Logo BeritaSatu

Rusia Kecewa Berat, Drone Iran Tak Sesuai Harapan

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:40 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Drone Iran yang digunakan oleh pasukan Rusia di Ukraina telah mengalami berbagai kegagalan di medan pertempuran. Seperti dilaporkan Newsweek, Sabtu (1/10/2022), hal itu disampaikan pejabat tinggi Amerika Serikat (AS). Klaim tersebut dibuat oleh Sasha Baker, wakil di bawah Sekretaris Pertahanan untuk kebijakan di Departemen Pertahanan.

Pada Rabu, Baker menghadiri pertemuan kelompok kontak pertahanan Ukraina di Brussels, yang diketuai oleh William A. Laplante, Wakil Menteri Pertahanan untuk Akuisisi dan Keberlanjutan.

Drone buatan Iran yang digunakan oleh pasukan Rusia di Ukraina telah menderita "berbagai kegagalan di medan pertempuran," menurut seorang pejabat tinggi AS.

Klaim tersebut dibuat oleh Sasha Baker, wakil di bawah Sekretaris Pertahanan untuk kebijakan di Departemen Pertahanan.

Pada Rabu, Baker menghadiri pertemuan kelompok kontak pertahanan Ukraina di Brussels, yang diketuai oleh William A. Laplante, Wakil Menteri Pertahanan untuk Akuisisi dan Keberlanjutan.

Baker mengatakan, mencari bantuan Iran adalah tanda "keputusasaan" dari Rusia, menambahkan sanksi dan kontrol ekspor telah menyebabkan masalah pasokan besar bagi pasukan Putin.

Baker menambahkan bahwa Rusia telah memiliki masalah dengan drone buatan mereka di Iran.

"Kami telah melihat beberapa bukti bahwa UAV yang terkait dengan transfer dari Iran telah mengalami banyak kegagalan di medan pertempuran," ujarnya.

Pada bulan Juli, penasihat keamanan nasional Jake Sullivan mengatakan pejabat pertahanan Rusia telah mengunjungi Iran yang ingin membeli drone.

Ukraina mengklaim telah menembak jatuh drone Iran untuk pertama kalinya pada 13 September. Drone Iran disalahkan atas serangkaian serangan terhadap target Ukraina sepanjang bulan.

Negara Eropa Timur juga menyatakan pada saat itu bahwa drone pengintaian Rusia dihancurkan di Mykolaiv. Beberapa howitzer, tank dan kendaraan lapis baja juga dilaporkan hancur, sementara Ukraina menyatakan pasukannya menewaskan sedikitnya 27 tentara Rusia. Newsweek belum secara independen memverifikasi klaim Ukraina saat menghadapi invasi Rusia.

Menurut militer Ukraina, Rusia menggunakan amunisi berkeliaran Shahed-136 Iran, juga dikenal sebagai drone kamikaze, bersama dengan drone mohajer-6, yang dapat melakukan serangan udara atau pengintaian.

Akhir bulan lalu, komando angkatan udara angkatan bersenjata Ukraina menyatakan di Facebook bahwa mereka telah menembak jatuh empat drone Shahed-136 di atas wilayah Mykolaiv selatan, meskipun mengakui drone lain berhasil mencapai Kryvyi Rih dan Ochakov, tanpa menyebabkan korban.

"Musuh melanjutkan pengintaian udara menggunakan UAV dan juga mengaktifkan serangan udara menggunakan drone Kamikaze Iran dari tipe Shahed-136. Dengan cara inilah, infrastruktur pelabuhan Ochakov sekali lagi dipukul," bunyi pesan Facebook.

"Salah satu dari dua drone yang menyerang ditembak jatuh oleh bawah oleh ditembak jatuh oleh bawah oleh Ochakov sekali lagi dipukul. Unit kami, yang lain mengenainya. Petugas pemadam kebakaran segera memadamkan api. Tidak ada korban," tulis pesan di Facebook.

"Drone Kamikaze lain Shahed-136 menyerang Kryvyi Rih. Sebagai akibat dari memukul gedung non-perumahan dua lantai, kebakaran terjadi, yang segera padam. Tidak ada korban," tambahnya.

Menanggapi penyediaan drone, Departemen Keuangan AS memberlakukan sanksi pada tiga perusahaan drone Iran awal bulan lalu. Brian E. Nelson, Wakil Menteri Keuangan untuk Terorisme dan Intelijen Keuangan, mengatakan dalam siaran pers bahwa AS "tidak akan ragu" untuk menargetkan produsen UAV yang berkontribusi pada proksi teroris Timur Tengah dan destabilisasi regional.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polda Metro Jaya Bongkar Peredaran Sabu Bahan Likuid dari Eropa

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya membongkar peredaran narkoba jenis baru, yakni sabu dengan bahan likuid yang berasal dari Eropa.

NEWS | 30 November 2022

Partai Prima Papua Protes Gagal Lolos Jadi Peserta Pemilu 2024

Prima dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam tahapan verifikasi administrasi perbaikan pascakeputusan Bawaslu.

NEWS | 1 Desember 2022

Target 20 Persen Suara Golkar Akan Tercapai jika Disokong Efek Ekor Jas

Target 20 persen suara Partai Golkar baru akan tercapai apabila disokong efek ekor jas. Hal ini disampaikan Lili Romli.

NEWS | 1 Desember 2022

Ciri-ciri Partai yang Bakal Bergabung dengan KIB, Airlangga Singgung Bola

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto membeberkan ciri-ciri partai yang bakal bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

NEWS | 1 Desember 2022

Reuni 212 Rencananya Bakal digelar di Masjid Agung At-Tin Taman Mini

Reuni 212 rencananya bakal digelar pada 2 Desember 2022 di Masjid Agung At-Tin, TMII, Jakarta Timur.

NEWS | 1 Desember 2022

Motor Anggota Paspampres Hilang Dicuri di Babelan

Motor milik anggota Paspampres dicuri oleh kawanan pencuri saat terparkir di halaman rumah, kawasan Babelan, Kabupaten Bekasi, Rabu (30/11/2022) dini hari.

NEWS | 30 November 2022

Jelang Nataru, Tingkat Vaksinasi Booster DKI Baru sekitar 50%

Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Kemenkes mengungkapkan tingkat vaksinasi booster DKI baru mencapai sekitar 50%.

NEWS | 30 November 2022

Ganjar Pastikan Pelayanan Investasi di Jateng Mudah, Murah, dan Cepat

Ganjar Pranowo memastikan pelayanan investasi di Jateng mudah, murah, dan cepat sehingga bisa menarik lebih banyak investor.

NEWS | 30 November 2022

Gerindra: Indonesia Tak Butuh Tokoh Polarisasi pada 2024

Gerindra menegaskan Indonesia tidak lagi butuh tokoh yang gencar memicu polarisasi antarkelompok dalam masyarakat pada Pemilu 2024 mendatang.

NEWS | 30 November 2022

Polisi Dalami Keterkaitan Ritual dengan Kematian 1 Keluarga di Kalideres

Polisi tengah mendalami apakah ada keterkaitan ritual dengan kematian 1 keluarga di , Kalideres, Jakarta Barat.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polda Metro Jaya Bongkar Peredaran Sabu Bahan Likuid dari Eropa

Polda Metro Jaya Bongkar Peredaran Sabu Bahan Likuid dari Eropa

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE