Logo BeritaSatu

Ikut Lapak Ganjar, Penjualan UMKM Lampu Hias Naik 50%

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:07 WIB
Oleh : JNS

Rembang, Beritasatu.com - UMKM lampu hias milik Ahmad Sholikin berhasil merasakan manfaat luar biasa setelah ikut program Lapak Ganjar. Yaitu, usahanya berhasil berkembang setelah ikut program yang diinisiasi Gubernur Ganjar Pranowo tersebut. Di antaranya, omzet makin meningkat sampai 50 persen, serta pemasarannya pun makin meluas.

Keterangan pemilik UMKM lampu hias Ahmad Sholikin, program Lapak Ganjar benar-benar mampu memberikan solusi bagi produknya. Penjualan lampu hias berbahan dasar pipa itu menunjukkan peningkatan penjualan.

"Alhamdulilah, setelah di-repost Lapak Ganjar itu, penjualan meningkat. Bahkan sampai 50 persen peningkatan penjualannya," kata Kamdun, sapaannya, di rumah sekaligus tempat pembuatan kerajinannya di Desa Kuangsan RT 5 RW 01, Kecamatan Kaliori, Rembang.

Menurutnya, tidak hanya peningkatan penjualan, tapi usahanya juga kian luas daerah pemasarannya. Dari yang semula hanya di dalam kota, kini telah merambah luar Jateng. Seperti Sidoarjo, Surabaya Jawa Timur, juga sejumlah kota di Jawa Barat.

"Pasar juga lebih luas, dari yang awalnya dari lokal atau hanya satu kabupaten, Ahamdulillah bisa menembus Jawa Barat, Jawa Timur," tuturnya.

Dia tak menyangka jika Lapak Ganjar akan berdampak baik pada usaha kecilnya. Sebab mulanya, Kamdun hanya sekadar mencoba ikut Lapak Ganjar. Akun media sosial Instagramnya, @cam_doen mengikuti akun media sosial gubernur @ganjar_pranowo. Sehingga ketika saat itu Lapak Ganjar giliran produksi lampu hias, Kamdun percaya diri ikut serta.

"Hasilnya bermanfaat sekali. Karena hasil penjualannya itu lebih meluas dan banyak teman yang tahu," ungkap Kamdun mengingat pascafoto usahanya diunggah Lapak Ganjar.

Saking bermanfaatnya ikut Lapak Ganjar, pendapatannya pun ikut bertambah. Sehingga, Kamdun mampu membiayai pengobatan istri. Juga, dia bisa memiliki waktu lebih banyak menunggui sang istri. Sebelumnya, istri mengalami kecelakaan. Hal itu menyebabkan istri harus istirahat di rumah.

"Dengan Lapak Ganjar, omzet meningkat, sangat membantu perekonomian keluarga dan membantu pengobatan istri saya karena istri saya sakit usai kecelakaan. Dan, sampai sekarang belum bisa jalan, masih pengobatan terus. Jadi satu-satunya langkah saya ya membuat kerajinan dan dibantu dengan Lapak Ganjar sangat membantu perekonomian," imbuhnya.

Dia pun berharap, semakin banyak UMKM yang akan terbantu program Lapak Ganjar. Mengingat, banyak manfaat yang dihasilkan. Kamdun yang sudah merasakan sendiri manfaatnya, amat berharap akan banyak UMKM ikut Lapak Ganjar. Meski demikian, pelaku usaha harus tetap memaksimalkan atau aktif mempromosikan.

"Tergantung kitanya juga. Kita harus sering aktif di media sosial berpromosi. Dengan bantuan Lapak Ganjar ini, saya rasakan dampaknya luar biasa. Sangat positif untuk pelaku UMKM. Teman-teman lain sudah merasakan jika sudah di-repost (Lapak Ganjar)," jelasnya.

Sekilas tentang usahanya, beber Kamdun, lampu hias buatannya berbahan dasar pipa atau pralon. Dia berkreasi dengan membuat sketsa gambar sesuai permintaan pemesan di permukaan pipa. Setelah sketsa jadi, baru dia memberikan sentuhan seni berupa melubanginya secara hati-hati. Setelah rapi, dia pun memasang fitting dan lampu, serta kabel. Sejauh ini, fungsi lampu hiasnya selain sebagai penerang, juga jadi lampu tidur.

"Utamakan kualitas, dengan berusaha semaksimal mungkin tidak mengecewakan pelanggan, jadi kita membuat sesuai request (permintaan). Dengan maksimal saya mengusahan kualitas kerajinan. Untuk pengecatan, tidak hanya sekadar cat pylox tapi juga klir. Karena klir untuk melindungi warna tidak mudah pudar. Tampilannya juga lebih mengkilat," terangnya menyebutkan keunggulan produknya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemprov DKI Gunakan AI Google untuk Urai Kemacetan

Dishub DKI akan menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) Google untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota.

NEWS | 10 Desember 2022

Ini Alasan Kemendes PDTT Revitalisasi 619 Kawasan Transmigrasi

Revitalisasi dan modernisasi 619 kawasan transmigrasi bertujuan menyukseskan program ketahanan pangan nasional.

NEWS | 10 Desember 2022

Kaesang Orang Biasa Pertama yang Gelar Resepsi di Pura Mangkunegaran

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjadi orang pertama dari luar keluarga kerajaan Mangkunegara yang menjalankan resepsi pernikahan di Pura Mangkunegaran.

NEWS | 10 Desember 2022

Midea Donasikan Bantuan untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur

PT Midea Planet Indonesia (Midea) memberikan donasi berupa ratusan perangkat elektronik untuk memulihkan kehidupan warga terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 10 Desember 2022

Top News, Perempat Final Piala Dunia 2022 dan Pernikahan Kaesang

Berita perempat final Piala Dunia 2022 di Qatar antara Argentina vs Belanda dan Brasil vs Kroasia, serta pernikahan Kaesang menjadi berita terpopuler.

NEWS | 10 Desember 2022

Turunkan Angka Kemiskinan, Jateng Andalkan 3 Program Ini

Ganjar Pranowo mengatakan, program bantuan RTLH, permodalan, dan pelatihan yang dijalankan Pemprov Jateng adalah untuk menurunkan angka kemiskinan.

NEWS | 10 Desember 2022

Ganjar Pranowo: Pembangunan IKN Amanat Undang-undang

Ganjar Prawono mengatakan bahwa pembangunan IKN sesuai undang-undang tentu akan tetap dilaksanakan karena menjadi amanah undang-undang.

NEWS | 10 Desember 2022

Ganjar: Kawasan Industri Kendal Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Ganjar Prawono menyebutkan Kawasan Industri Kendal saat ini menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

NEWS | 10 Desember 2022

5.000 Petugas Gabungan Bersihkan Material Bangunan Akibat Gempa Cianjur

5.000 petugas gabungan diterjunkan untuk membantu membersihkan puing dan material rumah yang rusak akibat gempa Cianjur,

NEWS | 10 Desember 2022

Ganjar Sebut Pernikahan Kaesang Jadi Ajang Pertunjukan Budaya

Ganjar Pranowo mengatakan, momen pernikahan Kaesang dengan Erina bakal menjadi ajang pertunjukan budaya. 

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jadi Wali Nikah Erina-Kaesang, Ini Profil Allen Adam Gudono

Jadi Wali Nikah Erina-Kaesang, Ini Profil Allen Adam Gudono

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE