Logo BeritaSatu

Pj Gubernur 3 Provinsi Baru di Papua Bakal Dilantik Akhir Oktober

Jumat, 30 September 2022 | 21:44 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menargetkan pelantikan penjabat gubernur atau Pj gubernur tiga provinsi daerah otonom baru (DOB) di Papua akan dilakukan pada pekan kedua hingga pekan keempat Oktober 2022.

Diketahui, saat ini telah terbit Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Selatan, UU Nomor 15 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Tengah, dan UU Nomor 16 Tahun 2022 Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan.

Dalam regulasi tersebut diatur peresmian provinsi dan pelantikan penjabat gubernur dilakukan setelah 6 bulan UU tersebut diundangkan. Namun, agar tiga daerah tersebut bisa mengikuti Pemilu 2024, persiapan peresmian sekaligus pelantikan penjabat gubernurnya perlu dipercepat agar dapat mengikuti tahapan pemilu.

“Makanya diminta bahwa harus minimal minggu kedua sampai minggu keempat Oktober (2022) itu sudah harus kita meresmikan dan melantik penjabat (gubernur),” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Sesditjen Otda) Kemendagri, Maddaremmeng dalam keterangan tertulisnya yang disiarkan Puspen Kemendagri, Jumat (30/9/2022).

Maddaremmeng menegaskan, Kemendagri telah melakukan langkah-langkah strategis, terukur, dan terperinci untuk mempercepat terlaksananya pemerintahan tiga provinsi baru di Papua.

Bahkan, Kemendagri telah membantu menyiapkan rancangan peraturan gubernur (pergub) yang mengatur tentang organisasi perangkat daerah (OPD). Rancangan tersebut nantinya diserahkan kepada penjabat gubernur untuk didiskusikan dan disepakati.

“(Rancangan) Pergub OPD ini nanti akan diberikan kepada penjabat gubernur (untuk) didiskusikan untuk segera disepakati. Kita juga sudah mengakomodasi sebenarnya rekapitulasi dari masukan pegawai,” terang Maddaremmeng.

Maddaremmeng juga menjelaskan terkait dukungan anggaran untuk DOB. Anggaran DOB terdiri dari dua sumber, yakni pemerintah pusat dan hibah daerah. Dia menekankan dukungan anggaran itu harus jelas. Untuk itu, ia meminta kesepakatan yang sudah ditandatangani oleh pemerintah daerah dapat dijalankan dengan baik.

Baca selanjutnya
Adapun dukungan yang diberikan pemerintah daerah di Papua terhadap tiga provinsi ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tiga Miliarder Kripto Meninggal dalam Sebulan, Kebetulan atau Terencana?

Dalam kurun waktu sebulan, tiga miliarder kripto meninggal dunia. Ketiga kematian itu terjadi secara tidak terduga di tengah anjloknya aset-aset kripto.

NEWS | 10 Desember 2022

2 Menteri Jokowi Jadi Saksi Akad Nikah Kaesang dan Erina

Dua menteri Kabiner Jokowi, yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan menjadi saksi nikah Kaesang Pangarep dan Mensesneg Pratikno menjadi saksi Erina Gudono.

NEWS | 10 Desember 2022

KPK Tegaskan Penahanan Hakim Agung Gazalba Saleh Sesuai Aturan

KPK menegaskan tidak melanggar aturan saat menahan Hakim Agung Gazalba Saleh terkait kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 10 Desember 2022

Pemprov DKI Gunakan AI Google untuk Urai Kemacetan

Dishub DKI akan menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) Google untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota.

NEWS | 10 Desember 2022

Ini Alasan Kemendes PDTT Revitalisasi 619 Kawasan Transmigrasi

Revitalisasi dan modernisasi 619 kawasan transmigrasi bertujuan menyukseskan program ketahanan pangan nasional.

NEWS | 10 Desember 2022

Kaesang Orang Biasa Pertama yang Gelar Resepsi di Pura Mangkunegaran

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjadi orang pertama dari luar keluarga kerajaan Mangkunegara yang menjalankan resepsi pernikahan di Pura Mangkunegaran.

NEWS | 10 Desember 2022

Midea Donasikan Bantuan untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur

PT Midea Planet Indonesia (Midea) memberikan donasi berupa ratusan perangkat elektronik untuk memulihkan kehidupan warga terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 10 Desember 2022

Top News, Perempat Final Piala Dunia 2022 dan Pernikahan Kaesang

Berita perempat final Piala Dunia 2022 di Qatar antara Argentina vs Belanda dan Brasil vs Kroasia, serta pernikahan Kaesang menjadi berita terpopuler.

NEWS | 10 Desember 2022

Turunkan Angka Kemiskinan, Jateng Andalkan 3 Program Ini

Ganjar Pranowo mengatakan, program bantuan RTLH, permodalan, dan pelatihan yang dijalankan Pemprov Jateng adalah untuk menurunkan angka kemiskinan.

NEWS | 10 Desember 2022

Ganjar Pranowo: Pembangunan IKN Amanat Undang-undang

Ganjar Prawono mengatakan bahwa pembangunan IKN sesuai undang-undang tentu akan tetap dilaksanakan karena menjadi amanah undang-undang.

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sepeda Lipat hingga Gitar, KPK Lelang Barang-barang Gratifikasi

Sepeda Lipat hingga Gitar, KPK Lelang Barang-barang Gratifikasi

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE