Logo BeritaSatu

Poin-poin Pidato Putin Soal Pencaplokan 4 Wilayah Ukraina

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 02:08 WIB
Oleh : Heru Andriyanto / HA

Beritasatu.com – Presiden Rusia Vladimir Putin mengesahkan pencaplokan atau aneksasi empat wilayah di Ukraina yaitu Luhansk dan Donetsk di bagian timur dan Zaporizhzhia dan Kherson di selatan dalam pidato kenegaraan di Kremlin, Jumat (30/9/2022).

Pencaplokan itu didasarkan pada “referendum” selama lima hari yang menurut klaim Rusia hampir 99% pemilih di empat wilayah itu setuju untuk bergabung dengan Rusia.

Untuk dicatat, Ukraina, negara-negara Barat, dan juga sekretaris jenderal PBB tidak mengakui hasil referendum tersebut karena dilakukan di bawah paksaan dan tidak mewakili suara jujur warga setempat.

Namun, dalam pidatonya Putin menegaskan bahwa pencaplokan itu sudah permanen dan tidak bisa dinegosiasikan, dan menyampaikan ke warga di empat wilayah itu: “Selamat datang ke rumah!”

Ada dua poin penting dalam pidato Putin, yaitu soal aneksasi empat wilayah di Ukraina dan kebenciannya kepada negara-negara Barat.

Aneksasi empat wilayah
Putin mengatakan empat wilayah Ukraina tersebut -- Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia -- sekarang sudah menjadi bagian dari Rusia.

Rakyat di sana sudah memutuskan, ujarnya.

"Hasilnya sudah diketahui, dan rakyat sudah menentukan pilihan mereka,” kata Putin.

"Saya yakin bahwa Majelis Federal [parlemen] akan mendukung hadirnya empat wilayah baru di Rusia, empat subjek baru di Federasi Rusia karena ini merupakan kehendak jutaan orang," kata Putin yang disambut tepuk tangan meriah.

Poin-poin Pidato Putin Soal Pencaplokan 4 Wilayah Ukraina
Infografis wilayah pendudukan Rusia di Ukraina.

Setelah pengumuman ini, hasilnya akan diserahkan ke Mahkamah Konstitusi, dan kemudian dilanjutkan ke State Duma atau DPR Rusia untuk disetujui dan memasukkan empat wilayah baru itu ke dalam teritori dan peta baru Rusia. Prosesnya diperkirakan akan mulus mengingat dominasi Putin di sistem kenegaraan Rusia sekarang.

Putin juga berjanji akan membangun kembali desa dan kota yang hancur di empat wilayah itu, meskipun faktanya Rusia adalah penyebab kehancuran infrastruktur di sana sejak dilakukannya invasi pada 24 Februari lalu.

Putin juga mengatakan dia ingin semua orang di Ukraina dan Barat mendengar keinginan rakyat di kawasan Donbas yang ingin menjadi warga negara Rusia selamanya.

Pemerintah di Kyiv harus menghormati keinginan ini, imbuhnya.

Lalu, dia menegaskan bahwa Rusia akan mempertahankan wilayah yang baru direbutnya dengan semua cara untuk “melindungi dan mengamankan rakyat kami”.

Serang negara-negara Barat
Dalam pidatonya, Putin menuduh negara-negara Barat sebagai bangsa yang tamak, ingin menguasai dunia, dan benci melihat Rusia menjadi negara makmur dan kaya.

Bahkan, menurutnya, Barat ingin menjadikan Rusia sebagai wilayah koloni.

"Mereka tidak mau melihat kita menjadi masyarakat yang merdeka. Mereka ingin melihat kita sebagai sekumpulan budak," klaimnya.

“Mereka tidak butuh Rusia, kita yang butuh Rusia,” kata Putin, lagi-lagi disambut tepuk tangan meriah.

Sejak runtuhnya Uni Soviet, negara-negara Barat tidak berhenti dan terus berusaha menaklukkan Rusia dengan mata uang dan kemajuan teknologi mereka, tuduh Putin.

"Mereka tidak bisa diam ada negara yang kaya seperti kita," sesumbarnya, sembari membeberkan kekayaan mineral dan sumber daya alam Rusia.

Lalu dia mencela militer Amerika yang “brutal” dan mengecam upaya Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang berambisi terus memperluas keanggotaan hingga ke negara-negara yang berbatasan dengan Rusia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022

Jokowi Sebut Pemimpin Berambut Putih, Ini Respons Unik Puan dan Prabowo

Puan Maharani dan Prabowo Subianto merespons pernyataan Jokowi yang menyebut ciri-ciri pemimpin prorakyat adalah pemimpin dengan rambut putih. 

NEWS | 28 November 2022

Bupati Pimpin Komando Penanganan Darurat Gempa Cianjur

Komando penanganan darurat gempa Cianjur mulai dialihkan untuk dipimpin oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Fahri Hamzah Apresiasi Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah mengapresiasi pembangunan infrastruktur era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

NEWS | 28 November 2022

Soal Pemimpin Berambut Putih, Begini Kata Fahri Hamzah

Fahri Hamzah menilai, pesan sesungguhnya yang hendak disampaikan Jokowi adalah bahwa orang yang banyak berpikir maka rambutnya cepat memutih.

NEWS | 28 November 2022

Relawan Ganjar Perkuat Jaringan Politik di Sulsel

Relawan Ganjar Pranowo terus memperkuat jaringan politiknya dengan menggelar berbagai kegiatan positif untuk meraih simpati masyarakat Sulsel.

NEWS | 28 November 2022

Bharada E, Kuat Maruf, dan Bripka RR Kompak Minta Maaf di Persidangan

Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J, yakni Bharada E, Kuat Ma'ruf, dan Bripka RR kompak meminta maaf di persidangan. 

NEWS | 28 November 2022

Awasi Pemilu 2024, Bawaslu Bangun Komunitas Digital Pengawas Partisipatif

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI akan membuat komunitas digital pengawas partisipatif.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE