Logo BeritaSatu

Pengelolaan Informasi Pemerintah Pusat & Daerah Ditingkatkan

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:41 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meningkatkan kemampuan pengelolaan informasi media center kementerian/lembaga di pusat maupun di pemerintah daerah (pemda), agar masyarakat tercerdaskan.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kemenkominfo, Usman Kansong mengatakan ada dua pesan yang terkandung dalam Inpres No 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik, yaitu narasi tunggal dan orkestrasi komunikasi. "Narasi tunggal adalah bagaimana semua pemerintahan dari daerah sampai pusat, semua kementerian dan lembaga di Jakarta mempunyai narasi sama terkait satu kebijakan pemerintah,” jelas Usman dalam acara bimbingan teknis (bimtelk) Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom (Jarkom) Edisi Media Center Daerah “Mengolah Kegiatan Seremonial Bernilai Berita”, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya Minggu (2/10/2022).

Sementara orkestrasi komunikasi adalah tugas dan tanggungjawab Kemenkominfo dalam pengelolaan informasi dan menciptakan ruang publik dengan konten positif mencerahkan, mencerdaskan, dan membangun semangat nasionalisme.

Usman mengatakan pengelola media center daerah perlu meningkatkan kemampuan menulis sehingga mampu menghasilkan karya lebih bernilai untuk masyarakat.

Secara khusus Usman Kansong meminta dalam meliput sebuah acara peresmian, tidak sekedar menyampaikan seremoni gunting pita atau tekan tombol, tetapi harus mengandung berita atau pesan yang disampaikan kepada publik. "Bagaimana menulis berita supaya jangan melulu seremonial, tetapi berita yang terkandung dalam seremonialnya itu, supaya berita kita dibaca orang," kata Usman

Menurutnya, jika peresmian suatu kegiatan hanya sebatas seremoni, publik akan malas membaca. Bahkan media konvensional juga tidak mau mengutip. Oleh karena itu, pengelolaan informasi di daerah harus mengolah kegiatan seremoni menjadi lebih memiliki makna dan berisi informasi yang dibutuhkan masyarakat.

Dikatakan Usman, dengan bimbingan teknis (bimtek) diharapkan peserta yang merupakan pengelola informasi dari media center di berbagai daerah dapat menambah pengetahuan dan kemampuan menulis berita dalam sebuah kegiatan seremonial. “Gali ilmu kompetensi sebanyak-banyaknya dari para narasumber kita supaya kita bisa membuat sesuatu yang sifatnya seremonial menjadi bernilai berita,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Usman Kansong juga berpesan kepada para pejuang informasi pada media center daerah untuk mengkomunikasikan narasi tunggal, mendukung dan mempromosikan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 yang berlangsung di Bali pada November 2022 kepada masyarakat di seluruh daerah. “Ini juga narasi kita harus tunggal, harus sama mendukung dan mempromosikan KTT G-20 kepada masyarakat kepada publik,” kata Usman Kansong.

Sementara Direktur Pengelolaan Media, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Nursodik Gunarjo mengatakan melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik, Kemenkominfo memiliki tanggung jawab sebagai konduktor orkestra dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat. “Kemenkominfo ada di depan, tetapi bukan pemimpin. Hanya menyatukan narasi-narasi kementerian, lembaga dan daerah sehingga apa yang keluar nanti tidak persis sama tetapi seirama," kata dia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Korban Tewas Gempa Cianjur Jadi 328 Orang, 12 Masih Hilang

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengungkapkan, korban tewas gempa Cianjur menjadi 328 orang setelah ada penambahan 1 korban meninggal.

NEWS | 1 Desember 2022

Budaya Patriarki Jadi Alasan Catcalling Dinormalisasi

Banyak masyarakat Indonesia tidak menganggap catcalling sebagai salah satu bentuk kekerasan seksual.

NEWS | 1 Desember 2022

Bharada E Sebut Ferdy Sambo Tertawa Saat Bercerita Salah Pakai Senjata

Bharada E alias Brigadir Richard Eliezer Pudihang Lumiu menyebut Ferdy Sambo tertawa saat bercerita salah pakai senjata.

NEWS | 30 November 2022

Polda Metro Jaya Bongkar Peredaran Sabu Bahan Likuid dari Eropa

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya membongkar peredaran narkoba jenis baru, yakni sabu dengan bahan likuid yang berasal dari Eropa.

NEWS | 30 November 2022

Partai Prima Papua Protes Gagal Lolos Jadi Peserta Pemilu 2024

Prima dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam tahapan verifikasi administrasi perbaikan pascakeputusan Bawaslu.

NEWS | 1 Desember 2022

Target 20 Persen Suara Golkar Akan Tercapai jika Disokong Efek Ekor Jas

Target 20 persen suara Partai Golkar baru akan tercapai apabila disokong efek ekor jas. Hal ini disampaikan Lili Romli.

NEWS | 1 Desember 2022

Ciri-ciri Partai yang Bakal Bergabung dengan KIB, Airlangga Singgung Bola

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto membeberkan ciri-ciri partai yang bakal bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

NEWS | 1 Desember 2022

Reuni 212 Rencananya Bakal digelar di Masjid Agung At-Tin Taman Mini

Reuni 212 rencananya bakal digelar pada 2 Desember 2022 di Masjid Agung At-Tin, TMII, Jakarta Timur.

NEWS | 1 Desember 2022

Motor Anggota Paspampres Hilang Dicuri di Babelan

Motor milik anggota Paspampres dicuri oleh kawanan pencuri saat terparkir di halaman rumah, kawasan Babelan, Kabupaten Bekasi, Rabu (30/11/2022) dini hari.

NEWS | 30 November 2022

Jelang Nataru, Tingkat Vaksinasi Booster DKI Baru sekitar 50%

Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Kemenkes mengungkapkan tingkat vaksinasi booster DKI baru mencapai sekitar 50%.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
AHY Bertemu Pemimpin Politik dan Pemerintahan Australia

AHY Bertemu Pemimpin Politik dan Pemerintahan Australia

NEWS | 19 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE