Logo BeritaSatu

Urgensi Negara Islam Berubah, Palestina Berdaulat Sudah Bukan yang Utama

Kamis, 29 September 2022 | 21:21 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Jakarta, Beritasatu.com – Urgensi negara-negara Islam atau negara dengan banyak penduduk Islam telah berubah, tak lagi mengutamakan Palestina yang berdaulat. Kondisi ini jauh berbeda dengan beberapa dekade lalu, ketika negara Islam menjadikan Israel sebagai musuh utama.

Pendapat tersebut diungkapkan dosen Paramadina Ahmad Khoirul Umam dalam Diskusi Publik yang mengambil tema “Solusi 2 Negara Israel dan Palestina” yang digelar Universitas Paramadina, Jakarta, Kamis (29/9/2022) malam.

Khoirul melihat, dahulu kekuatan Arab sangat solid saat menghadapi Israel, mulai dari krisis suez antara Mesir-I srael, perang Suriah-Israel, perang Yomkipur yang berakhir dengan negosiasi dan 1982-2005 israel lebanon. Waktu itu posisinya jelas tak ada negosiasi tak ada damai dengan Israel,” tegasnya.

Namun kini terjadi pergeseran dalam sikap negara-negara berbasis Islam dengan Israel seperi Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Maroko yang bahkan kini bersedia untuk menjalin hubungan diplomasi.

“AS dan Israel telah sukses dalam mengubah persepsi ancaman di kalangan dunia Arab. Kalau dahulu Israel adalan ancaman dunia Arab, tetapi sekarang Iran yang jadi ancaman”.

Akibatnya, ia menilai, masalah Palestina kini sudah tak lagi jadi agenda prioritas di mata negara-negara Arab.

Dubes RI untuk Spanyol Yuli Mumpuni Widarso menyoroti perubahan prioritas negara-negara Arab terjadi akibat diplomasi yang hebat dilakukan Israel. “Cara dia (Israel) diplomasi dengan negara-negara Arab tu sangat hebat. ini kelemahan Palesina. Kegiatan Kedubes Palestina itu minim, seharusnya didukung negara-negara islam. Sayangnya negara-negara pendukung Palestina adalah negara berkembang yang juga kesulitan dana untuk bisa membantu”.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Eliezer Dinilai Sudah Jujur di Sidang Kasus Brigadir J

Bharada Richard Eliezer atau Bharada E dinilai sudah menyampaikan kesaksian secara jujur di sidang kasus pembunuhan Brigadir J yang juga menjerat Ferdy Sambo.

NEWS | 10 Desember 2022

Warga Nobar Akad Nikah Kaesang dan Erina di Plaza Ambarrukmo

Warga nonton bareng atau nobar prosesi akad nikah Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono melalui layar lebar yang disediakan di Plaza Ambarrukmo, Yogyakarta. 

NEWS | 10 Desember 2022

Mahar Pernikahan Kaesang untuk Erina: Rp 300.000 dan Puluhan Gram Logam Mulia

Dalam acara akad nikah tersebut, juga diperlihatkan mahar nikah Kaesang Pangarep untuk Erina Gudono.

NEWS | 10 Desember 2022

KUHP Disorot Australia, Sandiaga Uno Jamin Keamanan Wisman

Merespons keresahan sejumlah pihak terkait pengesahan KUHP, Menparekraf Sandiaga Uno menjamin keamanan ranah pribadi wisatawan selama berkunjung di Indonesia.

NEWS | 10 Desember 2022

Penegakan HAM di Indonesia Dinilai Belum Sepenuhnya Optimal

Pengamat hukum dari UKI, Nelson Simanjuntak menilai penegakan hak asasi manusia (HAM) di Indonesia belum sepenuhnya optimal. 

NEWS | 10 Desember 2022

Sah Jadi Suami Erina Gudono, Kaesang: Alhamdulillah

Kaesang Pangarep telah resmi menjadi suami dari Erina Sofia Gudono setelah melafalkan ijab kabul. Kaesang mengucapkan alhamdulillah.

NEWS | 10 Desember 2022

Kronologi Kasus Brigadir J Versi Ferdy Sambo, dari Magelang hingga Duren Tiga

Saat bersaksi di sidang, Ferdy Sambo menceritakan kronologi kasus Brigadir J berdasarkan versinya mulai dari peristiwa Magelang hingga Duren Tiga. 

NEWS | 10 Desember 2022

Muhadjir Effendy Serahkan Kaesang untuk Dinikahkan dengan Erina

Menko PMK Muhadjir Effendy menyerahkan Kaesang Pangarep untuk dinikahkan dengan Erina Gundono di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sleman.

NEWS | 10 Desember 2022

Konferensi MIH UKI Soroti Perlindungan Hak Asasi Digital

"Ketika menyebut hak asasi manusia, perlindungan hak asasi digital sangat penting untuk kebebasan berpendapat,” kata Romina.

NEWS | 10 Desember 2022

Sah, Kaesang dan Erina Resmi Jadi Suami Istri

Sah, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono resmi jadi suami istri. Kaesang-Erina menjalani akad nikah di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Brasil Tersingkir, Pele Beri Pesan Menyentuh untuk Neymar

Brasil Tersingkir, Pele Beri Pesan Menyentuh untuk Neymar

SEMESTA BOLA 2022 | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE