Logo BeritaSatu

Suap IMB Apartemen, Eks Wali Kota Yogyakarta Segera Diadili

Minggu, 2 Oktober 2022 | 13:14 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / JEM

Jakarta, Beritasatu.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menyerahkan berkas perkara eks Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti kepada jaksa penuntut umum (JPU). Kini, JPU akan menyusun surat dakwaan serta melimpahkannya ke pengadilan.

“Tim jaksa segera melimpahkan berkas perkara dan surat dakwaan ke pengadilan tipikor (tindak pidana korupsi) dalam waktu 14 hari kerja,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, dikutip Minggu (2/10/2022).

Sidang bakal dilaksanakan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Yogyakarta. Haryadi bakal di sidang bersama terdakwa lainnya yaitu sekretaris pribadi Haryadi sekaligus ajudan, Triyanto Budi Yuwono serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Pemkot Yogyakarta, Nurwidihartana.

Masing-masing terdakwa ditahan sampai 19 Oktober 2022. Ketiganya ditahan pada lokasi yang berbeda satu sama lain. Haryadi ditahan di Rutan KPK pada Gedung Merah Putih, Triyanto Budi ditahan di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur, dan Nurwidihartana ditahan di Rutan Polres Jakarta Pusat.

KPK menetapkan Direktur Utama PT Java Orient Property, Dandan Jaya Kartika sebagai tersangka baru dalam kasus dugaan suap terkait izin mendirikan bangunan (IMB) apartemen Royal Kedhaton. Dia bersama Vice President Real Estate Summarecon Agung, Oon Nusihono diduga memberikan sejumlah barang mewah ke Haryadi seperti sepeda mewah dan uang tunai minimal Rp 50 juta. Pemberian tersebut dilakukan sebagai tanda jadi adanya komitmen Haryadi untuk “mengawal” pengajuan IMB tersebut.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan eks Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan IMB Apartemen Royal Kedhaton. Selain Haryadi Suyuti, KPK juga menjerat Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Pemkot Yogyakarta, Nurwidhihartana dan sekretaris pribadi Haryadi, Triyanto Budi Yuwono, serta Vice President Real Estate Summarecon Agung, Oon Nusihono.

Dalam kasus ini, Haryadi melalui Triyanto dan Nurwidhihartana diduga menerima suap US$ 27.258 dari Oon untuk memuluskan IMB apartemen Royal Kedhaton yang digarap anak usaha Summarecon Agung, PT Java Orient Property.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wapres: Perlu Kerja Bersama Turunkan Angka Stunting di Indonesia

Wapres KH Ma'ruf Amin menegaskan perlu kerja bersama yang makin intens antara semua stakeholder dalam menurunkan angka stunting di Indonesia.

NEWS | 7 Desember 2022

Destinasi Wisata di Nusa Penida Disiapkan Secara Optimal

Destinasi wisata Kepulauan Nusa Penida, Klungkung disiapkan secara optimal karena memiliki pemandangan alam yang indah yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

NEWS | 7 Desember 2022

Drone Serang Pangkalan Udara Rusia, Analis: Sistem Pertahanan Gagal

Dua serangan drone di pangkalan udara di dalam wilayah Rusia telah membuat Moskwa mendapat pukulan besar.

NEWS | 7 Desember 2022

Musra XIX Digelar di DIY Awal Tahun Depan

Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY bakal menjadi tuan rumah Musyawarah Rakyat alias Musra ke XIX bulan Januari tahun depan.

NEWS | 7 Desember 2022

Al Jazeera Ajukan Kasus Shireen Abu Akleh ke Pengadilan Internasional

Al Jazeera telah mengajukan kasus pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh, yang ditembak di kepala saat meliput serangan Israel ke Pengadilan Kriminal Internasional.

NEWS | 7 Desember 2022

Ganjar Pranowo dan Cerita Dapur Megawati di Kebagusan

Ganjar Pranowo mengaku banyak mendapat ilmu dan pengalaman politik di dapur rumah Megawati Soekarno Putri di Kebagusan, Jakarta Selatan.

NEWS | 7 Desember 2022

7 Desember, Polda Metro Uji Coba Tilang Elektronik Mobile

Polda Metro Jaya uji coba penindakan menggunakan sistem tilang elektronik mobile atau electronic traffic law enforcement/ETLE mobile mulai 7 Desember

NEWS | 6 Desember 2022

KKB Tembak Mati 3 Tukang Ojek di Pegunungan Bintang Papua

KKB tembak mati tiga tukang ojek di Kampung Mangabib, Distrik Oksebang Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

NEWS | 6 Desember 2022

Ganjar: Pemanfaatan Medsos Penting bagi Pemimpin Masa Kini

Ganjar Pranowo membeberkan pentingnya pemanfaatan medsos bagi pemimpin masa kini.  Medsos sangat penting untuk menjangkau banyak masyarakat.

NEWS | 6 Desember 2022

Foto Prewedding, Kaesang Sempat Kabur Saat Mau Didandani Rama Jee

Make up Artist (MUA) Rama Jee mengaku, Kaesang Pangarep sempat kabur saat akan didandani untuk foto prewedding.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wapres: Perlu Kerja Bersama Turunkan Angka Stunting di Indonesia

Wapres: Perlu Kerja Bersama Turunkan Angka Stunting di Indonesia

NEWS | 53 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE