Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Venezuela Bebaskan 7 Warga Amerika, Ditukar Keponakan Istri Presiden Maduro

Minggu, 2 Oktober 2022 | 12:30 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Nicolas Maduro

Washington, Beritasatu.com - Venezuela pada Sabtu (1/10/2022) membebaskan tujuh warga Amerika yang ditahan, dengan imbalan pembebasan dua keponakan istri Presiden Nicolas Maduro yang dipenjara di Amerika Serikat karena perdagangan narkoba.

Presiden Joe Biden mengeluarkan pengumuman bahwa para warga Amerika sedang dalam perjalanan pulang, dan seorang pejabat senior dalam pemerintahannya mengkonfirmasi tak lama setelah itu bahwa, pemimpin AS telah membuat "keputusan menyakitkan" untuk memberi lampu hijau pertukaran tahanan untuk mengamankan kebebasan mereka.

"Hari ini, setelah bertahun-tahun ditahan secara salah di Venezuela, kami membawa pulang Jorge Toledo, Tomeu Vadell, Alirio Zambrano, Jose Luis Zambrano, Jose Pereira, Matthew Heath, dan Osman Khan," kata Biden dalam sebuah pernyataan.

Pembebasan "dua pemuda Venezuela" yang ditahan di Amerika Serikat dikonfirmasi dalam pernyataan yang hampir bersamaan oleh Caracas, yang hubungannya dengan Washington sangat tegang selama bertahun-tahun.

Sementara pihak berwenang Venezuela tidak menyebutkan nama pasangan itu, mereka diidentifikasi oleh pejabat senior AS sebagai Francisco Flores de Freitas dan sepupunya Efrain Antonio Campos Flores, keduanya keponakan dari istri Presiden Nicolas Maduro, Cilia Flores.

"Sebagai hasil dari berbagai percakapan yang diadakan sejak 5 Maret dengan perwakilan pemerintah Amerika Serikat, pembebasan dua pemuda Venezuela yang dipenjara secara tidak adil di negara itu telah tercapai," kata komunike dari Caracas.

Ditangkap pada tahun 2015 dalam operasi penyelundupan AS di Haiti, kedua sepupu itu dijatuhi hukuman hingga 18 tahun penjara karena merencanakan untuk menyelundupkan 800 kilo (1.760 pon) kokain ke Amerika Serikat.

Pemerintah Venezuela mengatakan mereka dijebak.

Menjadi jelas dalam negosiasi bahwa pembebasan dua warga Venezuela, karena hubungan mereka dengan istri Nicolas Maduro, namun sangat penting untuk mengamankan pembebasan orang Amerika ini," kata seorang pejabat senior pemerintah AS kepada wartawan.

“Presiden membuat keputusan yang sulit, keputusan yang menyakitkan, untuk menawarkan sesuatu yang secara aktif dicari oleh Venezuela” dalam negosiasi pertukaran selama berbulan-bulan, pejabat itu menambahkan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: AFP


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI