Logo BeritaSatu

Ikut Lapak Ganjar, Penjualan UMKM Lampu Hias Naik 50%

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:07 WIB
Oleh : JNS

Rembang, Beritasatu.com - UMKM lampu hias milik Ahmad Sholikin berhasil merasakan manfaat luar biasa setelah ikut program Lapak Ganjar. Yaitu, usahanya berhasil berkembang setelah ikut program yang diinisiasi Gubernur Ganjar Pranowo tersebut. Di antaranya, omzet makin meningkat sampai 50 persen, serta pemasarannya pun makin meluas.

Keterangan pemilik UMKM lampu hias Ahmad Sholikin, program Lapak Ganjar benar-benar mampu memberikan solusi bagi produknya. Penjualan lampu hias berbahan dasar pipa itu menunjukkan peningkatan penjualan.

"Alhamdulilah, setelah di-repost Lapak Ganjar itu, penjualan meningkat. Bahkan sampai 50 persen peningkatan penjualannya," kata Kamdun, sapaannya, di rumah sekaligus tempat pembuatan kerajinannya di Desa Kuangsan RT 5 RW 01, Kecamatan Kaliori, Rembang.

Menurutnya, tidak hanya peningkatan penjualan, tapi usahanya juga kian luas daerah pemasarannya. Dari yang semula hanya di dalam kota, kini telah merambah luar Jateng. Seperti Sidoarjo, Surabaya Jawa Timur, juga sejumlah kota di Jawa Barat.

"Pasar juga lebih luas, dari yang awalnya dari lokal atau hanya satu kabupaten, Ahamdulillah bisa menembus Jawa Barat, Jawa Timur," tuturnya.

Dia tak menyangka jika Lapak Ganjar akan berdampak baik pada usaha kecilnya. Sebab mulanya, Kamdun hanya sekadar mencoba ikut Lapak Ganjar. Akun media sosial Instagramnya, @cam_doen mengikuti akun media sosial gubernur @ganjar_pranowo. Sehingga ketika saat itu Lapak Ganjar giliran produksi lampu hias, Kamdun percaya diri ikut serta.

"Hasilnya bermanfaat sekali. Karena hasil penjualannya itu lebih meluas dan banyak teman yang tahu," ungkap Kamdun mengingat pascafoto usahanya diunggah Lapak Ganjar.

Saking bermanfaatnya ikut Lapak Ganjar, pendapatannya pun ikut bertambah. Sehingga, Kamdun mampu membiayai pengobatan istri. Juga, dia bisa memiliki waktu lebih banyak menunggui sang istri. Sebelumnya, istri mengalami kecelakaan. Hal itu menyebabkan istri harus istirahat di rumah.

"Dengan Lapak Ganjar, omzet meningkat, sangat membantu perekonomian keluarga dan membantu pengobatan istri saya karena istri saya sakit usai kecelakaan. Dan, sampai sekarang belum bisa jalan, masih pengobatan terus. Jadi satu-satunya langkah saya ya membuat kerajinan dan dibantu dengan Lapak Ganjar sangat membantu perekonomian," imbuhnya.

Dia pun berharap, semakin banyak UMKM yang akan terbantu program Lapak Ganjar. Mengingat, banyak manfaat yang dihasilkan. Kamdun yang sudah merasakan sendiri manfaatnya, amat berharap akan banyak UMKM ikut Lapak Ganjar. Meski demikian, pelaku usaha harus tetap memaksimalkan atau aktif mempromosikan.

"Tergantung kitanya juga. Kita harus sering aktif di media sosial berpromosi. Dengan bantuan Lapak Ganjar ini, saya rasakan dampaknya luar biasa. Sangat positif untuk pelaku UMKM. Teman-teman lain sudah merasakan jika sudah di-repost (Lapak Ganjar)," jelasnya.

Sekilas tentang usahanya, beber Kamdun, lampu hias buatannya berbahan dasar pipa atau pralon. Dia berkreasi dengan membuat sketsa gambar sesuai permintaan pemesan di permukaan pipa. Setelah sketsa jadi, baru dia memberikan sentuhan seni berupa melubanginya secara hati-hati. Setelah rapi, dia pun memasang fitting dan lampu, serta kabel. Sejauh ini, fungsi lampu hiasnya selain sebagai penerang, juga jadi lampu tidur.

"Utamakan kualitas, dengan berusaha semaksimal mungkin tidak mengecewakan pelanggan, jadi kita membuat sesuai request (permintaan). Dengan maksimal saya mengusahan kualitas kerajinan. Untuk pengecatan, tidak hanya sekadar cat pylox tapi juga klir. Karena klir untuk melindungi warna tidak mudah pudar. Tampilannya juga lebih mengkilat," terangnya menyebutkan keunggulan produknya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top 5 News: Percepatan Vaksin Booster, Visi Yudo Margono hingga Tembok CIMB Finance Roboh

Booster vaksin Covid-19 perlu dipercepat dan tembok CIMB Niaga Finance roboh merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com.

NEWS | 3 Desember 2022

Sura dan Suru Jadi Maskot Pemilu 2024

Maskot pemilu 2024 bernama "Sura" dan "Suru" merupakan karya Stephanie, mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pradita Tangerang, Banten.

NEWS | 3 Desember 2022

Banjir di Jateng, Ganjar Pranowo Siapkan Anggaran Darurat Rp 15 M

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyiapkan anggaran darurat Rp 15 miliar untuk penanganan banjir yang melanda sejumlah wilayah.

NEWS | 3 Desember 2022

Ganjar Serahkan Keputusan Pencapresan ke Ketua Umum Partai

Ganjar Pranowo menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai pencapresan untuk Pilpres 2024 kepada para ketua umum partai.

NEWS | 3 Desember 2022

Rumah Contoh Tahan Gempa Dibangun di Cianjur

Rumah contoh tahan gempa dibangun di Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Kampung Nagrak, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur Kota.

NEWS | 2 Desember 2022

Gempa Cianjur: BMKG Ungkap 4 Penyebab Kerusakan Bangunan

BMKG memaparkan empat faktor utama penyebab kerusakan bangunan akibat guncangan gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 2 Desember 2022

Wapres Harap Yudo Margono Teruskan Kebijakan Keamanan Papua

Wapres berharap Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai calon panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, dapat melanjutkan kebijakan keamanan di Papua.

NEWS | 2 Desember 2022

Kematian Covid-19 Jadi Proporsional, Pakar: Percepat Booster

Dicky Budiman menyatakan bahwa pemerintah harus segera mempercepat vaksinasi Covid-19 booster pertama dan kedua karena kasus kematian jadi proporsional.

NEWS | 2 Desember 2022

Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

Jusuf Kalla (JK) mengenang mantan menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan sebagai sosok humoris.

NEWS | 2 Desember 2022

Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Almarhum Ferry Mursyidan Baldan

Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Ferry Mursyidan Baldan di daerah Slipi, Jakarta Barat, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Top 5 News: Percepatan Vaksin Booster, Visi Yudo Margono hingga Tembok CIMB Finance Roboh

Top 5 News: Percepatan Vaksin Booster, Visi Yudo Margono hingga Tembok CIMB Finance Roboh

NEWS | 25 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE