Logo BeritaSatu

PBNU Apresiasi Penghargaan Internasional yang Diraih Kejagung

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 21:27 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengapresiasi Kejaksaan Agung (Kejagung) yang meraih penghargaan achievement award dari International Association of Prosecutors (IAP) atau Asosiasi Jaksa Internasional. Wasekjen PBNU, Abdul Qadir menyatakan, penghargaan tersebut merupakan buah dari jerih payah Kejagung dalam menerapkan restorative justice atau keadilan restoratif.

"Pengakuan komunitas jaksa internasional terhadap prestasi Kejaksaan Agung ini tentu patut dibanggakan. Penghargaan ini adalah buah dari jerih upaya Kejaksaan Agung dalam menerapkan restorative justice,” kata Abdul Qadir dalam keterangannya yang diterima Sabtu, (1/10/2022).

Dikatakan Abdul Qadir, Kejagung di bawah kepemimpinan Jaksa Agung ST Burhanuddin konsisten untuk menghentikan penuntutan atas dasar keadilan, kepentingan umum dengan mempertimbangkan aspek proporsionalitas dan hak-hak korban. Dikatakan, upaya Kejagung menjadikan pidana sebagai jalan, sarana, dan upaya terakhir atau ultimum remedium harus didukung semua pihak.

"Kami tentu sangat mengapresiasi capaian luar biasa Kejaksaan Agung ini,” kata Abdul Qadir.

Dalam kesempatan ini, Qadir juga memuji kinerja Kejagung dalam membongkar dan mengungkap kasus korupsi besar di perusahaan-perusahaan BUMN. Dikatakan, hal itu tidak terlepas dari kolaborasi yang kuat antara ST Burhanuddin dengan Menteri BUMN, Erick Thohir.

"Kolaborasi Jaksa Agung ST Burhanuddin dengan Menteri BUMN Erick Thohir sangat ciamik dan efektif. Prestasi Kejagung membongkar kasus-kasus korupsi besar tidak dapat dilepaskan dari kerja sama ini. Di sisi lain, komitmen Pak Erick Thohir bersih-bersih di kementeriannya sulit dilakukan tanpa dukungan Kejagung,” tuturnya.

Diketahui, melalui sinergisitas dengan Kementerian BUMN, Kejagung berhasil membongkar sejumlah kasus korupsi besar di perusahaan-perusahaan BUMN. Beberapa di antaranya, kasus korupsi di PT Asuransi Jiwasraya, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Waskita Karya, Krakatau Steel. Saat ini, Kejagung juga sedang mendalami dugaan korupsi di PT Adhi Karya dan PT PLN.

Upaya Kejagung dan Erick Thohir didukung banyak pihak. Erick Thohir sendiri sedang menggalakkan bersih-bersih BUMN untuk menghapus stigma korupsi di perusahaan-perusahaan pelat merah.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penasihat Hukum: Saksi Aditya Cahya Pelapor Atau Timsus?

Penasihat hukum Arif Rachman mempertanyakan keberadaan saksi Kompol Aditya Cahya, apakah bertindak sebagai pelapor atau sebagai Timsus di Dittipidsiber.

NEWS | 26 November 2022

Update Gempa Cianjur: 318 Jiwa Orang Meninggal Dunia

Jumlah korban meninggal akibat gempa Cianjur, hingga hari ini, Sabtu (26/11/2022) pukul 17.00 WIB terus bertambah menjadi 318 orang.

NEWS | 26 November 2022

Segera Dibuka, Intibios Hang Tuah Hadirkan Layanan Kesehatan Satu Atap

Intibios Hang Tuah yang akan segera beroperasi memberikan layanan kesehatan satu atap yaitu laboratorium, klinik sekaligus farmasi di satu tempat.

NEWS | 26 November 2022

Enggartiasto: Intibios Utamakan Experience Layanan Kesehatan

Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa layanan kesehatan Intibios ingin memberikan pengalaman pelayanan kesehatan yang berbeda kepada masyarakat.

NEWS | 26 November 2022

Kendarai Motor, Mahasiswa UMM Jatuh dari Jembatan Setinggi 25 Meter

Mahasiswa UMM Irfaan Hafids Akbar jatuh dari atas jembatan Soekarno Hatta, Kota Malang. Korban jatuh dari ketinggian 25 meter.

NEWS | 26 November 2022

Antar Bantuan Korban Gempa Cianjur, BNPB Gunakan Motor

BNPB menggunakan sepeda motor untuk mengantarkan bantuan bagi korban gempa Cianjur yang berada di daerah yang susah dijangkau.

NEWS | 26 November 2022

Jokowi Tegaskan Reputasi Global Indonesia Patut Dijaga

Presiden Jokowi mengatakan reputasi global yang diraih Indonesia saat ini patut dijaga keberlanjutannya oleh kepemimpinan berikutnya.

NEWS | 26 November 2022

Guru Diminta Ciptakan Lingkungan Belajar Menyenangkan

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengajak guru berinovasi menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.

NEWS | 26 November 2022

Warga Rembang Bergerak Membantu Korban Gempa Cianjur

Masyarakat di Rembang terus bergerak membantu para korban gempa Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Mereka dengan menggalang bantuan di jalan protokol di Rembang.

NEWS | 26 November 2022

BPKH Menyerahkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyerahkan bantuan kemaslahatan senilai Rp 2,2 miliar untuk para korban gempa Cianjur.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hujan, Publik Soundrenaline Antusias Tonton Plain White T's

Hujan, Publik Soundrenaline Antusias Tonton Plain White T's

LIFESTYLE | 23 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE