Logo BeritaSatu

Usut Tuntas Pembantaian 4 Pekerja Proyek di Papua Barat

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 09:38 WIB
Oleh : Edy Musahidin / DAS

Manokwari, Beritasatu.com - Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw dan Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor mengutuk penyerangan terhadap 14 pekerja proyek jalan di Kampung Majnik Distrik Moskona Utara, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, Kamis (29/9/2022) malam yang menewaskan 4 korban.

Kedua pejabat daerah itu meminta tindakan brutal oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) terhadap 14 orang pekerjaan proyek hingga menghilangkan nyawa empat orang itu diusut tuntas.

"Saya selaku penjabat gubernur Papua Barat mengutuk keras tindakan yang menghilangkan nyawa orang. Mereka ini harus ditangkap diproses ketentuan hukum berlaku," kata Paulus Waterpauw terkait video yang menayangkan aksi brutal gerombolan TPNPB Komando Daerah Pertahan IV Sorong Raya-Maybrat Papua Barat.

Paulus Waterpauw meminta masyarakat tetap tenang dan tidak mudah terhasut dan terprovokasi. "Kita serahkan kepada pihak keamanan yang akan mengungkapkan pelaku," katanya

Hal serupa diungkapkan Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor. "Saya selaku Ketua DPR Papua Barat meminta TNI dan Polri segera menangkap pelaku yang melakukan pembacokan dan penembakan terhadap 14 korban, yakni kelompok TPNPB," kata Orgenes kepada wartawan di Manokwari, Jumat (30/9/2022) malam.

Usut Tuntas Pembantaian 4 Pekerja Proyek di Papua Barat
Paulus Waterpauw.

Tindakan gerombolan TPNPB tersebut merupakan tindakan yang tidak berperi kemanusian, dan tidak dibenarkan dalam agama apa pun.

"Saya mengecam tindakan seperti itu. Jadi harus ditangkap diproses ketentuan berlaku di NKRI. Saya merasa terpukul melihat kejadian orang tidak bersalah dibunuh secara keji. Padahal mereka datang bekerja untuk membantu masyarakat membuka akses jalan di wilayah itu untuk kepentingan masyarakat," ungkapanya.

Insiden ini awalnya diberitakan hanya melukai seorang pekerja. Belakangan beredar video yang memperlihatkan korban tewas dalam insiden di ruas jalan trans Kabupaten Bintuni-Kabupaten Maybrat, Papua Barat itu.

Usut Tuntas Pembantaian 4 Pekerja Proyek di Papua Barat
Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor.

Dalam rekaman video tersebut empat pekerja proyek dibacok menggunakan parang hingga tewas. Selain itu dua korban di antaranya dibakar bersama alat berat dan truk pengangkut BBM.

"Iya benar, kondisi korban ditemukan dalam kondisi hangus dan terdapat luka sayat senjata tajam. Dua korban hangus tersebut diduga dibakar kelompok TPNPB," kata Kapolres Bintuni, AKBP Junov Siregar kepada wartawan, Jumat (30/9/2022) malam.

Penyerangan terhadap 14 pekerja proyek jalan di Kampung Majnik Distrik Moskona Utara, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, Kamis (29/9/2022) malam, ternyata menewaskan 4 korban. Dua di antaranya hangus terbakar dan seorang perempuan masih dalam pencarian.

Ke empat korban tewas dan seorang korban tembak sudah dievakuasi ke RSUD Teluk Bintuni. Korban selamat lainnya juga sudah dievakuasi dari lokasi sedangkan seorang perempuan belum ditemukan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ganjar Pastikan Pelayanan Investasi di Jateng Mudah, Murah, dan Cepat

Ganjar Pranowo memastikan pelayanan investasi di Jateng mudah, murah, dan cepat sehingga bisa menarik lebih banyak investor.

NEWS | 30 November 2022

Gerindra: Indonesia Tak Butuh Tokoh Polarisasi pada 2024

Gerindra menegaskan Indonesia tidak lagi butuh tokoh yang gencar memicu polarisasi antarkelompok dalam masyarakat pada Pemilu 2024 mendatang.

NEWS | 30 November 2022

Polisi Dalami Keterkaitan Ritual dengan Kematian 1 Keluarga di Kalideres

Polisi tengah mendalami apakah ada keterkaitan ritual dengan kematian 1 keluarga di , Kalideres, Jakarta Barat.

NEWS | 30 November 2022

Ganjar Capres 2024 Dibahas dalam Pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres) 2024, turut dibahas dalam pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu.

NEWS | 30 November 2022

AHY Bertemu Pemimpin Politik dan Pemerintahan Australia

gus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu sejumlah pemimpin politik dan pemerintah Australia dalam rangkaian kunjungan di Sydney, Canberra dan Melbourne.

NEWS | 1 Desember 2022

Airlangga: Koalisi Indonesia Bersatu Masih Sangat Solid

Airlangga Hartarto menegaskan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bentukan Golkar, PAN dan PP masih solid.

NEWS | 30 November 2022

Alasan MK Beri Jeda 5 Tahun Eks Koruptor Maju Caleg

MK telah memutuskan bahwa mantan terpidana harus menunggu jangka waktu 5 tahun baru dapat maju sebagai caleg.

NEWS | 30 November 2022

Persaingan Prabowo dengan Anies Beri Efek Positif ke Ganjar

Persaingan antara figur Prabowo Subianto dengan Anies Baswedan dapat memberi efek positif ke Ganjar Pranowo terkait Pilpres 2024.

NEWS | 30 November 2022

Malaysia Alami Kekurangan Telur, Warga Diminta Jangan Panik

Sejumlah daerah di Malaysia mengalami kekurangan telur, yang membuat pemerintah meminta warga jangan panik dan menimbun telur.

NEWS | 30 November 2022

Mendagri Ungkap Penyebab APBD Rp 278 T Mengendap di Bank

Mendagri Tito Karnavian mengimbau kepala daerah segera menggenjot realisasi belanja APBD dalam satu bulan ke depan.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
AHY Bertemu Pemimpin Politik dan Pemerintahan Australia

AHY Bertemu Pemimpin Politik dan Pemerintahan Australia

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE