamis, 29 September 2022 | 13:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Tallinn, Beritasatu.com- Sekitar 194.000 warga Rusia mengungsi akibat perintah mobilisasi dari Presiden Vladimir Putin. Seperti dilaporkan AP, Selasa (27/9/2022), ribuan warga Rusia melintasi perbatasan untuk melarikan diri dari panggilan untuk berperang dalam perang Rusia di Ukraina.

Vsevolod adalah salah satu dari lebih dari 194.000 warga negara Rusia yang telah melarikan diri ke negara tetangga Georgia, Kazakhstan dan Finlandia - paling sering dengan mobil, sepeda atau berjalan kaki - dalam seminggu sejak Presiden Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi sebagian pasukan cadangan.

Eksodus massal pria baik sendirian atau bersama keluarga atau teman mereka yakni mulai 21 September, tak lama setelah pidato Putin di depan negara, dan berlanjut sepanjang minggu ini.

Awalnya, para eksodus membeli tiket pesawat, yang harganya melonjak pada beberapa maskapai yang masih terbang keluar dari Rusia. Tetapi sisa eksodus harus mengisi bensin mobil mereka dan bergabung dengan antrean panjang yang meliuk-liuk di jalan menuju perbatasan.

Menurut layanan daring Yandex Maps, kemacetan lalu lintas menuju Verkhny Lars, perbatasan yang melintasi Georgia dari wilayah Ossetia Utara Rusia, membentang sekitar 15 kilometer pada Selasa.

Media sosial menunjukkan ratusan pejalan kaki berbaris di pos pemeriksaan setelah penjaga perbatasan Rusia melonggarkan peraturan dan mengizinkan orang untuk menyeberang dengan berjalan kaki. Demikian pula antrean panjang dilaporkan di beberapa penyeberangan ke Kazakhstan.

Kementerian Dalam Negeri Georgia menyatakan lebih dari 53.000 orang Rusia telah memasuki negara itu sejak pekan lalu. Sementara pejabat Kementerian Dalam Negeri di Kazakhstan menyatakan 98.000 menyeberang ke negara itu.

Badan Penjaga Perbatasan Finlandia menyatakan lebih dari 43.000 tiba pada periode yang sama. Laporan media juga mengatakan 3.000 orang Rusia lainnya memasuki Mongolia, yang juga berbatasan dengan negara itu.

Polisi di Ossetia Utara mengatakan kantor pendaftaran darurat akan didirikan di persimpangan Verkhny Lars. Pejabat setempat mengonfirmasi kepada kantor berita negara Tass bahwa pria Rusia sedang dilayani perintah panggilan mobilisasi di penyeberangan ke Georgia.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan, hanya sekitar 300.000 orang dengan pertempuran sebelumnya atau dinas militer lainnya yang akan dikerahkan.

Namun laporan telah muncul dari berbagai wilayah Rusia bahwa perekrut sedang mengumpulkan orang-orang di luar deskripsi itu. Rekrutmen memicu ketakutan akan panggilan yang lebih luas, mengirim berbondong-bondong pria dari segala usia dan latar belakang ke bandara dan perbatasan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penasihat Hukum: Saksi Aditya Cahya Pelapor Atau Timsus?

Penasihat hukum Arif Rachman mempertanyakan keberadaan saksi Kompol Aditya Cahya, apakah bertindak sebagai pelapor atau sebagai Timsus di Dittipidsiber.

NEWS | 26 November 2022

Update Gempa Cianjur: 318 Jiwa Orang Meninggal Dunia

Jumlah korban meninggal akibat gempa Cianjur, hingga hari ini, Sabtu (26/11/2022) pukul 17.00 WIB terus bertambah menjadi 318 orang.

NEWS | 26 November 2022

Segera Dibuka, Intibios Hang Tuah Hadirkan Layanan Kesehatan Satu Atap

Intibios Hang Tuah yang akan segera beroperasi memberikan layanan kesehatan satu atap yaitu laboratorium, klinik sekaligus farmasi di satu tempat.

NEWS | 26 November 2022

Enggartiasto: Intibios Utamakan Experience Layanan Kesehatan

Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa layanan kesehatan Intibios ingin memberikan pengalaman pelayanan kesehatan yang berbeda kepada masyarakat.

NEWS | 26 November 2022

Kendarai Motor, Mahasiswa UMM Jatuh dari Jembatan Setinggi 25 Meter

Mahasiswa UMM Irfaan Hafids Akbar jatuh dari atas jembatan Soekarno Hatta, Kota Malang. Korban jatuh dari ketinggian 25 meter.

NEWS | 26 November 2022

Antar Bantuan Korban Gempa Cianjur, BNPB Gunakan Motor

BNPB menggunakan sepeda motor untuk mengantarkan bantuan bagi korban gempa Cianjur yang berada di daerah yang susah dijangkau.

NEWS | 26 November 2022

Jokowi Tegaskan Reputasi Global Indonesia Patut Dijaga

Presiden Jokowi mengatakan reputasi global yang diraih Indonesia saat ini patut dijaga keberlanjutannya oleh kepemimpinan berikutnya.

NEWS | 26 November 2022

Guru Diminta Ciptakan Lingkungan Belajar Menyenangkan

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengajak guru berinovasi menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.

NEWS | 26 November 2022

Warga Rembang Bergerak Membantu Korban Gempa Cianjur

Masyarakat di Rembang terus bergerak membantu para korban gempa Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Mereka dengan menggalang bantuan di jalan protokol di Rembang.

NEWS | 26 November 2022

BPKH Menyerahkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyerahkan bantuan kemaslahatan senilai Rp 2,2 miliar untuk para korban gempa Cianjur.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hujan, Publik Soundrenaline Antusias Tonton Plain White T's

Hujan, Publik Soundrenaline Antusias Tonton Plain White T's

LIFESTYLE | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE