Logo BeritaSatu

Senat AS Setujui Paket Bantuan Rp 182 Triliun untuk Ukraina

Jumat, 30 September 2022 | 08:48 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Voting Senat Amerika Serikat (AS) pada Kamis (29/9/2022) meloloskan RUU pendanaan yang mencakup US$ 12 miliar (Rp 182 triliun) bantuan militer dan ekonomi tambahan untuk Ukraina.

Sejumlah 22 anggota Partai Republik bergabung dengan rekan-rekan Demokrat mereka untuk meloloskan RUU, yang datang setelah AS telah mengalokasikan sekitar US$55 miliar (Rp 836 triliun) ke Kyiv sejak Februari.

RUU tersebut memiliki tujuan ganda untuk mendanai pemerintah untuk mencegah penutupan pada akhir minggu dan memberikan suntikan dana besar lainnya kepada militer dan ekonomi Ukraina di tengah invasi Rusia.

Pemerintah AS akan menyisihkan US$ 4,5 miliar (Rp 68,4 triliun) untuk pemerintah Ukraina, US$ 3 miliar (Rp 45,6 triliun) untuk senjata dan peralatan militer, dan dana tambahan untuk mengisi kembali senjata AS yang sudah dikirim ke Ukraina dan untuk memungkinkan transfer lebih banyak senjata dari persediaan Amerika.

AS telah menyisihkan sekitar US$55 miliar untuk menopang pemerintah dan angkatan bersenjata Ukraina sejak Februari, termasuk paket bantuan militer dan ekonomi senilai US$40 miliar (Rp 608 triliun) yang disahkan pada bulan Juli.

RUU terbaru diperkirakan akan disahkan di DPR pada hari Jumat sebelum ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden AS Joe Biden, di mana AS akan memberikan lebih banyak bantuan militer ke negara asing mana pun dalam setahun sejak Perang Vietnam.

RUU itu disahkan dengan 72 suara berbanding 25, dengan 22 Partai Republik melintasi garis partai untuk memastikan pengesahannya dengan mudah di Senat yang terbagi rata.

Saat mantan Presiden Donald Trump menuduh pemerintahan Biden mempertaruhkan pecahnya "Perang Dunia III" dengan menuangkan senjata ke dalam konflik aktif dengan tenaga nuklir, pendirian Partai Republik tidak berbagi kehati-hatiannya.

“Membantu Ukraina bukanlah sikap simbolis yang menyenangkan. Ini benar-benar investasi dalam keamanan nasional kita sendiri dan sekutu kita," kata Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell, yang mendukung RUU itu, sebelum pemungutan suara Kamis. McConnell tidak menjelaskan hubungan antara keamanan nasional Ukraina dan Amerika.

Menurut daftar yang dirilis oleh Pentagon pada hari Rabu, AS telah mengirimkan senjata senilai US$16,9 miliar (Rp 256 triliun) ke Ukraina sejak Februari. Daftar ini mencakup 16 Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS), lebih dari 150 artileri, puluhan ribu rudal anti-tank dan hampir satu juta peluru artileri.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BMKG: DKI Jakarta Diguyur Hujan Malam Hari

BMKG memprakirakan, hujan akan mengguyur DKI Jakarta pada Senin (28/11/2022) malam. Hujan dan petir juga bakal terjadi pada malam nanti.

NEWS | 28 November 2022

Siaran Piala Dunia di TV Tiongkok Sensor Gambar Fan Tanpa Masker

Siaran TV pertandingan Piala Dunia Qatar di Tiongkok menyensor gambar jarak dekat para fan sepak bola tanpa masker di stadion.

NEWS | 28 November 2022

Longsor di Ischia Tewaskan 7 Orang, Italia Umumkan Keadaan Darurat

Italia mengumumkan keadaan darurat di pulau selatan Ischia pada Minggu (27/11/2022) setelah tanah longsor menewaskan sedikitnya tujuh orang.

NEWS | 28 November 2022

Top 5 News: Pencopotan Label Gereja di Cianjur hingga Laga Jerman-Spanyol

Pencopotan label gereja di posko pengungsian gempa Cianjur dan susunan pemain Jerman-Spanyol merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 28 November 2022

Kementerian PPPA Harap Pemda Perkuat Regulasi Ramah Perempuan

Selain memperkuat regulasi, Kementerian PPPA minta pemangku kebijakan memberikan porsi yang besar terhadap partisipasi perempuan.

NEWS | 28 November 2022

Ini Sejarah Lokananta, Perusahaan Musik Tertua di Indonesia

Lokananta, adalah harta karun yang nyaris terlupakan. Titik nol industri musik Indonesia ini sempat mengalami jatuh bangun sejak didirikan pada 1956.

NEWS | 28 November 2022

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

NEWS | 28 November 2022

Pasca-Gempa Cianjur, BNPB Ajak Warga yang Rumah Masih Layak Huni Kembali

BNPB melaporkan hingga hari ini, Minggu (27/11/2022), telah terdaftar 62.628 rumah yang rusak akibat gempa Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Ini Cara Cegah Nyeri Sendi Semakin Parah

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang dan menjadi penyebab osteoartritis atau radang sendi.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Global Resesi, OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit Hingga 2024

Global Resesi, OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit Hingga 2024

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE