Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Ratusan Tewas di Tragedi Kanjuruhan, Mahfud MD Sampaikan Belasungkawa

Minggu, 2 Oktober 2022 | 10:45 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / LES
Seorang pengendara motor melintas diantara puing batu yang dilemparkan suporter dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu, 2 Oktober 2022.

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD atas nama pemerintah menyampaikan belasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan yang dilaporkan telah menewaskan ratusan orang. Tragedi tersebut diketahui terjadi usai pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022).

“Kepada keluarga korban kami menyampaikan belasungkawa,” kata Mahfud dalam keterangan tertulis, Minggu (2/10/2022).

Mahfud menerangkan, dirinya sudah memperoleh informasi dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas kejadian Tragedi Kanjuruhan. Tidak hanya itu, dia juga telah melakukan koordinasi dengan Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta.

“Pemerintah menyesalkan atas Tragedi Kanjuruhan. Pemerintah akan menangani tragedi ini dengan baik,” tutur Mahfud.

Tak lupa, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu juga menyampaikan harapan agar pihak keluarga korban tetap sabar dan menjalin komunikasi dengan aparat serta petugas pemerintah di lapangan. Dia menyebutkan, Pemkab Malang bakal menanggung biaya rumah sakit para korban.

“Pemerintah telah melakukan perbaikan pelaksanaan pertandingan sepak bola dari ke waktu dan akan terus diperbaiki. Tetapi olahraga yang menjadi kesukaan masyarakat luas ini kerap kali memancing para supporter untuk mengekspresikan emosi secara tiba-tiba,” ujar Mahfud.

Terbaru, Komnas HAM melaporkan berdasarkan informasi yang didapatkan, korban tewas di Tragedi Kanjuruhan mencapai 153 orang. Komnas HAM menyampaikan duka yang mendalam atas jatuhnya korban jiwa dalam kerusuhan usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

"Saya sebagai salah satu penggila bola ikut berduka atas jatuhnya korban di stadion kanjuruhan, malang. Sampai pagi ini informasinya sudah 153 orang yang meninggal dunia," kata Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara.

Sebelumnya dilaporkan sebanyak 127 orang meninggal dunia dalam tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pascapertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta dalam jumpa pers di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (2/10/2022), mengatakan dari 127 orang yang meninggal dunia tersebut, dua di antaranya merupakan anggota Polri.

"Dalam kejadian itu, telah meninggal 127 orang, dua di antaranya adalah anggota Polri," kata Nico.

Nico menjelaskan sebanyak 34 orang dilaporkan meninggal dunia di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, sementara sisanya meninggal saat mendapatkan pertolongan di sejumlah rumah sakit setempat.

Menurutnya, hingga saat ini terdapat kurang lebih 180 orang yang masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit tersebut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI