Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 03:58 WIB
Oleh : Heru Andriyanto / HA
Joe Biden

Beritasatu.com – Presiden Amerika Serikat Joe Biden menegaskan bahwa negaranya dan para sekutu tidak akan terintimidasi oleh omongan dan ancaman Presiden Rusia Vladimir Putin, yang pada Jumat (30/9/2022) mengesahkan aneksasi sebagian wilayah Ukraina dan menebar ancaman ke negara-negara Barat.

Biden juga menjamin bahwa Amerika tidak akan pernah mengakui wilayah pencaplokan sebagai bagian dari Rusia.

"Amerika dan para sekutunya tidak akan pernah – saya tekankan – tidak akan pernah terintimidasi oleh Putin dan ucapan ngawur serta ancaman-ancaman dia," kata Biden dalam pidato dari Gedung Putih.

"Tindakan Putin justru menunjukkan bahwa dia sedang kesulitan," imbuhnya.

Biden juga menyebut referendum yang digelar Rusia di empat wilayah Ukraina hanya akal-akalan saja sebagai taktik Putin untuk mengklaim seolah-olah pencaplokan wilayah itu sah dan sesuai kehendak rakyat di wilayah pendudukan.

"Amerika Serikat tidak akan pernah menerimanya. Dan cukup jelas, dunia juga tidak akan mengakuinya. Dia [Putin] tidak bisa begitu saja merampas wilayah negara tetangganya lalu berlalu seolah tidak terjadi apa-apa," kata Biden.

Amerika akan terus memberi bantuan peralatan militer ke Ukraina ditambah bantuan lain senilai US$ 13 miliar yang akan disahkan Kongres, kata Biden.

Lalu, dia berbalik menggertak dengan menyebut langsung nama Putin: "Amerika siap sepenuhnya bersama para sekutu NATO kami untuk mempertahankan setiap inci wilayah di negara-negara NATO – jadi Mr. Putin, jangan salah memahami yang saya katakan, setiap inci” kata Biden.

Infografis wilayah pendudukan Rusia di Ukraina.


Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNN


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI