Logo BeritaSatu

Italia dan AS Desak Warga Negaranya Tinggalkan Rusia

Jumat, 30 September 2022 | 07:04 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Roma, Beritasatu.com- Italia dan Amerika Serikat (AS) mendesak warga negaranya untuk mempertimbangkan meninggalkan Rusia. Seperti dilaporkan Reuters, Jumat (30/9/2022), peluang ke luar dari Rusia akan semakin sulit saat gelombang eksodus massal warga Rusia terjadi sejak pengumuman mobilisasi militer oleh Presiden Vladimir Putin.

“Ekspatriat Italia di Rusia disarankan untuk mempertimbangkan apakah mereka perlu tinggal, dan jika tidak, untuk meninggalkan negara itu," kata kedutaan di tengah invasi Rusia di Ukraina.

Pernyataan kedubes Italia itu mencatat peningkatan yang memusingkan atas biaya penerbangan yang sudah tinggi" dari Rusia, dan melaporkan antrean panjang di penyeberangan perbatasan dengan beberapa negara tetangga.

Puluhan ribu pria usia wajib militer telah meninggalkan Rusia sejak Presiden Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi militer pekan lalu untuk memperkuat pasukannya di Ukraina.

Sebelumnya, Kedutaan Besar AS di Moskwa telah mendesak warga negara Amerika yang tinggal di Rusia untuk segera meninggalkan negara itu. Kedutaan beralasan kemungkinan bahwa Rusia dapat mewajibkan warga negara ganda untuk wajib dinas militer.

"Rusia dapat menolak untuk mengakui kewarganegaraan ganda warga negara AS, menolak akses mereka ke bantuan konsuler AS, mencegah keberangkatan mereka dari Rusia, dan wajib militer berkewarganegaraan ganda untuk dinas militer," bunyi peringatan yang diposting di situs web kedutaan, Selasa.

"Warga AS tidak boleh bepergian ke Rusia dan mereka yang tinggal atau bepergian di Rusia harus segera meninggalkan Rusia sementara pilihan perjalanan komersial terbatas tetap ada," tambahnya.

Imbauan itu datang kira-kira seminggu setelah Rusia mengumumkan mobilisasi parsial di tengah konflik dengan Ukraina.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPU Pastikan Anggaran Pemilu Akan Dilaporkan Tiap Triwulan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan anggaran Pemilu 2022 akan dipertanggungjawabkan secara transparan dalam laporan keuangan triwulan.

NEWS | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

IDI: Dunia Akui Pemulihan Kesehatan Pasca-Covid-19 di Indonesia

Ketua Umum PB IDI, Adib Khumaidi menyebut dunia mengakui langkah-langkah pemulihan kesehatan yang dilakukan Indonesia pascapandemi Covid-19.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, Ini Cara Cek Nama di DPT secara Online

KPU meminta masyarakat melindungi hak pilihnya di Pemilu 2024 dengan memastikan namanya tertera di daftar pemilih tetap (DPT). Ini cara cek DPT secara online.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

KPU meminta partai politik (parpol) untuk membuka diri kepada masyarakat, khususnya calon pemilih menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 3 Desember 2022

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyatakan seluruh personel KPU sehat dan siap menggelar Pemilu 2024. Hal ini ditandai acara gerak jalan sehat yang digelar pihaknya.

NEWS | 3 Desember 2022

Konsolidasi Nasional Jelang Pemilu 2024, KPU Gelar Jalan Sehat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara jalan sehat sebagai upaya konsolidasi nasional jelang Pemilu 2024. 

NEWS | 3 Desember 2022

Warga dan Petugas Damkar Lebak Tangkap Ular Piton Panjang 3 Meter

Warga dan petugas pemadam kebakaran (damkar) Lebak, menangkap ular piton sepanjang 3 meter, Sabtu (3/12/2022) dini hari.

NEWS | 3 Desember 2022

Jokowi Hadiri Acara Puncak HUT Ke-77 PGRI dan HGN 2022

Acara puncak peringatan HUT ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 dihadiri Presiden Jokowi.

NEWS | 3 Desember 2022

Pernyataan Benny Rhamdani soal Siap Perang Dinilai Harus Dilihat Utuh

Efriza menilai pihak-pihak mempersoalkan diksi siap perang dan menyerang Benny Rhamdani saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlalu berlebihan.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPU Pastikan Anggaran Pemilu Akan Dilaporkan Tiap Triwulan

KPU Pastikan Anggaran Pemilu Akan Dilaporkan Tiap Triwulan

NEWS | 26 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE