Logo BeritaSatu

Pencaplokan Wilayah Ukraina, Presiden Putin Gelar Perayaan

Jumat, 30 September 2022 | 13:28 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Moskwa, Beritasatu.com- Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi tuan rumah upacara perayaan Kremlin pada Jumat (30/9//2022) yang mencaplok empat wilayah Ukraina, yakni Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia.

Putin telah menggandakan invasi yang diperintahkan pada Februari meskipun menderita pembalikan besar di medan perang bulan ini dan ketidakpuasan di Rusia atas “mobilisasi parsial” yang dikritik secara luas dari ribuan orang lagi untuk berperang di Ukraina. Rusia menyebut perang di Ukraina sebagai “operasi khusus.”

Menjelang upacara yang direncanakan di Aula Georgievsky di Istana Besar Kremlin dan konser besar di Lapangan Merah, Putin mengatakan bahwa "semua kesalahan" yang dibuat dalam panggilan yang diumumkan minggu lalu harus diperbaiki, pengakuan publik pertamanya bahwa itu telah tidak berjalan mulus.

Ribuan pria telah melarikan diri dari Rusia untuk menghindari wajib militer yang dianggap sebagai pendaftaran mereka yang memiliki pengalaman militer dan spesialisasi yang dibutuhkan, tetapi sering kali tampak tidak memperhatikan catatan layanan individu, kesehatan, status pelajar, atau bahkan usia.

“Biaya satu orang di Rusia yang ingin melanjutkan perang ini adalah bahwa masyarakat Rusia akan dibiarkan tanpa ekonomi normal, kehidupan yang berharga, atau rasa hormat terhadap nilai-nilai kemanusiaan,” kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pidato Kamis malam.

“Masih bisa dihentikan. Tapi untuk menghentikannya kita harus menghentikan orang di Rusia yang menginginkan perang lebih dari kehidupan. Hidup Anda, warga Rusia,” kata Zelensky, yang sebelumnya berbicara tentang Ukraina yang memberikan reaksi “sangat keras” terhadap pengakuan Rusia atas apa yang disebut hasil referendum.

Moskwa merencanakan pencaplokan provinsi-provinsi timur dan selatan setelah apa yang dikatakan Ukraina dan negara-negara Barat sebagai pemungutan suara palsu. Referendum dilakukan di bawah todongan senjata di daerah-daerah yang diduduki Rusia di Donetsk, Luhansk, Kherson dan Zaporizhzhia.

Wilayah yang dikuasai Rusia berjumlah lebih dari 90.000 km persegi, atau sekitar 15 persen dari total luas Ukraina, sama dengan ukuran Hungaria atau Portugal.

Putin mengambil langkah perantara dengan menandatangani dekrit pada hari Kamis yang membuka jalan bagi wilayah Kherson dan Zaporizhzhia yang diduduki untuk secara resmi dianeksasi ke Rusia. Keputusan tersebut diumumkan oleh Kremlin.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kapolri Diminta Audit Kasus yang Dihentikan Bareskrim Polri

ISESS meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan audit investigasi terhadap sejumlah perkara yang dihentikan oleh Bareskrim Polri.

NEWS | 26 November 2022

Jokowi Minta Bantuan dari Relawan Segera Dikirim ke Cianjur

Presiden Jokowi memerintahkan para relawannya untuk segera menyalurkan bantuan yang dikumpulkan ke korban gempa Cianjur. 

NEWS | 26 November 2022

Helikopter Dikerahkan Kirim Bantuan ke Daerah Terisolasi di Cianjur

Helikopter terus dikerahkan untuk mengirim bantuan logistik ke daerah terdampak bencana di Cianjur yang masih terisolasi.

NEWS | 26 November 2022

Ganjar Ingatkan Suara Anak Muda Tentukan Masa Depan Indonesia

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak anak muda, terutama pemilih pemula untuk tidak apatis di Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Ganjar Pranowo: Anak Muda Jangan Golput saat Pemilu

Menurut Ganjar Pranowo, suara anak muda di pemilu sangat menentukan masa depan bangsa yang lebih baik.

NEWS | 26 November 2022

Ratusan Warga di Kota Kupang Rebutan Minyak Tanah

Kelangkaan minyak tanah sebabkan ratusan warga rebutan antrean di halaman Polsek Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (26/11/2022).

NEWS | 26 November 2022

Jokowi soal Pemimpin Berambut Putih, Pengamat Politik: Ganjar Pranowo

Jokowi mengatakan, ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat adalah rambutnya putih. Pengamat politik menilai, ciri-ciri itu adalah Ganjar Pranowo.

NEWS | 26 November 2022

Kasus Gagal Ginjal Akut, Polri Terbitkan DPO Bos CV Samudra Chemical

Polri terus mencari keberadaan bos CV Samudra Chemical yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus gangguan ginjal akut. Sang bos masuk DPO.

NEWS | 26 November 2022

Ganjar Pranowo Bicara Karakter Pemimpin yang Dibutuhkan Indonesia

Ganjar Pranowo menilai untuk menjadi pemimpin di Indonesia, karakter paling penting adalah bisa mengayomi dan selalu mendengarkan aspirasi rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Sebut Pemimpin Berambut Putih, Sinyal Kuat Jokowi Dukung Ganjar

Dengan menyembut pemimpin berambut putih di acara Nusantara Bersatu, Presiden Jokowi memberikan sinyal kuat mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kapolri Diminta Audit Kasus yang Dihentikan Bareskrim Polri

Kapolri Diminta Audit Kasus yang Dihentikan Bareskrim Polri

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE