Logo BeritaSatu

DPR Sesalkan PT LIB Abaikan Rekomendasi Polisi soal Jadwal Arema vs Persebaya

Minggu, 2 Oktober 2022 | 16:38 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi III DPR Habiburokhman menyesalkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang mengabaikan rekomendasi polisi untuk mengubah jadwal pertandingan Arema vs Persebaya, Sabtu (1/10/2022). Menurutnya, pihak kepolisian tentu telah mencermati adanya potensi gangguan keamanan apabila pertandingan dilaksanakan malam hari.

“Terkait tragedi Kanjuruhan kami sangat menyesalkan tindakan penyelenggara Liga Indonesia yakni PT Liga Indonesia Baru yang mengabaikan rekomendasi kepolisian soal perubahan jadwal pertandingan,” kata Habiburokhman, Minggu (2/10/2022).

Politikus Partai Gerindra menilai situasi yang dihadapi pihak kepolisian sangat rumit. Di satu sisi, polisi telah merekomendasikan perubahan jadwal pertandingan. Namun, menurutnya, Polri juga tidak bisa memaksakan perubahan jadwal kepada pihak liga.

Selain itu, saat terjadi kericuhan kepolisian juga harus melindungi pemain Arema dan Persebaya dari tindakan anarkistis Aremania.

“Saat kericuhan terjadi juga rumit, di satu sisi aparat harus melindungi para pemain Arema dan Persebaya yang bisa jadi nyawanya terancam, di sisi lain tidaklah mudah untuk mengendalikan massa yang berjumlah amat banyak,” tegasnya.

DPR Sesalkan PT LIB Abaikan Rekomendasi Polisi soal Jadwal Arema vs Persebaya
Surat dari Polres Malang kepada panitia penyelenggara laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, tentang permintaan perubahan jadwal pertandingan atas pertimbangan keamanan.

Diberitakan, Kapolres Malang AKBP Firli Hidayat telah meminta perubahan jadwal pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya. Hal itu tertuang dalam surat B 2156/IX/PAM 3.3/2022 tertanggal 18 September 2022. Panitia pelaksana Arema FC diminta mengubah jadwal, karena alasan keamanan.

Melalui surat tersebut, kepolisian menyarankan agar jadwal pertandingan Arema vs Persebaya pada 1 Oktober 2022 dimajukan pukul 15.30 WIB. Sebelumnya dijadwalkan oleh pihak PT Liga Indonesia Baru pukul 20.00 WIB.

Permintaan itu dijawab oleh pihak PT Liga Indonesia Baru melalui surat yang ditandatangani oleh Direktur Utama Akhmad Hadian Lukita dengan nomor 497/LIB-KOM/IX/2022, 19 September 2022. Dalam surat tersebut berbunyi pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya pada Sabtu, 1 Oktober 2022 dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan yakni pukul 20.00 WIB.

Diberitakan, kericuhan terjadi usai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya dengan skor akhir 2-3 di Stadion Kanjuruhan. Kekalahan itu merupakan yang pertama bagi Arema FC sejak 23 tahun terakhir.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bengkel di Medan Terbakar, 3 Orang Tewas dan 1 Kritis

Kebakaran satu unit rumah semi permanen yang menjadi bengkel sepeda motor milik Manurung di Medan menewaskan tiga orang dan satu orang lainnya kritis. 

NEWS | 27 November 2022

Bisnis Kopi Rempah Milik Polisi di Blitar Tembus Mancanegara

Seorang anggota Polisi Polsek Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Aipda Jauhari Fitrianto (40) sukses menggeluti bisnis olahan kopi rempah.

NEWS | 27 November 2022

Berkedok Indekos, Satpol PP Depok Gerebek Prostitusi Online

Satpol PP Kota Depok melakukan penertiban dan penggerebekan terhadap sejumlah lokasi yang disinyalir menjadi tempat prostitusi online, Sabtu (26/11/2022).

NEWS | 27 November 2022

Top 5 News: Jokowi Ingatkan Relawan hingga Update Gempa Cianjur

Rangkuman artikel viral edisi Jumat dan Jokowi ingatkan relawan merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com.

NEWS | 27 November 2022

Tim DVI Polri Kesulitan Identifikasi Korban Gempa Cianjur

Tim DVI Polri kesulitan mengidentifikasi korban gempa Cianjur karena fasilitas pemeriksaan yang terbatas dan kondisi jenazah yang sudah rusak.

NEWS | 27 November 2022

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bengkel di Medan Terbakar, 3 Orang Tewas dan 1 Kritis

Bengkel di Medan Terbakar, 3 Orang Tewas dan 1 Kritis

NEWS | 45 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE