Logo BeritaSatu

SMRC: Ganjar, Anies, dan Prabowo Beri Efek Positif pada Elektabilitas PDIP

Kamis, 29 September 2022 | 17:54 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Elektabilitas PDI Perjuangan (PDIP) mengalami peningkatan signifikan apabila mengusung Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, termasuk Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres). Hal ini berdasarkan temuan studi eksperimental yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Sementara, pencalonan Puan Maharani tidak memiliki pengaruh atau bahkan cenderung memperlemah suara PDIP.

Hasil studi ini dipresentasikan oleh pendiri SMRC, Saiful Mujani dalam program Bedah Politik bersama Saiful Mujani bertajuk “Efek Calon Presiden terhadap Partai” yang disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV, Rabu (29/9/2022).

Saiful mengatakan PDIP penting untuk didiskusikan. Pasalnya, partai ini memiliki beberapa opsi untuk pencalonan presiden. PDIP memiliki beberapa kader berbeda yang dibahas untuk menjadi capres. Di sisi yang lain, dalam dua pemilu terakhir, PDIP adalah partai dengan perolehan suara terbanyak.

Pertanyaan teoritisnya adalah tentang efek ekor jas. Biasanya partai yang memiliki calon yang bagus maka suara partai tersebut akan ikut terangkat. Sebaliknya, jika mencalonkan tokoh yang buruk, suara partai tidak bisa terangkat atau bahkan memiliki pengaruh negatif terhadap partai tersebut. Karena itu, menurutnya, pilihan partai terhadap calon adalah pilihan strategis bagi partai itu sendiri.

Menurutnya, PDIP menjadi unik, karena memiliki beberapa opsi calon. Untuk menjawab efek calon pada perolehan suara partai, SMRC melakukan studi eksperimental. Ini dilakukan, lanjut Saiful, untuk melihat hubungan kausalitas antara calon dan partai. Dalam studi ini, pertama-tama yang diuji adalah variabel kontrol, yakni pilihan pada PDIP. “Ada 28 persen yang menyatakan akan memilih PDIP, yang menyatakan tidak akan memilih 43 persen, dan tidak tahu 29 persen,” kata Saiful Mujani.

Kemudian, SMRC memasukkan nama Puan sebagai capres. “Jika PDIP mencalonkan Puan Maharani untuk menjadi presiden, apakah masyarakat akan memilih PDIP atau calon anggota DPR dari PDIP bila pemilihan umum dilakukan sekarang?,” demikian pertanyaan yang diajukan kepada responden. Hasilnya, ada 25 persen yang menyatakan akan memilih PDIP, 44 persen menyatakan tidak, dan 31 persen menjawab tidak tahu.

“Untuk pertanyaan netral, ada 28 persen yang menjawab akan memilih PDIP. Namun, setelah ada nama Puan, menjadi 25 persen. Suara PDIP mengalami sedikit penurunan. Puan tidak meningkatkan elektabilitas PDIP kalau dia dicalonkan,” ujar Saiful Mujani.

Baca selanjutnya
Kemudian, ketika nama yang dimasukkan adalah Ganjar Pranowo dengan pertanyaan yang ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top 5 News: Pencopotan Label Gereja di Cianjur hingga Laga Jerman-Spanyol

Pencopotan label gereja di posko pengungsian gempa Cianjur dan susunan pemain Jerman-Spanyol merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 28 November 2022

Kementerian PPPA Harap Pemda Perkuat Regulasi Ramah Perempuan

Selain memperkuat regulasi, Kementerian PPPA minta pemangku kebijakan memberikan porsi yang besar terhadap partisipasi perempuan.

NEWS | 28 November 2022

Ini Sejarah Lokananta, Perusahaan Musik Tertua di Indonesia

Lokananta, adalah harta karun yang nyaris terlupakan. Titik nol industri musik Indonesia ini sempat mengalami jatuh bangun sejak didirikan pada 1956.

NEWS | 28 November 2022

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

NEWS | 28 November 2022

Pasca-Gempa Cianjur, BNPB Ajak Warga yang Rumah Masih Layak Huni Kembali

BNPB melaporkan hingga hari ini, Minggu (27/11/2022), telah terdaftar 62.628 rumah yang rusak akibat gempa Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Ini Cara Cegah Nyeri Sendi Semakin Parah

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang dan menjadi penyebab osteoartritis atau radang sendi.

NEWS | 27 November 2022

Persoalan Papua Harus Jadi Prioritas Panglima TNI Baru

Salah satu skala prioritas dari Panglima TNI baru adalah persoalan pengamanan di Papua

NEWS | 27 November 2022

Panglima TNI Baru Harus Pastikan Anak Buah Selalu Bersama Rakyat

Panglima TNI baru yang nantinya akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa harus bisa memastikan anak buah selalu dekat dan berada bersama rakyat.

NEWS | 27 November 2022

Butuh Tenda Kecil, Pengungsi Gempa Cianjur Mulai Diserang Penyakit ISPA

Menurut Bupati Cianjur, tenda-tenda kecil dibutuhkan agar pengungsi bisa pindah ke depan rumahnya masing-masing guna menghindari penderita ISPA.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
<em>Top 5 News</em>: Pencopotan Label Gereja di Cianjur hingga Laga Jerman-Spanyol

Top 5 News: Pencopotan Label Gereja di Cianjur hingga Laga Jerman-Spanyol

NEWS | 19 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE