Logo BeritaSatu

Emil Dardak Mengaku Tak Bisa Maju di Pilpres karena Syarat Usia Capres

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 23:35 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Politikus Partai Demokrat Emil Dardak mengaku tidak mungkin maju sebagai capres atau cawapres di Pilpres 2024 karena adanya syarat usia capres. Emil Dardak mengaku usianya belum genap 40 tahun.

"Banyak yang bilang ke saya, kenapa enggak mengikuti jejak Pak Sandi Uno, dari wagub menuju cawapres. Saya bilang saya enggakbisa, karena pada 2024 mendatang usia saya belum 40 tahun," ujar Emil Dardak dalam diskusi "Dilema Pilpres 2024, Bincang Ulang Presidential Treshold dan Batas Minimal Usia Presiden" di Jakarta, Sabtu (1/10/2022).

Diketahui, Pasal 169 huruf q UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) menyebutkan, usia minimal untuk seseorang bisa menjadi capres dan cawapres adalah 40 tahun.

Padahal, kata Emil, di Perancis seorang yang sudah bisa memilih, maka dia juga boleh dipilih, yakni pada usia 18 tahun. Aturan tersebut pernah direvisi pada tahun 74 yakni jadi 21 tahun, lalu dikembalikan lagi jadi 18 tahun.

"Macron di Perancis terpilih usia 38. Presiden New Zealand usia 30-an. Sutan Syahrir juga dulu jadi perdana menteri di usia 36," ungkapnya.

Untuk itu, Emil Dardak yang juga Wakil Gubernur Jawa Timur ini mengatakan, ikhtiar untuk meninjau ulang aturan syarat usia minimal calon presiden layak untuk dipikirkan bersama.

Sementara itu, politiikus Partai Nasdem Hilary Brigitta Lasut berpandangan, idealnya, usia minimal seseorang bisa menjadi capres adalah 21 tahun. Namun, dia menekankan seorang calon hendaknya tidak bermodalkan lulusan sekolah menengah atas (SMA).

"Jangan sampai usia 21 lulusan SMA, terus belum ada pengalaman kerja entah dari mana. Cuma karena dia keturunan dewa mungkin titisan dari atas, dapat honoris causa dari mana terus dia jadi presiden," kata Brigitta yang merupakan anggota DPR termuda.

Selain dihadiri oleh Emil dan Brigitta, diskusi tersebut juga dihadiri oleh politikus Gerindra Fadli Zon, politikus Golkar Puteri Komaruddin, dan pengamat politik Adi Prayitno.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menit 83, Casemiro Buka Keunggulan Brasil atas Swiss

Menit 83, Casemiro Buka Keunggulan Brasil atas Swiss

SEMESTA BOLA 2022 | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE