Logo BeritaSatu

Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter Berpotensi Terjadi di Selat Malaka

Kamis, 29 September 2022 | 13:26 WIB
Oleh : Maria Fatina Bona / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah perairan pada hari ini dan besok, 29 dan 30 September 2022.

BMKG menuturkan, gelombang tinggi dengan kisaran hingga 4 meter berpeluang terjadi di Selat Malaka bagian utara, perairan utara Sabang, perairan barat Aceh-Kepulauan Mentawai, perairan Pulau Enggano-Bengkulu; Selain itu, gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di perairan barat Lampung, Samudra Hindia Barat Sumatra, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Pulau Jawa- Pulau Sumba, Selat Bali, Lombok, Alas bagian selatan, Samudra Hindia Selatan Jawa- NTT.

Hal ini terjadi karena pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Malaka bagian utara, perairan utara Sabang, Selat Sunda bagian selatan, Laut Sulawesi dan Laut Arafuru.

Selain menyebabkan terjadinya peningkatan gelombang tinggi hingga 4 meter, BMKG menyebutkan, terjadi juga gelombang tinggi di kisaran 1,25-2,5 meter berpeluang terjadi di perairan timur Pulau Simeulue, Teluk Lampung bagian selatan, Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu, Selat Ombai, perairan Pulau Sawu-Pulau Rotte-Kupang, Laut Natuna Utara.

Kemudian, Selat Lombok bagian utara, perairan Kalimantan Utara, Laut Sulawesi, perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, perairan Bitung -Kepulauan Sitaro, Laut Maluku bagian utara, perairan utara Sorong-Jayapura,Samudra Pasifik Utara Halmahera-Papua, perairan selatan Kepulauan Sermata-Kepulauan Tanimbar, perairan selatan Kepulauan Aru, Laut Arafuru.

Menurut BMKG, potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama bagi nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," tulis peringatan dini BMKG.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Keluarga Tewas di Kalideres Aktif Lakukan Sebuah Ritual

Salah satu korban satu keluarga tewas di Kalideres tersebut, yaitu Budiyanto aktif melakukan sebuah ritual.

NEWS | 29 November 2022

Kemenkes Sebut HIV Masih Jadi Masalah Kesehatan Global

Memperingati Hari AIDS Sedunia 2022, Kemenkes menyampaikan infeksi HIV AIDS masih menjadi masalah kesehatan global dan nasional.

NEWS | 29 November 2022

Elektabilitas Ganjar Pranowo Konsisten Naik

Hasil survei terbaru Charta Politika menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus menunjukkan tren positif untuk menghadapi Pilpres 2024.

NEWS | 29 November 2022

Soal Tambang Ilegal Kaltim, Kabareskrim Tantang Ferdy Sambo Buka BAP

Kabareskrim menanggapi pernyataan mantan Kadiv Propam Polri yang mengatakan bahwa Agus telah diperiksa terkait kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur.

NEWS | 29 November 2022

Survei: Elektabilitas 32,6%, Ganjar Pranowo Jauh Ungguli Anies dan Prabowo

Ganjar Pranowo tetap memperoleh elektabilitas tertinggi sebesar 32,6% dibanding sembilan kandidat lainnya berdasarkan hasil survei Charta Politika.

NEWS | 29 November 2022

Sultan Brunei Sopiri PM Malaysia Anwar Ibrahim ke Putrajaya

Sultan Brunei Hassanal Bolkiah secara mengejutkan mengambil alih kemudi kendaraan dinas dan mengantar Perdana Menteri Anwar Ibrahim ke Seri Perdana, Putrajaya.

NEWS | 29 November 2022

Polisi Pastikan 1 Keluarga Tewas Di Kalideres Bukan Keracunan

Polda Metro Jaya memastikan satu keluarga yang ditemukan meninggal dunia di satu rumah di Kalideres, Jakarta Barat bukan disebabkan keracunan.

NEWS | 29 November 2022

Polisi Olah TKP Keluarga Dibunuh di Magelang yang Diracun Anak Sendiri

Polresta Magelang pada Selasa (29/11/2022) melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kasus keluarga dibunuh di Magelang dengan cara diracun anaknya sendiri.

NEWS | 29 November 2022

Tim SAR Gunakan 3 Metode untuk Cari Kru Helikopter Polri yang Hilang

Tim SAR gabungan menggunakan tiga metode dalam pencarian kru helikopter milik polri dengan nomor registrasi 105/P-1103 yang hilang

NEWS | 29 November 2022

Cara British Council Hubungkan Alumni Inggris di Ratusan Negara

Lembaga pendidikan dan budaya British Council telah meluncurkan Alumni UK, sebuah platform jejaring bagi lulusan perguruan tinggi Inggris.

NEWS | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kilang Pertamina Siap Jadi Perusahaan Petrokimia Global

Kilang Pertamina Siap Jadi Perusahaan Petrokimia Global

EKONOMI | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE