Logo BeritaSatu

Ketua Komisi X DPR Ungkap Penyebab RUU Sisdiknas Batal Masuk Prolegnas 2023

Kamis, 29 September 2022 | 17:46 WIB
Oleh : Chairul Fikri / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda menyebutkan ada banyak pertimbangan mengapa sampai Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) diputuskan tidak dimasukkan dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas Tahun 2023.

Salah satunya, kata Syaiful Huda, karena Kementerian Pendidikan, Kebudaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dinilai belum sepenuhnya melibatkan stakeholders di bidang pendidikan dalam menyusun draft RUU Sisdiknas, sehingga pada akhirnya RUU tersebut memunculkan banyak polemik dan protes keras terutama dari kalangan ormas pendidikan.

"Ada banyak pertimbangan akhirnya Baleg DPR RI tidak memasukkan RUU Sisdiknas dalam Prolegnas Prioritas 2023. Salah satunya Kemendikbudristek dianggap belum sepenuhnya melibatkan stakeholders pendidikan baik itu oleh asosiasi guru, penyelenggara pendidikan, para pemerhati pendidikan, dan berbagai pihak yang merasakan semuanya keberatan terkait draf RUU Sisdiknas karena banyak substansi yang tidak sesuai dengan pola pendidikan di Indonesia," ungkap Syaiful Huda dalam wawancara di Program News On Spot bertajuk "Kawal RUU Sisdiknas" Beritasatu TV, Kamis (29/9/2022).

Syaiful Huda mengatakan, dalam rapat kerja Badan Legislasi (Baleg) DPR bersama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Selasa (20/9/2022) malam lalu, akhirnya diputuskan RUU Sisdiknas tidak dimasukkan Rancangan dalam Prolegnas Prioritas 2023 karena berbagai pertimbangan yang ada.

Terkait itu, Syaiful mengatakan, saat ini ada kesempatan bagi pemerintah dalam hal ini Kemendikbudristek untuk melengkapi lagi RUU Sisdiknas dengan memasukkan usulan-usulan penting dari masyarakat khususnya dari ormas pendidikan, sehingga RUU ini dapat mengakomodasi seluruh aspek yang terkait dengan dunia pendidikan.

"Kita berharap RUU Sisdiknas dapat memasukkan keberatan masyarakat terhadap RUU ini, dan dibicarakan di level pemerintah sehingga permasalahan yang terjadi bisa diselesaikan lebih dahulu sebelum dibahas di DPR," kata Syaiful.

Syaiful mengatakan, beberapa substansi penting yang menjadi polemik dalam RUU Sisdiknas seperti masalah tunjangan profesi guru (TPG) yang tidak tercantum dalam RUU tersebut, padahal hal ini diatur dengan jelas dalam UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003.

Baca selanjutnya
Selain itu, mengenai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang di dalam ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jadwal Sidang Ferdy Sambo Dkk di PN Jaksel Pekan Ini

Ferdy Sambo dkk akan menjalani sidang di PN Jaksel pekan ini selama tiga hari. Berikut jadwal sidang Ferdy Sambo dkk pekan ini

NEWS | 28 November 2022

Hari Ini, Bharada E Cs Hadapi Persidangan Kasus Brigadir J

Bharada E duduk sebagai terdakwa bersama dengan Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf pada sidang dugaan pembunuhan berencana Brigadir J.

NEWS | 28 November 2022

BMKG: DKI Jakarta Diguyur Hujan Malam Hari

BMKG memprakirakan, hujan akan mengguyur DKI Jakarta pada Senin (28/11/2022) malam. Hujan dan petir juga bakal terjadi pada malam nanti.

NEWS | 28 November 2022

Siaran Piala Dunia di TV Tiongkok Sensor Gambar Fan Tanpa Masker

Siaran TV pertandingan Piala Dunia Qatar di Tiongkok menyensor gambar jarak dekat para fan sepak bola tanpa masker di stadion.

NEWS | 28 November 2022

Longsor di Ischia Tewaskan 7 Orang, Italia Umumkan Keadaan Darurat

Italia mengumumkan keadaan darurat di pulau selatan Ischia pada Minggu (27/11/2022) setelah tanah longsor menewaskan sedikitnya tujuh orang.

NEWS | 28 November 2022

Top 5 News: Pencopotan Label Gereja di Cianjur hingga Laga Jerman-Spanyol

Pencopotan label gereja di posko pengungsian gempa Cianjur dan susunan pemain Jerman-Spanyol merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 28 November 2022

Kementerian PPPA Harap Pemda Perkuat Regulasi Ramah Perempuan

Selain memperkuat regulasi, Kementerian PPPA minta pemangku kebijakan memberikan porsi yang besar terhadap partisipasi perempuan.

NEWS | 28 November 2022

Ini Sejarah Lokananta, Perusahaan Musik Tertua di Indonesia

Lokananta, adalah harta karun yang nyaris terlupakan. Titik nol industri musik Indonesia ini sempat mengalami jatuh bangun sejak didirikan pada 1956.

NEWS | 28 November 2022

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Global Resesi, OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit hingga 2024

Global Resesi, OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit hingga 2024

EKONOMI | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE