Logo BeritaSatu

KLHK: Skema Multiusaha Kehutanan Dorong Optimalisasi Sumber Daya Hutan

Kamis, 29 September 2022 | 19:21 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebut skema multiusaha kehutanan dapat mendorong optimalisasi potensi dan sumber daya hutan di Indonesia.

Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari KLHK, Agus Justianto mengatakan skema itu adalah transformasi pengusahaan kehutanan melalui penerapan multi usaha kehutanan dengan pengelolaan kawasan hutan berbasis lanskap.

"Multi usaha kehutanan ini sebagai strategi mengoptimalkan pemanfaatan kawasan hutan sekaligus merupakan perbaikan iklim investasi, yaitu penyederhanaan atau simplifikasi perizinan berusaha yang semula satu izin untuk satu kegiatan menjadi satu perizinan berusaha dengan multi usaha," ujarnya dalam lokakarya Hambatan dan Solusi Pelaksanaan Multiusaha bersama Kadin Indonesia di Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Dalam keterangannya, Agus memaparkan skema multiusaha kehutanan merupakan era baru dari pengusahaan hutan di Indonesia yang lahir dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang membuka peluang usaha bagi para pelaku usaha kehutanan untuk melakukan diversifikasi bisnis serta meningkatkan dampak terhadap aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Skema kebijakan pemerintah turunan dari regulasi tersebut, seperti Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Kehutanan memberikan panduan arah untuk menyelenggarakan pemanfaatan hutan dengan Multi Usaha Kehutanan (MUK).

Begitu juga dengan kebijakan Indonesia FOLU Net Sink 2030 yang diterbitkan melalui Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 168 Tahun 2022 memberikan komitmen dukungan dalam menyelaraskan dengan komitmen perundang undangan tersebut.

Pada era 1970-an ada hak pengusahaan hutan atau HPH. Kemudian menginjak era 1980-an, pengusahaan hutan alam ternyata menyebabkan berkurangnya cadangan hutan, maka ada hutan tanaman industri atau HTI yang berjalan sampai sekarang juga dengan era pengusahaan hutan alam.

Kalau dulu, satu izin hanya diberikan untuk satu skema kegiatan, contohnya untuk HPH itu hanya satu izin, kemudian HTI izinnya lain lagi. Dengan multi usaha kehutanan ini, maka dengan izin multi usaha kehutanan itu bisa dilakukan berbagai kegiatan bekerja sama.

Baca selanjutnya
Menurutnya, skema multi usaha kehutanan diperlukan karena nilai ekonomi riil hutan ...


hal 1 dari 3 halaman

Halaman: 123selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rencana Kudeta di Jerman, Polisi Tangkap Lebih Banyak Anggota Sayap Kanan

Pihak berwenang bakal melakukan lebih banyak penangkapan kepada anggota kelompok sayap kanan, setelah dugaan rencana kudeta di Jerman.

NEWS | 8 Desember 2022

Dituntut 10 Tahun, Terdakwa Pelanggaran HAM Berat Paniai Divonis Bebas

Mayor (Purn) Isak Sattu, terdakwa perkara dugaan pelanggaran HAM berat Paniai, Papua divonis bebas. Padahal, Isak Sattu sebelumnya dituntut 10 tahun penjara.

NEWS | 8 Desember 2022

Saksi Ungkap Isyarat Hendra Kurniawan Usai Temui Ferdy Sambo

Mantan staf pribadi Ferdy Sambo, Muhammad Rafli mengungkap isyarat Hendra Kurniawan usai bertemu Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada malam hari.

NEWS | 8 Desember 2022

Korban Tragedi Kanjuruhan Buat Pengaduan Masyarakat di Bareskrim

Keluarga dan korban tragedi Kanjuruhan, Malang, membuat pengaduan masyarakat (dumas) di Bareskrim Polri. 

NEWS | 8 Desember 2022

Bulan Maret Panen Raya, DPR Minta Bulog Serap Beras Petani Sebanyak-banyaknya

Bulog diminta untuk segera menyiapkan diri saat panen raya akan berlangsung pada bulan Maret mendatang, sehingga Kementan tidak perlu impor beras.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Gempa Sukabumi, Sejumlah Rumah di 3 Desa Alami Kerusakan

Gempa Sukabumi: Sejumlah rumah rusak di tiga desa, yaitu Cibunar, Balekambang, dan Girijaya dengan kategori kerusakan sedang dan ringan.

NEWS | 8 Desember 2022

Menkes Ingatkan Masyarakat Pentingnya Menjaga Kualitas Udara

Menkes mengingatkan bahwa isu polusi udara merupakan permasalahan seluruh masyarakat karena dapat berpengaruh terhadap penyakit pernapasan.

NEWS | 8 Desember 2022

Belajar Dari Pengalaman, Fraksi PKS Wanti-wanti Beras Impor Bisa Membusuk

Bulog sebaiknya fokus melakukan penyerapan dibanding bersuara melakukan impor beras di saat petani akan melakukan panen raya.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Aktivitas Gunung Anak Krakatau Relatif Normal Meski Keluarkan Asap

Aktivitas Gunung Anak Krakatau didominasi kegempaan didominasi vulkanik dan tektonik serta tremor menerus serta sesekali keluar hembusan.

NEWS | 8 Desember 2022

Ikuti China, Hong Kong Longgarkan Karantina dan Tes Covid-19

Pemerintah Hong Kong mengatakan pada Kamis (8/12/2022), bakal melonggarkan kebijakan Covid-19 dengan melonggarkan karantina dan tes cepat.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dituntut 10 Tahun, Terdakwa Pelanggaran HAM Berat Paniai Divonis Bebas

Dituntut 10 Tahun, Terdakwa Pelanggaran HAM Berat Paniai Divonis Bebas

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE