Logo BeritaSatu

PBNU Apresiasi Penghargaan Internasional yang Diraih Kejagung

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 21:27 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengapresiasi Kejaksaan Agung (Kejagung) yang meraih penghargaan achievement award dari International Association of Prosecutors (IAP) atau Asosiasi Jaksa Internasional. Wasekjen PBNU, Abdul Qadir menyatakan, penghargaan tersebut merupakan buah dari jerih payah Kejagung dalam menerapkan restorative justice atau keadilan restoratif.

"Pengakuan komunitas jaksa internasional terhadap prestasi Kejaksaan Agung ini tentu patut dibanggakan. Penghargaan ini adalah buah dari jerih upaya Kejaksaan Agung dalam menerapkan restorative justice,” kata Abdul Qadir dalam keterangannya yang diterima Sabtu, (1/10/2022).

Dikatakan Abdul Qadir, Kejagung di bawah kepemimpinan Jaksa Agung ST Burhanuddin konsisten untuk menghentikan penuntutan atas dasar keadilan, kepentingan umum dengan mempertimbangkan aspek proporsionalitas dan hak-hak korban. Dikatakan, upaya Kejagung menjadikan pidana sebagai jalan, sarana, dan upaya terakhir atau ultimum remedium harus didukung semua pihak.

"Kami tentu sangat mengapresiasi capaian luar biasa Kejaksaan Agung ini,” kata Abdul Qadir.

Dalam kesempatan ini, Qadir juga memuji kinerja Kejagung dalam membongkar dan mengungkap kasus korupsi besar di perusahaan-perusahaan BUMN. Dikatakan, hal itu tidak terlepas dari kolaborasi yang kuat antara ST Burhanuddin dengan Menteri BUMN, Erick Thohir.

"Kolaborasi Jaksa Agung ST Burhanuddin dengan Menteri BUMN Erick Thohir sangat ciamik dan efektif. Prestasi Kejagung membongkar kasus-kasus korupsi besar tidak dapat dilepaskan dari kerja sama ini. Di sisi lain, komitmen Pak Erick Thohir bersih-bersih di kementeriannya sulit dilakukan tanpa dukungan Kejagung,” tuturnya.

Diketahui, melalui sinergisitas dengan Kementerian BUMN, Kejagung berhasil membongkar sejumlah kasus korupsi besar di perusahaan-perusahaan BUMN. Beberapa di antaranya, kasus korupsi di PT Asuransi Jiwasraya, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Waskita Karya, Krakatau Steel. Saat ini, Kejagung juga sedang mendalami dugaan korupsi di PT Adhi Karya dan PT PLN.

Upaya Kejagung dan Erick Thohir didukung banyak pihak. Erick Thohir sendiri sedang menggalakkan bersih-bersih BUMN untuk menghapus stigma korupsi di perusahaan-perusahaan pelat merah.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ketua KPK Ungkap Lukas Enembe Pernah Dirawat di RSPAD

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan KPK telah mendapatkan data bahwa Lukas Enembe pernah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

NEWS | 8 Desember 2022

Bupati Bangkalan Diduga Patok Rp 50-150 Juta Terkait Lelang Jabatan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga tersangka Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron mematok tarif Rp 50-150 juta terkait lelang jabatan.

NEWS | 8 Desember 2022

Wapres Ma’ruf Minta KBPP Polri Lebih Banyak Berkontribusi

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri lebih banyak berkontribusi melalui program-program kemasyarakatan.

NEWS | 8 Desember 2022

Pantau Dampak Gempa, PMI Kota Sukabumi Patroli Keliling

PMI Kota Sukabumi dikerahkan untuk melakukan patroli keliling memantau dampak gempa dengan magnitudo 5,8, Kamis (8/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

KPK Menahan Bupati Bangkalan dan 5 Tersangka Kasus Lelang Jabatan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan enam tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan di Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa Sukabumi, Ini Pengalaman Netizen

Gempa Sukabumi dan sekitarnya yang terjadi Kamis (8/12/2022) pagi 07.50 WIB terasa hingga Jakarta dan Bandar Lampung.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa M 5,8 Landa Kota Sukabumi, Belum Ada Laporan Kerusakan

Menurut BPBD Kota Sukabumi, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa yang melanda daerah itu, Kamis (6/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Bom Bunuh Diri, Jalan Depan Polsek Astana Anyar Sudah Dibuka

Ruas Jalan Astana Anyar yang berada di depan Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, kembali bisa dilalui, usai bom bunuh diri, Rabu (7/12/2022) kemarin.

NEWS | 8 Desember 2022

Wakil Ketua DPR Minta Masyarakat Tidak Takut Lawan Terorisme

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta masyarakat bersatu untuk melawan terorisme, menyusul aksi teror bom bunuh diri yang terjadi di Bandung.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa Sukabumi Terasa hingga Jakarta dan Bandar Lampung

BMKG menyebut gempa berkekuatan magnitudo 5,8 di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (/8/12/2022) pagi, terasa hingga Jakarta juga Bandar Lampung.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Maroko Bawa Sepak Bola Arab ke Level Tertinggi

Maroko Bawa Sepak Bola Arab ke Level Tertinggi

SEMESTA BOLA 2022 | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE