Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Video: Gas Air Mata Bikin Massa di Kanjuruhan Panik

Minggu, 2 Oktober 2022 | 02:13 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD
Tembakan gas air mata saat kericuhan seusai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya dalam laga pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu, 1 Oktober 2022 malam. Tragedi Kanjuruhan ini menewaskan sekurangnya 127 suporter

Malang, Beritasatu.com - Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) diduga disebabkan karena penggunaan gas air mata di dalam stadion. Karena jumlah petugas keamanan yang tidak sebanding dengan jumlah ribuan suporter Arema FC tersebut, petugas kemudian menembakkan gas air mata di dalam lapangan. Tembakan gas air mata itu membuat banyak suporter pingsan dan sulit bernafas.

Banyaknya suporter yang pingsan, membuat kepanikan di area stadion. Banyaknya suporter yang membutuhkan bantuan medis tersebut tidak sebanding dengan jumlah tenaga medis yang disiagakan di Stadion Kanjuruhan.

Dalam video yang beredar di media sosial Twitter, terlihat lapangan di Stadion Kanjuruhan yang diserbu Aremania usai laga berakhir. Pada awal video terlihat aparat kepolisian serta TNI berhasil memukul mundur para suporter dan di bagian latar belakang terlihat pula kepulan asap dari flare.

Pada video lainnya terlihat asap dari gas air mata atau tear gas yang membumbung memenuhi udara di dalam Stadion Kanjuruhan. Pada video ini massa terlihat panik dan kebingungan karena kesulitan bernafas sekaligus kehilangan orientasi arah.

Akibat tembakan gas air mata tersebut, banyak suporter yang mengeluh sesak nafas terkena gas air mata dan terinjak-injak saat berusaha meninggalkan tribun stadion. Para suporter tersebut panik dan akhirnya berhamburan. Dikutip dari Antara, hingga Minggu dini hari (2/10/2022) sekitar pukul 00.23 WIB dinihari, kondisi di luar stadion terlihat truk yang mengangkut suporter hilir mudik untuk mereka yang membutuhkan perawatan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI