Logo BeritaSatu

Putusan Arbitrase Indonesia Dapat Dieksekusi di Singapura

Jumat, 30 September 2022 | 13:52 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Putusan arbitrase yang ditetapkan oleh lembaga-lembaga arbitrase Indonesia dapat dieksekusi di Singapura meskipun tidak semua jenis putusan arbitrase asing dapat dieksekusi di sana.

“Putusan arbitrase Indonesia dapat dieksekusi di Singapura,” ujar Derric Yeoh, Partner dan Kepala Divisi Arbitrase dan Litigasi Internasional dari Kantor Hukum Donaldson & Burkinshaw LLP Singapura dalam diskusi yang diselenggarakan SIP Law Firm, di Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Derric menjelaskan bahwa Indonesia dan Singapura telah menandatangani the United Nations Convention on the Recognition and enforcement of Foreign Arbitral Awards atau yang lebih dikenal dengan Konvensi New York 1958 sebagai salah satu konvensi yang mengatur mengenai penyelesaian sengketa melalui arbitrase.

Beberapa jenis putusan arbitase asing yang dapat dieksekusi di Singapura antara lain adalah putusan arbitrase terkait uang (money awards), putusan arbitrase terkait perintah (injuctions) dan pengumuman (declarative) serta putusan arbitrase terkait tindakan sementara (provisional measures) dan putusan final yang bersifat sebagian (partial final awards).

Saat ini, terdapat kecenderungan perusahaan-perusahaan dalam dan luar negeri untuk menyelesaikan perselisihan atau sengketa bisnis di luar pengadilan melalui jalur arbitrase.

Singapore International Arbitration Court (SIAC) adalah satu-satunya lembaga arbitrase internasional di Singapura, sedangkan di Indonesia ada beberapa lembaga arbitrase nasional, antara lain Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI), Badan Arbitrase Pasar Modal Indonesia (BAPMI) dan Badan Arbitrase Syariah Nasional Indonesia (Basyarnas).

Dalam diskusi tersebut, Eric Tin selaku Foreign Counsel di SIP Law Firm sekaligus Partner di Donaldson & Burkinshaw LLP memaparkan alasan-alasan mengapa banyak negara, termasuk Indonesia, memilih Singapura sebagai tujuan investasi.

Beberapa alasan di antaranya adalah iklim politik yang stabil, pemerintahan yang efektif dan supremasi hukum. Penegakan hukum di Singapura dianggap mampu melindungi kepentingan investor, termasuk investor asing.

Acara diskusi tersebut merupakan bagian dari kegiatan SIP Law Firm Appreciation Afternoon yang diselenggarakan oleh SIP Law Firm. Saat acara yang dihadiri advokat, mitra, dan klien SIP Law Firm, Zubaidah Jufri selaku Managing Partner SIP Law Firm dalam sambutannya menyampaikan diskusi ini diselenggarakan untuk mempererat hubungan antara SIP Law Firm dengan klien dan mitra sebagai upaya SIP Law Firm untuk memberikan pelayanan hukum yang lebih bermutu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kenalkan Budaya Jepang, UBL Gelar Japan Festival

Japan Festival ini diharapkan menjadi salah satu cara mendapatkan pengetahuan dan belajar dari kebudayaan Jepang.

NEWS | 2 Desember 2022

Mardiono Ajak GMPI Berjuang Angkat Suara PPP

Mardiono mengajak Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI) untuk berjuang mengangkat suara PPP pada Pemilu 2024.

NEWS | 2 Desember 2022

Perwira Paspampres Perkosa Prajurit Wanita, Panglima TNI: Sudah Diproses

Perwira Paspampres berinisial Mayor Infanteri BF diduga memerkosa prajurit wanita Divisi Infanteri 3/Kostrad.

NEWS | 1 Desember 2022

Pesawat Air Asia Overbooked, Penumpang: Kami Diseret seperti Penjahat

Penumpang Air Asia tujuan Kuala Lumpur - Chiang Mai dipaksa ke luar pesawat Air Asia setelah terjadi overbooked penumpang. 

NEWS | 1 Desember 2022

Heru Budi Akan Hadiri Puncak Acara Hari Disabilitas Internasional

Heru Budi Hartono dijadwalkan hadir pada puncak acara peringatan Hari Disabilitas Internasional 2022 di lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

NEWS | 2 Desember 2022

Gempa Susulan di Cianjur Sudah Terjadi 359 Kali

Gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat hingga saat ini sudah terjadi sebanyak 359 kali. Gempa susulan jadi kendalan tim Basarnas cari korban gempa Cianjur.

NEWS | 1 Desember 2022

Uang Ganti Rugi Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur hingga Rp 50 Juta

Bupati Cianjur Herman Suherman mengungkapkan, masyarakat yang rumahnya rusak akibat gempa Cianjur dapat uang ganti rugi hingga Rp 50 juta,

NEWS | 1 Desember 2022

Baleg DPR Tunggu Pemerintah Serahkan Rancangan Revisi UU IKN

Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN) Guspardi Gaus mengatakan pihaknya saat ini masih menunggu rancangan revisi UU IKN.

NEWS | 1 Desember 2022

Petugas Temukan Narkoba di Gorong-gorong Rutan Depok

Petugas menemukan narkoba jenis sabu dua paket seberat 1,36 gram dan satu paket ganja seberat 18 gram yang disembunyikan di dalam minuman teh kemasan.

NEWS | 1 Desember 2022

MK Dimminta Sediakan Waktu Lebih untuk Periksa Sengketa Hasil Pemilu

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengimbau Mahkamah Konstitusi (MK) menyediakan waktu lebih lama dalam memeriksa sengketa hasil pemilu.

NEWS | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Kroasia Pulangkan Generasi Emas Belgia

Piala Dunia 2022: Kroasia Pulangkan Generasi Emas Belgia

SEMESTA BOLA 2022 | 19 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE