Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Gempa Tapanuli Utara Terjadi Saat Warga Sedang Tertidur Lelap

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:24 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Ilustrasi gempa.

Jakarta, Beritasatu.com – Gempa Tapanuli Utara yang berkekuatan magnitudo (M) 6 terjadi sekitar pukul 2.28 pada Sabtu (1/10/2022) dini hari WIB, di mana saat itu banyak warga sedang tertidur lelap.

Menurut Kabid Darurat dan Logistik BPBD Tapanuli Utara Sihol Dame seperti dikutip akun Instagram humanitiative.id, guncangan gempa telah menimbulkan sejumlah kerusakan di rumah warga dan juga rumah ibadah.

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) terus mencatat frekuensi gempa yang mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara pada Sabtu, dengan menyatakan ada sebanyak 68 kali gempa susulan.

Diketahui, gempa Taput diawali dengan magnitudo (M) 6,0 pada pukul 02.28 dini hari WIB tadi.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa Taput memiliki parameter terbaru dengan magnitudo 5,8.

"BMKG mencatat 68 gempa susulan (aftershocks) pasca Mag. 5,8 di Tarutung," kata Plt. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di akun Twitternya, Sabtu.

Sebagai informasi, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,11° Lintang Utara (LU), 98,83° Bujur Timur (BT). Atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Tapanuli Utara, dengan kedalaman 10 km.

Hingga pukul 05.59 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 43 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar 5,1 dan magnitudo terkecil 2,5.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Instagram


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI