Logo BeritaSatu

Survei Indikator: Erick Thohir Cawapres Paling Potensial di Pilpres 2024

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:25 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Nama Menteri BUMN Erick Thohir menjadi calon wakil presiden (cawapres) paling potensial di Pilpres 2024. Temuan terbaru Indikator Politik Indonesia menunjukkan Erick Thohir mampu mendongkrak pasangannya ketika ditempatkan sebagai cawapres.

Direktur Eksekutif Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, survei dilakukan pada periode 13 September sampai dengan 20 September 2022 dengan melibatkan 1.220 responden dan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

“Dalam simulasi tiga pasangan, penempatan Erick Thohir sebagai calon wakil presiden mampu mendongkrak pasangannya,” ujar Burhanuddin saat memaparkan hasil survei bertajuk Evaluasi Kondisi Sosial, Politik, Ekonomi dan Hukum secara virtual, Minggu (2/10/2022).

Jika Erick Thohir disimulasikan mendampingi Prabowo Subianto, misalnya, pasangan tersebut mampu mengalahkan pasangan Ganjar Pranowo-Puan Maharani dan Airlangga Hartarto-Ridwan Kamil.

Elektabilitas pasangan Prabowo-Erick mencapai 37,3 persen. Sementara Ganjar-Puan sekadar 34,4 persen, kemudian Airlangga-Ridwan Kamil sekadar 10,8 persen.

Sebaliknya, ketika Erick Thohir disimulasikan sebagai pasangan Ganjar, ada kenaikan elektabilitas yang cukup signifikan.

“Dalam simulasi, elektabilitas pasangan Ganjar-Erick berada di angka 43,1 persen,” ungkap Burhanuddin.

Jumlah tersebut berhasil mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar yang meraih elektabilitas 32 persen, termasuk Airlangga-Ridwan Kamil dengan 9,9 persen.

Namun, Burhanuddin melanjutkan, temuan survei tersebut belum ada satu pun nama atau pasangan yang bisa melaju dalam satu putaran. Hal itu karena raihan elektabilitasnya masih di bawah 50 persen.

“Belum ada satu nama atau pasangan yang bisa membungkus satu putaran. Ganjar-Erick memang meningkat, tapi semua masih dinamis mengenai apa yang terjadi ke depan,” kata Burhanuddin.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penasihat Hukum: Saksi Aditya Cahya Pelapor Atau Timsus?

Penasihat hukum Arif Rachman mempertanyakan keberadaan saksi Kompol Aditya Cahya, apakah bertindak sebagai pelapor atau sebagai Timsus di Dittipidsiber.

NEWS | 26 November 2022

Update Gempa Cianjur: 318 Jiwa Orang Meninggal Dunia

Jumlah korban meninggal akibat gempa Cianjur, hingga hari ini, Sabtu (26/11/2022) pukul 17.00 WIB terus bertambah menjadi 318 orang.

NEWS | 26 November 2022

Segera Dibuka, Intibios Hang Tuah Hadirkan Layanan Kesehatan Satu Atap

Intibios Hang Tuah yang akan segera beroperasi memberikan layanan kesehatan satu atap yaitu laboratorium, klinik sekaligus farmasi di satu tempat.

NEWS | 26 November 2022

Enggartiasto: Intibios Utamakan Experience Layanan Kesehatan

Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa layanan kesehatan Intibios ingin memberikan pengalaman pelayanan kesehatan yang berbeda kepada masyarakat.

NEWS | 26 November 2022

Kendarai Motor, Mahasiswa UMM Jatuh dari Jembatan Setinggi 25 Meter

Mahasiswa UMM Irfaan Hafids Akbar jatuh dari atas jembatan Soekarno Hatta, Kota Malang. Korban jatuh dari ketinggian 25 meter.

NEWS | 26 November 2022

Antar Bantuan Korban Gempa Cianjur, BNPB Gunakan Motor

BNPB menggunakan sepeda motor untuk mengantarkan bantuan bagi korban gempa Cianjur yang berada di daerah yang susah dijangkau.

NEWS | 26 November 2022

Jokowi Tegaskan Reputasi Global Indonesia Patut Dijaga

Presiden Jokowi mengatakan reputasi global yang diraih Indonesia saat ini patut dijaga keberlanjutannya oleh kepemimpinan berikutnya.

NEWS | 26 November 2022

Guru Diminta Ciptakan Lingkungan Belajar Menyenangkan

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengajak guru berinovasi menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.

NEWS | 26 November 2022

Warga Rembang Bergerak Membantu Korban Gempa Cianjur

Masyarakat di Rembang terus bergerak membantu para korban gempa Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Mereka dengan menggalang bantuan di jalan protokol di Rembang.

NEWS | 26 November 2022

BPKH Menyerahkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyerahkan bantuan kemaslahatan senilai Rp 2,2 miliar untuk para korban gempa Cianjur.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Ini Statistik Menarik Jelang Prancis vs Denmark

Piala Dunia 2022: Ini Statistik Menarik Jelang Prancis vs Denmark

SEMESTA BOLA 2022 | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE