Logo BeritaSatu

Gempa Tapanuli Utara Picu Kebakaran Pasar, 18 Kios Hangus

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:21 WIB
Oleh : DAS

Tapanuli Utara, Beritasatu.com - Gempa Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (1/10/2022) dini hari, selain menyebabkan satu orang warga meninggal dunia dan belasan lainnya terluka juga menimbulkan kebakaran pasar. Sebanyak 18 kios hangus oleh si jago merah.

"Hingga saat ini dilaporkan satu warga meninggal dunia, sembilan orang luka," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Indra Sahat Hottua Simaremare.

Advertisement

Ia mengatakan bahwa gempa bumi yang melanda wilayah Tapanuli Utara juga memicu terjadinya kebakaran di Pasar Sarulla, Kecamatan Pahae Jahe.

"Sebanyak 18 kios hangus terbakar dan sejumlah rumah warga serta fasilitas umum mengalami kerusakan," katanya.

Gempa bumi mengakibatkan bagian dari beberapa rumah warga di Tapanuli Utara rusak, menyebabkan lantai dan dinding rumah retak serta asbes atap rumah rusak.

Gempa Tapanuli Utara Picu Kebakaran Pasar, 18 Kios Hangus
Gempa Tapanuli Utara memicu terjadinya kebakaran di Pasar Sarulla, Kecamatan Pahae Jae, Sumatera Utara, Sabtu dini hari, 1 Oktober 2022.

Halte bus di kawasan Jalan Sisingamangaraja, Kota Tarutung, juga ambruk akibat gempa.

Selain itu, pelayanan di RSUD Tarutung sempat terganggu akibat gempa bumi. Pasien di rumah sakit itu sempat dipindahkan dari bangsal perawatan ke halaman depan rumah sakit.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa bumi tektonik dengan kekuatan magnitudo (M) 6,0 mengguncang wilayah Tapanuli Utara, Sumatra Utara, pada Sabtu, (1/10/2022), sekitar pukul 02.28 WIB.

Gempa yang melanda bagian wilayah Tapanuli Utara pada Sabtu dini hari terjadi akibat aktivitas sesar besar Sumatra segmen Renun.

Gempa Tapanuli Utara Picu Kebakaran Pasar, 18 Kios Hangus
Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, terbang ke Kabupaten Tapanuli Utara pasca-gempa berkekuatan M6,0, Sabtu dini hari, 1 Oktober 2022.

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar besar Sumatra segmen Renun," kata Pelaksana Tugas Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Daryono mengatakan, lokasi gempa berada di koordinat 2,13 lintang utara dan 98,89 bujur timur, atau pusat gempa berada di darat 14 kilometer barat laut Tapanuli Utara, dengan kedalaman 10 kilometer.

Selang beberapa menit kemudian tepatnya pada pukul 02.50 WIB, gempa susulan kembali mengguncang dengan magnitudo 5,1.

Menurut Indra Sahat Hottua Simaremare, tujuh warga yang terluka menjalani perawatan di RSUD Tarutung dan dua orang lainnya dirawat di puskesmas.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jelang Vonis Arif Rachman, Kuasa Hukum: Kami Hanya Berharap kepada Tuhan

Sidang pembacaan vonis terdakwa kasus obstruction of justice, Arif Rachman Arifin digelar 23 Februari 2023. Pengacara hanya berharap kepada Tuhan.

MEGAPOLITAN | 9 Februari 2023

Pilot Susi Air Masih Belum Ditemukan Sampai Saat ini

Hingga kini tim gabungan TNI-Polri masih terus melakukan pencarian terhadap pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru tersebut.

NUSANTARA | 9 Februari 2023

HPN 2023, Apa Itu Publisher Rights?

Publisher rights ialah regulasi yang menuntut tanggung jawab platform digital global, untuk memberikan nilai ekonomi atas konten berita yang diproduksi media.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Kasus Gagal Ginjal Akut, Perusahaan Farmasi Diimbau Tarik Obat Secara Sukarela

Budi Gunadi Sadikin meminta  perusahaan farmasi menarik secara sukarela obat-obat sirop yang memiliki kandungan Etilen Glikol/Dietilen Glikol (EG/DEG).

NEWS | 9 Februari 2023

Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Papua

Gempa bumi itu berpusat di 2,60 lintang selatan,140,66 bujur timur atau 1 km barat daya Jayapura, Provins Papua dengan kedalaman 10 km.

NUSANTARA | 9 Februari 2023

HPN 2023, Jokowi Makan Durian Bersama Anggota PWI

Menjelang Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo  makan durian bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). 

NUSANTARA | 9 Februari 2023

Angin Kencang, Pohon Ambruk Timpa Rumah Warga di Bekasi

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ambruknya rumah setelah ditimpa pohon tumbang akibat diterjang angin kencang.

MEGAPOLITAN | 9 Februari 2023

Bareskrim Polri Proses Laporan Kredit Macet yang Seret Bos Gudang Garam

OCBC NISP telah menyerahkan barang bukti laporan keuangan yang dinilai sehat sehingga aneh jika HSI mengalami kredit macet hingga ratusan miliar.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Ini Sejarah Pers di Indonesia dari Zaman Belanda hingga Sekarang

Hari Pers Nasional 9 Februari menjadi sejarah pers di Indonesia. Berikut ini adalah sejarah perkembangan pers di Indonesia dari zaman Belanda hingga saat ini.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Enggartiasto Lukita Sambut Baik Perpres Publisher Right

Executive Chairman B Universe Enggartiasto Lukita menyambut baik rencana Presiden Joko Widodo yang akan menuntaskan dan menerbitkan Perpres Publisher Right.

NASIONAL | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Sugeng Guruh Gautama


# Disney PHK Karyawan


# Gempa Turki


# Ferdy Sambo


# Capres PDIP


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jelang Vonis Arif Rachman, Kuasa Hukum: Kami Hanya Berharap kepada Tuhan

Jelang Vonis Arif Rachman, Kuasa Hukum: Kami Hanya Berharap kepada Tuhan

MEGAPOLITAN | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE