Logo BeritaSatu

Senat AS Setujui Paket Bantuan Rp 182 Triliun untuk Ukraina

Jumat, 30 September 2022 | 08:48 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Voting Senat Amerika Serikat (AS) pada Kamis (29/9/2022) meloloskan RUU pendanaan yang mencakup US$ 12 miliar (Rp 182 triliun) bantuan militer dan ekonomi tambahan untuk Ukraina.

Sejumlah 22 anggota Partai Republik bergabung dengan rekan-rekan Demokrat mereka untuk meloloskan RUU, yang datang setelah AS telah mengalokasikan sekitar US$55 miliar (Rp 836 triliun) ke Kyiv sejak Februari.

RUU tersebut memiliki tujuan ganda untuk mendanai pemerintah untuk mencegah penutupan pada akhir minggu dan memberikan suntikan dana besar lainnya kepada militer dan ekonomi Ukraina di tengah invasi Rusia.

Pemerintah AS akan menyisihkan US$ 4,5 miliar (Rp 68,4 triliun) untuk pemerintah Ukraina, US$ 3 miliar (Rp 45,6 triliun) untuk senjata dan peralatan militer, dan dana tambahan untuk mengisi kembali senjata AS yang sudah dikirim ke Ukraina dan untuk memungkinkan transfer lebih banyak senjata dari persediaan Amerika.

AS telah menyisihkan sekitar US$55 miliar untuk menopang pemerintah dan angkatan bersenjata Ukraina sejak Februari, termasuk paket bantuan militer dan ekonomi senilai US$40 miliar (Rp 608 triliun) yang disahkan pada bulan Juli.

RUU terbaru diperkirakan akan disahkan di DPR pada hari Jumat sebelum ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden AS Joe Biden, di mana AS akan memberikan lebih banyak bantuan militer ke negara asing mana pun dalam setahun sejak Perang Vietnam.

RUU itu disahkan dengan 72 suara berbanding 25, dengan 22 Partai Republik melintasi garis partai untuk memastikan pengesahannya dengan mudah di Senat yang terbagi rata.

Saat mantan Presiden Donald Trump menuduh pemerintahan Biden mempertaruhkan pecahnya "Perang Dunia III" dengan menuangkan senjata ke dalam konflik aktif dengan tenaga nuklir, pendirian Partai Republik tidak berbagi kehati-hatiannya.

“Membantu Ukraina bukanlah sikap simbolis yang menyenangkan. Ini benar-benar investasi dalam keamanan nasional kita sendiri dan sekutu kita," kata Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell, yang mendukung RUU itu, sebelum pemungutan suara Kamis. McConnell tidak menjelaskan hubungan antara keamanan nasional Ukraina dan Amerika.

Menurut daftar yang dirilis oleh Pentagon pada hari Rabu, AS telah mengirimkan senjata senilai US$16,9 miliar (Rp 256 triliun) ke Ukraina sejak Februari. Daftar ini mencakup 16 Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS), lebih dari 150 artileri, puluhan ribu rudal anti-tank dan hampir satu juta peluru artileri.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Telkom Telah Salurkan Bantuan Senilai Rp 1 Miliar Pasca Gempa Cianjur

Bantuan itu terdiri dari dukungan sarana komunikasi pada posko juga sarana publik serta kompensasi pelanggan atas layanan yang terganggu pasca gempa.

NEWS | 30 November 2022

Telkom Sabet Gelar Global Best Practice - Sustainability di Taipei

Ajang bergengsi Global Corporate Sustainability Awards (GCSA) 2022 menganugerahkan Best Practice Award (World Class) Great Practice of 2022 untuk PT Telkom.

NEWS | 30 November 2022

Korban Tewas Gempa Cianjur Jadi 328 Orang, 12 Masih Hilang

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengungkapkan, korban tewas gempa Cianjur menjadi 328 orang setelah ada penambahan 1 korban meninggal.

NEWS | 1 Desember 2022

Budaya Patriarki Jadi Alasan Catcalling Dinormalisasi

Banyak masyarakat Indonesia tidak menganggap catcalling sebagai salah satu bentuk kekerasan seksual.

NEWS | 1 Desember 2022

Bharada E Sebut Ferdy Sambo Tertawa Saat Bercerita Salah Pakai Senjata

Bharada E alias Brigadir Richard Eliezer Pudihang Lumiu menyebut Ferdy Sambo tertawa saat bercerita salah pakai senjata.

NEWS | 30 November 2022

Polda Metro Jaya Bongkar Peredaran Sabu Bahan Likuid dari Eropa

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya membongkar peredaran narkoba jenis baru, yakni sabu dengan bahan likuid yang berasal dari Eropa.

NEWS | 30 November 2022

Partai Prima Papua Protes Gagal Lolos Jadi Peserta Pemilu 2024

Prima dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam tahapan verifikasi administrasi perbaikan pascakeputusan Bawaslu.

NEWS | 1 Desember 2022

Target 20 Persen Suara Golkar Akan Tercapai jika Disokong Efek Ekor Jas

Target 20 persen suara Partai Golkar baru akan tercapai apabila disokong efek ekor jas. Hal ini disampaikan Lili Romli.

NEWS | 1 Desember 2022

Ciri-ciri Partai yang Bakal Bergabung dengan KIB, Airlangga Singgung Bola

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto membeberkan ciri-ciri partai yang bakal bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

NEWS | 1 Desember 2022

Reuni 212 Rencananya Bakal digelar di Masjid Agung At-Tin Taman Mini

Reuni 212 rencananya bakal digelar pada 2 Desember 2022 di Masjid Agung At-Tin, TMII, Jakarta Timur.

NEWS | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anggota KIB Berdebat Bahas Kriteria Capres-Cawapres

Anggota KIB Berdebat Bahas Kriteria Capres-Cawapres

NEWS | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE