Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Studi Baru Temukan Danau Terkubur di Kutub Selatan Planet Mars

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:37 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Planet Mars.

Houston, Beritasatu.com – Sebuah studi baru memperlihatkan, kemungkinan adanya sebuah danau terkubur di bawah es di kutub selatan Planet Mars.

Sebenarnya sudah sejak tahun 2018, para ilmuwan menemukan petunjuk bahwa danau terkubur itu ada. Namun, bukti baru lebih lanjut mendukung hipotesis mereka. Danau itu bisa seluas 18 mil (28 km), dan kemungkinan tetap cair tidak beku karena pemanasan, lapor Time. Temuan penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Nature Astronomy.

Air telah ditemukan di Mars sebelumnya, tetapi sebagian besar dalam bentuk es, jadi temuan sumber air cair adalah hal yang utama. Penemuan itu dibuat dengan menganalisis temuan 2018 dari perangkat radar pesawat ruang angkasa Mars Express Badan Antariksa Eropa, lapor Time.

Pada tahun 2018, suara radar yang dilakukan di area Mars yang dikenal sebagai Ultimi Scopuli menunjukkan area air yang luas di bawah es. Tetapi hasil ini tidak cukup untuk mengkonfirmasi keberadaan danau, karena sejumlah faktor lain dapat berkontribusi pada pembacaan data yang salah.

Namun, melalui pemodelan komputer, para ilmuwan kini sampai pada kesimpulan bahwa sebuah danau mungkin memang ada. Studi ini menjalankan simulasi berbagai skenario kedalaman dan tekanan, menawarkan "dukungan independen untuk keberadaan air dasar di bawah Ultimi Scopuli,"

Neil Arnold dari Universitas Cambridge, yang memimpin penelitian tersebut, mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Sangat menarik untuk menggunakan teknik ini untuk mengetahui hal-hal tentang planet selain planet kita."



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: The Week


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI