Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Fotonya di Kafe Tanpa Jilbab Beredar Luas, Wanita Iran Ini Langsung Ditangkap

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 09:47 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Foto yang memperlihatkan dua wanita Iran sedang berada di kafe di Teheran, Iran tanpa mengenakan hijab.

Teheran, Beritasatu.com - Pasukan keamanan Iran menangkap seorang wanita setelah foto dirinya dan wanita lain yang sedang makan di sebuah kafe di Teheran tanpa jilbab beredar luas, kata pihak keluarga, Jumat (30/9/2022).

Foto itu muncul pada hari Rabu yang menunjukkan dua wanita sedang sarapan di sebuah kafe yang, seperti kebanyakan kedai kopi di Iran, secara tradisional adalah tempat berkumpulnya kaum pria.

Salah satu wanita dalam foto tersebut, Donya Rad, ditangkap tak lama setelah foto tersebut dipublikasikan secara online.

CNN berbicara dengan saudara perempuannya yang mengatakan bahwa agen keamanan menghubungi Donya dan memanggilnya untuk menjelaskan tindakannya.

“Setelah mengunjungi tempat yang ditentukan dia ditangkap, setelah beberapa jam tidak ada berita, Donya memberi tahu saya dalam panggilan singkat bahwa dia dipindahkan ke Bangsal 209 Penjara Evin,” kata saudara perempuannya kepada CNN.

Penjara Evin Teheran adalah fasilitas yang terkenal brutal di mana rezim memenjarakan para pembangkang politik dan secara eksklusif ditujukan untuk tahanan yang dikelola oleh Kementerian Intelijen Iran.

CNN telah menghubungi pihak berwenang Iran tentang dugaan penangkapan tersebut.

Dalam beberapa hari terakhir, pasukan keamanan dilaporkan telah menahan beberapa orang Iran yang berpengaruh, termasuk penulis dan penyair Mona Borzouei, pemain sepak bola Iran Hossein Mahini, dan putri mantan Presiden Iran Ali Akbar Hashemi Rafsanjani, Faezeh Rafsanjani.

Penyanyi Iran Shervin Hajipour juga ditangkap minggu ini setelah merilis lagu pedih berdasarkan cuitan yang dibagikan oleh orang-orang Iran yang mengungkapkan sentimen mengapa orang memprotes, menurut LSM Hak Asasi Manusia Iran.

Tindakan keras pemerintah berlanjut setelah hampir dua minggu protes, dengan puluhan orang tewas dalam bentrokan antara pasukan keamanan.

Lembaga HAM Iran memperkirakan bahwa setidaknya 83 orang termasuk anak-anak, dipastikan tewas dalam protes setelah kematian Mahsa Amini.

Lebih dari seribu orang yang terkait dengan protes telah ditahan pada akhir pekan lalu, menurut kantor berita negara IRNA. Setidaknya 28 wartawan ditangkap ditangkap pada Kamis, menurut Komite untuk Melindungi Jurnalis.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CMM


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI