Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Pamer Robot Humanoid, Elon Musk Janji Tak Akan Jadi Ancaman Umat Manusia

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:41 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Tangkapan layar video yang dibuat dari siaran langsung Tesla AI Day 2022 ini menunjukkan Elon Musk berdiri di atas panggung di samping Optimus, robot humanoid di Palo Alto, California pada 30 September 2022.

San Francisco, Beritasatu.com - Elon Musk pada hari Jumat memamerkan versi terbaru dari robot humanoid (seperti manusia) yang dijanjikannya tak akan jadi ancaman umat manusia seperti di film “Terminator”. Bahkan salah satu orang terkaya di dunia ini meyakini robot yang bakal diproduksi Tesla tersebut mampu menghilangkan kemiskinan.

Optimus adalah prototipe robot humanoid yang diajak ke atas panggung, dalam presentasi Tesla AI Day. Robot, yang masih dalam proses, melambai ke penonton dan mengangkat lututnya.

"Tujuan kami adalah membuat robot humanoid yang berguna secepat mungkin," kata perintis teknologi miliarder Musk kepada hadirin di acara di Silicon Valley.

"Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan."

Tesla mengadaptasi teknologi mobilnya untuk memberikan kemampuan Optimus seperti berjalan dengan aman atau bekerja di lantai pabrik, kata insinyur perusahaan selama presentasi.

Versi lain dari robot tersebut, yang dibuat dengan komponen yang sudah ada dan bukan komponen buatan Tesla seperti Optimus, berjalan perlahan ke atas panggung, mengepalkan tinjunya dan mendorong pinggulnya sebentar dengan musik seolah-olah sedang menari.

"Robot itu benar-benar dapat melakukan lebih dari yang kami tunjukkan kepada Anda, kami hanya tidak ingin (pujian) itu jatuh di wajahnya," gurau Musk.

Tesla sedang merancang robot Optimus untuk diproduksi dengan harga tinggi, mendorong harga mungkin lebih rendah dari US$ 20.000 (sekitar Rp 306 juta), kata Musk.

"Ini berarti masa depan kelimpahan; masa depan di mana tidak ada kemiskinan, masa depan di mana Anda dapat memiliki apa yang Anda inginkan dalam hal produk dan layanan," kata Musk.

"Ini benar-benar transformasi fundamental peradaban seperti yang kita kenal," katanya.

Musk, yang pernah memperingatkan kecerdasan buatan (AI) menjadi ancaman bagi umat manusia mengatakan, Tesla ingin memastikan transisi ke masyarakat di mana robot melakukan pekerjaan dan orang-orang menuai manfaatnya, adalah aman.

"Kami selalu ingin berhati-hati agar kami tidak menempuh jalur Terminator," dia memperingatkan, mengacu pada film blockbuster tentang cyborg pembunuh dan mencatat bahwa Tesla sedang membangun perlindungan termasuk tombol berhenti yang tidak dapat dirusak.

Dia mengatakan Tesla akan mulai menguji Optimus di lantai pabrik, melakukan tugas-tugas sederhana seperti membawa suku cadang, dan masyarakat umum harus dapat membeli robot dalam tiga hingga lima tahun.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: AFP


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI