Logo BeritaSatu

Zulkifli Hasan: Usut Tuntas Tragedi Kemanusiaan di Kanjuruhan

Minggu, 2 Oktober 2022 | 16:45 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas mendesak pengusutan secara tuntas tragedi Kanjuruhan, usai laga Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022). Zulhas menilai peristiwa yang menyebabkan ratusan nyawa melayang tersebut merupakan tragedi kemanusiaan.

“Semua yang bersalah harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Usut sampai tuntas, apalagi ada indikasi pelanggaran prosedur. Panpel, PSSI, aparat kepolisian, semua pihak harus diusut sampai tuntas. Ini tragedi kemanusiaan. Tidak semestinya terjadi,” kata Zulhas dalam keterangannya, Minggu (2/10/2022).

Selain itu, Zulhas mendukung permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar Liga 1 dihentikan sementara sebagai buntut tragedi Kanjuruhan. Dia menegaskan sepak bola tidak setara dengan nyawa manusia.

“Saya minta agar dihentikan sementara, dievaluasi besar-besaran. Sepak bola tidak setara dengan berharganya nyawa rakyat Indonesia. Tolong dievaluasi menyeluruh,” katanya.

Zulhas menyampaikan dukacita yang mendalam kepada korban luka dan keluarga korban meninggal dunia dalam tragedi Kanjuruhan. Zuhas menyebut peristiwa tersebut sebagai tragedi olahraga terbesar yang pernah terjadi di Indonesia.

“Ini tragedi kemanusiaan. Pukulan telak untuk kita semua. Hari yang kelam dalam sejarah olahraga Indonesia. Saya dan keluarga besar PAN berduka yang mendalam atas jatuhnya korban meninggal,” ujarnya.

Menteri Perdagangan (Mendag) itu menegaskan tragedi ini tidak hanya menjadi perhatian nasional, tetapi juga publik dunia. Zulhas juga mengimbau agar semua pihak mengambil pelajaran dari peristiwa nahas ini. Dikatakan, semangat olah raga, termasuk sepak bola adalah membangun sportivitas, solidaritas, dan persatuan.

“Suporter harus belajar memberikan dukungan secara sportif, penyelenggara event olahraga harus profesional dan menempatkan aspek keselamatan dan keamanan sebagai yang utama. Aparat berwajib harus belajar pengamanan dalam industri olahraga berskala besar,” katanya.

Dia juga mengecam penggunaan gas air mata oleh aparat kepolisian dalam tragedi Kanjuruhan. Penggunaan gas air mata ke arah tribun penonton usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya, membuat banyak suporter pingsan dan sulit bernapas.

Dikatakan Zulhas, tragedi Kanjuruhan yang menewaskan sedikitnya 153 orang dan melukai ratusan orang lainnya itu disebabkan buruknya penanganan keamanan oleh aparat kepolisian, salah satunya dengan menembakkan gas air mata ke arat tribun. Padahal, penggunaan gas air mata di dalam stadion menyalahi bahkan melanggar prosedur yang ditetapkan FIFA.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bisnis Kopi Rempah Milik Polisi di Blitar Tembus Mancanegara

Seorang anggota Polisi Polsek Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Aipda Jauhari Fitrianto (40) sukses menggeluti bisnis olahan kopi rempah.

NEWS | 27 November 2022

Berkedok Indekos, Satpol PP Depok Gerebek Prostitusi Online

Satpol PP Kota Depok melakukan penertiban dan penggerebekan terhadap sejumlah lokasi yang disinyalir menjadi tempat prostitusi online, Sabtu (26/11/2022).

NEWS | 27 November 2022

Top 5 News: Jokowi Ingatkan Relawan hingga Update Gempa Cianjur

Rangkuman artikel viral edisi Jumat dan Jokowi ingatkan relawan merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com.

NEWS | 27 November 2022

Tim DVI Polri Kesulitan Identifikasi Korban Gempa Cianjur

Tim DVI Polri kesulitan mengidentifikasi korban gempa Cianjur karena fasilitas pemeriksaan yang terbatas dan kondisi jenazah yang sudah rusak.

NEWS | 27 November 2022

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Argentina Atasi Meksiko, Messi Cetak Rekor

Piala Dunia 2022: Argentina Atasi Meksiko, Messi Cetak Rekor

SEMESTA BOLA 2022 | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE