Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Pelonggaran Masker Diberlakukan Saat Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 09:38 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FMB
Tangkapan layar Presiden Joko Widodo saat menjadi inspektur upacara Hari Peringatan Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10/2022).

Jakarta, Beritasatu.com – Pelonggaran penggunaan masker diberlakukan saat pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Kompleks Monumen Pancasila Sakti, Jalan Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10/2022).

Berbeda dengan tahun lalu, upacara diselenggarakan cukup meriah, namun tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com dalam video yang disiarkan oleh Sekretariat Presiden, para peserta upacara yang hadir di Monumen Pancasila Sakti, tidak semuanya memakai masker, seperti para peserta upacara perwakilan dari TNI, Pramuka, Paskibra dan pelajar dari tingkat SD hingga SMA.

Namun tampak sejumlah anggota DPR yang bertugas dalam upacara tidak mengenakan masker, seperti Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti. Begitu juga Presiden Jokowi tidak mengenakan masker sejak dari awal masuk lokasi upacara.

Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin terlihat mengenakan masker berwarna hitam, begitu juga dengan Wury Ma'ruf Amin beserta Ibu Negara Iriana Jokowi mengenakan masker berwarna putih.

Terlihat juga, sejumlah pimpinan TNI dan tamu undangan yang hadir dalam Upacara Hari Kesaktian Pancasila masih mengenakan masker.

Meski demikian, upacara tetap dijalankan dengan menjaga jarak yang menjadi salah satu aturan dalam penerapan protokol kesehatan. Tidak hanya itu, seluruh peserta upacara juga diharuskan melakukan tes antigen atau PCR untuk menghadiri upacara, termasuk awak media.

Jumlah peserta upacara yang hadir tahun ini lebih banyak dari tahun kemarin. Bahkan hampir sama dengan upacara sebelum adanya Covid-19.

Seperti diketahui, selama dua tahun belakangan ini, karena adanya pandemi Covid-19, penyelenggaraan Upacara Hari Kesaktian Pancasila dilakukan secara sederhana namun tetap hikmat dengan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Para peserta upacara yang hadir di Monumen Pancasila Sakti, semuanya memakai masker dan menjaga jarak.

Jumlah peserta upacara yang hadir secara fisik juga dibatasi. Jajaran menteri, pimpinan lembaga/instansi pusat beserta pimpinan tinggi madya atau sederajat, kepala daerah/forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), kantor/lembaga yang ada di daerah mengikuti upacara yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti secara virtual dari kantor masing-masing.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI