Logo BeritaSatu

Putin Umumkan Rusia Caplok 4 Wilayah Ukraina

Jumat, 30 September 2022 | 07:36 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

London, Beritasatu.com- Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengumumkan pencaplokan empat wilayah Ukraina yang dikuasai ke Rusia pada Jumat (30/9/2022). Seperti dilaporkan Reuters, Jumat (30/9/2022), langkah Putin diperingatkan PBB akan menandai “eskalasi berbahaya” dan membahayakan prospek perdamaian, sementara Kyiv memperingatkan pencaplokan wilayah Ukraina akan menimbulkan tanggapan keras.

"Setiap keputusan untuk melanjutkan pencaplokan wilayah Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia di Ukraina tidak akan memiliki nilai hukum dan pantas untuk dikutuk," kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres kepada wartawan di tengah invasi Rusia.

Rencana pencaplokan 15 persen wilayah Ukraina oleh Moskwa menunjukkan Putin menggandakan perangnya. Tindakan itu dilakukan Putin, meskipun menderita pembalikan besar di medan perang bulan ini dan ketidakpuasan di dalam negeri atas mobilisasi militer parsial yang banyak dikritik.

Sementara Kyiv dan negara-negara Barat mengecam tindakan Putin sebagai referendum palsu yang digelar di bawah todongan senjata di daerah-daerah yang diduduki Rusia.

Putin mengatakan bahwa “semua kesalahan” yang dibuat dalam mobilisasi militer untuk memperkuat operasi militer Rusia di Ukraina harus diperbaiki, pengakuan publik pertamanya bahwa “mobilisasi parsial” yang dia umumkan pekan lalu tidak berjalan mulus.

Putin berbicara pada Kamis malam, menjelang upacara yang direncanakan di Kremlin dan konser di Lapangan Merah Moskwa untuk menandai pencaplokan itu, yang rinciannya memicu babak baru kecaman internasional.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan suara Rusia adalah palsu dan "upaya sia-sia untuk menutupi upaya perampasan tanah di Ukraina."

Presiden Turkiye, Tayyip Erdogan mendesak Putin untuk mengambil langkah-langkah guna mengurangi ketegangan di Ukraina. Rusia mengatakan referendum itu asli dan menunjukkan dukungan publik.

Presiden Ukraina Volodymr Zelensky, yang akan mengadakan pertemuan darurat dengan kepala keamanan dan pertahanan pada hari Jumat, menjanjikan tanggapan keras terhadap langkah yang katanya telah mematikan peluang untuk menghidupkan kembali pembicaraan damai.

Upacara pencaplokan wilayah Ukraina akan diadakan di salah satu aula termegah Kremlin dengan tokoh-tokoh pro-Rusia yang dianggap Moskwa sebagai pemimpin dari empat wilayah Ukraina.

Juru bicara Putin, Dmitry Peskov menambahkan, Putin akan menyampaikan pidato penting. Dia tidak mengatakan apakah Putin akan menghadiri konser Lapangan Merah, seperti yang dia lakukan pada acara serupa pada tahun 2014 setelah Rusia menyatakan telah mencaplok wilayah Krimea milik Ukraina.

Satu tribun telah didirikan di alun-alun Moskow dengan layar video raksasa dan papan iklan bertuliskan “Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, Kherson – Rusia!”



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bom Bunuh Diri, BNPT: Tak Mudah Baca Pemikiran Pelaku Terorisme

Terkait bom bunuh diri Bandung, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar mengakui tidak mudah untuk membaca pemikiran para pelaku terorisme.

NEWS | 7 Desember 2022

Terekam CCTV, Pelaku Bom Bandung Bawa Dua Bungkusan

Pelaku peledakan Mapolsek Astana Anyar pada Rabu (7/12/2022) pagi, terekam kamera CCTV sedang membawa dua bungkusan yang diduga bom.

NEWS | 7 Desember 2022

Anggota DPR Minta Polri Segera Cari Aktor Intelektual Bom Bandung

Anggota DPR Komisi III, Arteria Dahlan meminta Polri untuk segera mencari aktor intelektual peristiwa bom Bandung, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022

Kerajaan Sunda Empire, Nama yang Lejitkan Lord Rangga

Nama Sunda Empire tersebut melejitkan nama Lord Rangga di khalayak umum dan membuatnya menjadi pesohor.

NEWS | 7 Desember 2022

Polda Metro Gelar Tilang Manual bagi Pelanggaran Tertentu

Penindakan tilang manual hanya diberlakukan bagi pelanggar aturan lalu lintas untuk jenis pelanggaran tertentu.

NEWS | 7 Desember 2022

Komisi VII DPR RI Dukung Transformasi PLN

Perubahan struktur perusahaan akan membuat PLN mempunyai ruang yang lebih strategis dalam mengembangkan potensi listrik di Indonesia.

NEWS | 7 Desember 2022

Pelaku Bom Bandung Agus Sujatno Alumni Bom Panci Cicendo

Pelaku bom Bandung, Agus Sujatno ternyata alumni bom panci Cicendo, Bandung, pada 2017

NEWS | 7 Desember 2022

Hari Ini, Polda Metro Jaya Lakukan Uji Coba ETLE Mobile

E-tilang atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) Mobile di DKI Jakarta telah diberlakukan hari ini, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022

Ngadu ke Ferdy Sambo, Putri Candrawathi Diperkosa Brigadir J

Putri Candrawathi mengadu ke Ferdy Sambo kalau dirinya diancam dan diperkosa oleh Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

BMKG Ajak Bangun Sistem Peringatan Dini Siklon Tropis Andal

BMKG mengajak komunitas internasional bergotong royong membangun sistem peringatan dini siklon tropis yang handal.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bom Bunuh Diri, BNPT: Tak Mudah Baca Pemikiran Pelaku Terorisme

Bom Bunuh Diri, BNPT: Tak Mudah Baca Pemikiran Pelaku Terorisme

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE