Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Waspada Gempa Susulan, BMKG: Jangan Tinggal di Rumah yang Rusak

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:54 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Ilustrasi gempa bumi.

Jakarta, Beritasatu.com – BMKG mengingatkan kepada warga korban gempa Tapanuli Utara pada Sabtu (1/10/2022) untuk mewaspadai gempa susulan, dan meminta warga tidak tinggal di rumah yang rusak akibat gempa, karena guncangan susulan akan memperburuk kondisi kediaman yang rusak tersebut.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau warga untuk mewaspadai gempa susulan dan mengimbau masyarakat untuk mencari perlindungan di tempat yang aman.

"Bagi yang rumahnya rusak, disarankan untuk tidak tinggal di dalam rumah karena kemungkinan gempa susulan dapat memperburuk kerusakan," kata Karnawati dalam konferensi pers virtual.

Gempa susulan juga bisa memicu tanah longsor, tambahnya.

Diketahui, Gempa berkekuatan 5,9 skala Richter atau magnitudo 6,- melanda pulau Sumatra di Indonesia Sabtu pagi, menurut Survei Geologi AS, menewaskan sedikitnya satu orang dan melukai puluhan ketika penduduk setempat bergegas keluar dari gedung mencari keselamatan.

Gempa melanda pada kedalaman yang relatif dangkal 13 kilometer (delapan mil) sebelum 2.30 dini hari WIB, sekitar 40 kilometer dari kota Sibolga di provinsi Sumatera Utara, menurut USGS.

Seorang pria berusia 50-an meninggal karena serangan jantung yang dipicu oleh gempa dan sedikitnya 25 orang lainnya terluka, kata pejabat badan mitigasi bencana regional Febrina Tampubolon kepada AFP.

Pihak berwenang masih mengumpulkan laporan tentang kerusakan tetapi tiang listrik dan menara telekomunikasi telah terkena, melumpuhkan layanan, kata Tampubolon.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: AFP


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI