Logo BeritaSatu

Cacar Monyet Tak Akan Hilang dalam Waktu Dekat di AS

Minggu, 2 Oktober 2022 | 13:05 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

New York, Beritasatu.com - Beberapa pejabat kesehatan AS mengakui bahwa cacar monyet mungkin tidak akan hilang dalam waktu dekat.

Penyebaran penyakit ini melambat tetapi virusnya sangat luas sehingga eliminasi tidak mungkin terjadi, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS. Kesimpulan itu ada dalam laporan CDC baru-baru ini, dan diungkap Marc Lipsitch, direktur sains di pusat perkiraan penyakit badan tersebut.

Lipsitch ragu-ragu untuk mengatakan, bahwa cacar monyet akan tetap ada di sini, tetapi dia mengatakan itu akan menjadi ancaman yang berkelanjutan selama beberapa tahun ke depan.

"Itu ada di banyak lokasi geografis di dalam negeri" serta di negara lain, Lipsitch mengatakan kepada The Associated Press. "Tidak ada jalan yang jelas dalam pikiran kami untuk menyelesaikan eliminasi di dalam negeri."

Virus ini terutama menyebar di antara pasangan pecinta sejenis, meskipun pejabat kesehatan terus menekankan bahwa siapa pun dapat terinfeksi. Sangat penting bahwa orang yang berisiko mengambil langkah-langkah untuk mencegah penyebaran dan upaya vaksinasi terus berlanjut, kata Lipsitch.

Laporan CDC berisi beberapa kabar baik, di mana wabah cacar monyet di AS tampaknya telah mencapai puncaknya pada awal Agustus. Jumlah rata-rata kasus harian yang dilaporkan, kurang dari 150, adalah sekitar sepertiga dari yang dilaporkan di pertengahan musim panas, dan para pejabat memperkirakan penurunan akan berlanjut setidaknya selama beberapa minggu ke depan.

Lipsitch mengaitkan kabar baik dengan peningkatan vaksinasi, perilaku hati-hati oleh orang-orang yang berisiko, dan kekebalan yang diturunkan dari infeksi pada populasi berisiko tertinggi.

Dr. Tom Inglesby, direktur Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins, setuju bahwa kecil kemungkinan penyebaran cacar monyet akan berhenti di AS dalam waktu dekat, tetapi dia mengatakan hal itu masih mungkin terjadi dalam jangka panjang.

Baca selanjutnya
Jika penularan domestik dihentikan, infeksi masih dapat berlanjut jika orang tertular ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Yahoo News/AP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polda Sulsel Klarifikasi Video Viral Polisi Bongkar Kebobrokan Polri

Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) mengklarifikasi video viral soal pengakuan seorang polisi Tana Toraja, Aipda Aksan yang membongkar kebobrokan institusi Polri.

NEWS | 3 Desember 2022

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Dua pekan setelah gempa Cianjur pada 21 November lalu jumlah pengungsi yang tinggal di tenda-tenda pengungsian terus berkurang.

NEWS | 3 Desember 2022

IDI: Kasus Polio di Aceh Jadi Pelajaran Pentingnya Vaksinasi

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengatakan kasus polio di Aceh menjadi pelajaran penting bagi pemerintah dan masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

NEWS | 3 Desember 2022

Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov NTB Kirim 2 Truk Makanan

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah melepas pengiriman dua truk bantuan berupa makan siap saji untuk para korban gempa Cianjur. 

NEWS | 3 Desember 2022

KPU Pastikan Anggaran Pemilu Akan Dilaporkan Tiap Triwulan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan anggaran Pemilu 2022 akan dipertanggungjawabkan secara transparan dalam laporan keuangan triwulan.

NEWS | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

IDI: Dunia Akui Pemulihan Kesehatan Pasca-Covid-19 di Indonesia

Ketua Umum PB IDI, Adib Khumaidi menyebut dunia mengakui langkah-langkah pemulihan kesehatan yang dilakukan Indonesia pascapandemi Covid-19.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, Ini Cara Cek Nama di DPT secara Online

KPU meminta masyarakat melindungi hak pilihnya di Pemilu 2024 dengan memastikan namanya tertera di daftar pemilih tetap (DPT). Ini cara cek DPT secara online.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

KPU meminta partai politik (parpol) untuk membuka diri kepada masyarakat, khususnya calon pemilih menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 3 Desember 2022

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyatakan seluruh personel KPU sehat dan siap menggelar Pemilu 2024. Hal ini ditandai acara gerak jalan sehat yang digelar pihaknya.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ketua Umum IDI: Vaksinasi Upaya Pencegahan Penyakit Menular

Ketua Umum IDI: Vaksinasi Upaya Pencegahan Penyakit Menular

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE