Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Jokowi Tidak Pakai Masker Saat Pimpin Upacara, Ini Penjelasan Setpres

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 09:45 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FMB
Tangkapan layar Presiden Joko Widodo saat menjadi inspektur upacara Hari Peringatan Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10/2022).

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak memakai masker saat menjadi inspektur upacara Hari Kesaktian Pancasila di Kompleks Monumen Pancasila Sakti, Jalan Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10/2022). Menurut pantauan Beritasatu.com, Jokowi tidak pakai masker dari awal masuk lokasi upacara.

Ketika dikonfirmasi terkait Presiden Jokowi yang sudah mulai tidak lagi mengenakan masker saat menjalankan tugas kepresidenannya, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menegaskan Presiden masih tetap mengenakan masker.

“Masih,” jawab Heru Budi Hartono singkat kepada Beritasatu.com, Sabtu (1/10/2022).

Pelonggaran penggunaan masker diberlakukan saat pelaksanaan upacara. Berdasarkan pantauan Beritasatu.com dalam video yang disiarkan oleh Sekretariat Presiden, para peserta upacara yang hadir di Monumen Pancasila Sakti, tidak semuanya memakai masker, seperti para peserta upacara perwakilan dari TNI, Pramuka, Paskibra dan pelajar dari tingkat SD hingga SMA.

Sejumlah anggota DPR yang bertugas dalam upacara juga tidak mengenakan masker, seperti Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Berdasarkan situs Kementerian Kesehatan, sehatnegeriku.kemkes.go.id, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pelonggaran penggunaan masker saat beraktivitas di luar ruangan. Kebijakan ini berlaku efektif sejak Rabu (18/5/2022).

Kebijakan pelonggaran masker ini diambil karena dalam beberapa waktu terakhir, jumlah kasus konfirmasi Covid-19 baik global maupun nasional terus menurun. Di Indonesia, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, jumlah kasus relatif stabil, masih di bawah kisaran 1.000 kasus positif per hari.

Menyusul semakin membaiknya situasi pandemi, pemerintah mulai melakukan pelonggaran aktivitas masyarakat sebagai transisi dari pandemi ke endemi.

Namun, pada 1 Juli 2022, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan pemerintah menarik kebijakan pelonggaran masker di luar ruangan seiring adanya kenaikan kasus Covid-19 di Tanah Air dalam beberapa waktu terakhir.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI