Logo BeritaSatu

Ini Tips Investasi Aman dan Legal di Era Digital

Kamis, 29 September 2022 | 21:59 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Di era generasi digital ini, semua hal semakin dimudahkan termasuk urusan investasi secara digital yang terus marak dan menawarkan kemudahan maupun keuntungan. Namun, dibutuhkan pemahaman yang baik dan tepat mengenai ragam investasi secara digital tersebut agar terhindar dari kerugian.

Di saat yang sama, kecakapan digital menyangkut keamanan juga dibutuhkan agar terhindar dari praktik kejahatan siber.

Hal itu dibahas dalam webinar bertema "Ayo Jadi Generasi Melek Investasi Digital " yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muslim Indonesia Makassar, Izki Fikriani Amir menjelaskan beberapa jenis investasi yang bisa dilakukan secara digital, seperti investasi emas, reksadana, peer to peer landing atau pinjaman online, investasi saham, obligasi ritel, dan aset kripto. Dari sekian ragam investasi, ia menyebut emas adalah yang paling stabil karena minim risiko. Jika pun harganya turun, tidak terlalu signifikan dan malah cenderung terus naik dari masa ke masa.

Izki juga memaparkan manfaat berinvestasi secara digital. Menurutnya, investasi secara digital dapat lebih mengontrol daftar pengeluaran, meminimalkan kerugian, praktis dan efisien, serta memperoleh sejumlah insentif atau bonus. Namun, ia juga menyodorkan sejumlah pertimbangan dalam berinvestasi secara digital, seperti memilih platform investasi yang tepat, legal, dan berizin, tidak berlebihan dan menyalurkan uang untuk investasi serta memperhitungkan perkembangan inflasi.

“Berinvestasi secara digital juga membutuhkan kecakapan digital, seperti memahami beragam perangkat lunak yang menyusun lanskap digital berikut bagaimana pengamanannya. Bagaimanapun, dunia digital tidak 100% aman dari kejahatan siber, jadi faktor keamanan sangat penting dan diprioritaskan,” ujar Izki dalam webinar pada Kamis (29/9/2022).

Relawan TIK Bangka Belitung, Veris Juniardi menjelaskan mengenai investasi aset kripto. Hal ini lebih praktis karena dalam transaksinya tidak membutuhkan bantuan pihak ketiga atau perbankan, bisa dilakukan secara cepat, dan memiliki tingkat keamanan tinggi sehingga lebih aman dari ancaman kejahatan siber.

Baca selanjutnya
Namun, investasi kripto juga memiliki risiko, seperti rentan digunakan untuk transaksi ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penasihat Hukum: Saksi Aditya Cahya Pelapor Atau Timsus?

Penasihat hukum Arif Rachman mempertanyakan keberadaan saksi Kompol Aditya Cahya, apakah bertindak sebagai pelapor atau sebagai Timsus di Dittipidsiber.

NEWS | 26 November 2022

Update Gempa Cianjur: 318 Jiwa Orang Meninggal Dunia

Jumlah korban meninggal akibat gempa Cianjur, hingga hari ini, Sabtu (26/11/2022) pukul 17.00 WIB terus bertambah menjadi 318 orang.

NEWS | 26 November 2022

Segera Dibuka, Intibios Hang Tuah Hadirkan Layanan Kesehatan Satu Atap

Intibios Hang Tuah yang akan segera beroperasi memberikan layanan kesehatan satu atap yaitu laboratorium, klinik sekaligus farmasi di satu tempat.

NEWS | 26 November 2022

Enggartiasto: Intibios Utamakan Experience Layanan Kesehatan

Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa layanan kesehatan Intibios ingin memberikan pengalaman pelayanan kesehatan yang berbeda kepada masyarakat.

NEWS | 26 November 2022

Kendarai Motor, Mahasiswa UMM Jatuh dari Jembatan Setinggi 25 Meter

Mahasiswa UMM Irfaan Hafids Akbar jatuh dari atas jembatan Soekarno Hatta, Kota Malang. Korban jatuh dari ketinggian 25 meter.

NEWS | 26 November 2022

Antar Bantuan Korban Gempa Cianjur, BNPB Gunakan Motor

BNPB menggunakan sepeda motor untuk mengantarkan bantuan bagi korban gempa Cianjur yang berada di daerah yang susah dijangkau.

NEWS | 26 November 2022

Jokowi Tegaskan Reputasi Global Indonesia Patut Dijaga

Presiden Jokowi mengatakan reputasi global yang diraih Indonesia saat ini patut dijaga keberlanjutannya oleh kepemimpinan berikutnya.

NEWS | 26 November 2022

Guru Diminta Ciptakan Lingkungan Belajar Menyenangkan

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengajak guru berinovasi menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.

NEWS | 26 November 2022

Warga Rembang Bergerak Membantu Korban Gempa Cianjur

Masyarakat di Rembang terus bergerak membantu para korban gempa Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Mereka dengan menggalang bantuan di jalan protokol di Rembang.

NEWS | 26 November 2022

BPKH Menyerahkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyerahkan bantuan kemaslahatan senilai Rp 2,2 miliar untuk para korban gempa Cianjur.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Ini Statistik Menarik Jelang Prancis vs Denmark

Piala Dunia 2022: Ini Statistik Menarik Jelang Prancis vs Denmark

SEMESTA BOLA 2022 | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE