Logo BeritaSatu

200 Aktivis Lingkungan Dibunuh di Seluruh Dunia, Tahun 2021

Minggu, 2 Oktober 2022 | 19:06 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Mexico City, Beritasatu.com- Sekitar 200 aktivis lingkungan dibunuh di seluruh dunia pada tahun 2021, termasuk sekitar 54 orang di Meksiko. Seperti dilaporkan AP, Jumat (30/9/2022), Meksiko mengambil posisi negara paling mematikan dalam laporan tahunan oleh organisasi non -pemerintah Global Witness.

Lebih dari tiga perempat pembunuhan terjadi di Amerika Latin, di mana Kolombia, Brasil dan Nikaragua juga mencatat korban tewas dua digit. Kenaikan itu adalah tahun ketiga berturut -turut kenaikan untuk Meksiko dan lompatan dari 30 aktivis seperti itu tewas pada tahun 2020.

"Sebagian besar kejahatan ini terjadi di tempat -tempat yang jauh dari kekuasaan dan ditimbulkan pada orang -orang dengan, dalam banyak hal, jumlah kekuatan paling sedikit," kata laporan itu.

Global Witness menganggap laporannya sebagai garis dasar, mencatat "data kami tentang pembunuhan cenderung meremehkan, mengingat banyak pembunuhan tidak dilaporkan, khususnya di daerah pedesaan dan negara -negara tertentu."

Para korban tewas eksploitasi sumber daya pertempuran dan dalam perselisihan tanah. Konflik atas penambangan terikat pada 27 kematian di seluruh dunia, yang paling banyak untuk sektor mana pun.

Lima belas dari pembunuhan terkait pertambangan itu berada di Meksiko. Di negara bagian Jalisco di Meksiko barat, José Santos Isaac Chavez terbunuh pada bulan April 2021. Dia mencalonkan diri untuk kantor lokal dan telah membuat oposisi terhadap tambang yang sudah berjalan lama sebagai bagian tengah dari kampanyenya.

Beberapa hari sebelum pemilihan, ia ditemukan tewas di mobilnya, yang telah diusir dari tebing dan tubuhnya menunjukkan bukti penyiksaan. Pria bersenjata telah menyeretnya keluar dari rumahnya dan mengusirnya dengan kendaraannya sendiri.

Pada bulan April 2021, Sandra Liliana Peña Chocué, seorang gubernur asli di Kolombia barat daya, yang telah berjuang untuk pemberantasan tanaman koka di Caldono, Cauca terbunuh di dekat rumahnya oleh orang -orang bersenjata. Pembunuhannya dikutuk oleh PBB, organisasi nonpemerintah dan pemerintah asing.

Secara keseluruhan, pembunuhan aktivis lingkungan di Kolombia turun pada tahun 2021 menjadi 33 orang dari 65 orang tahun sebelumnya. Filipina melihat lebih sedikit pembunuhan seperti itu pada tahun 2021 juga, 19 orang dibandingkan dengan 30 orang pada tahun 2020.

Di Republik Demokratik Kongo, kedelapan korban yang tercatat terbunuh di dalam Taman Nasional Virunga.

Pada bulan November, Kepala Ranger Taman Konservasi Brigadir Etienne Mutazimiza Kanyaruchinya, 48 orang terbunuh ketika 100 orang bersenjata berat, diduga menjadi mantan anggota kelompok pemberontak M23, menyerang sebuah pos patroli di dekat desa Bukima di provinsi Kivu Utara Kongo.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sura dan Suru Jadi Maskot Pemilu 2024

Maskot pemilu 2024 bernama "Sura" dan "Suru" merupakan karya Stephanie, mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pradita Tangerang, Banten.

NEWS | 3 Desember 2022

Banjir di Jateng, Ganjar Pranowo Siapkan Anggaran Darurat Rp 15 M

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyiapkan anggaran darurat Rp 15 miliar untuk penanganan banjir yang melanda sejumlah wilayah.

NEWS | 3 Desember 2022

Ganjar Serahkan Keputusan Pencapresan ke Ketua Umum Partai

Ganjar Pranowo menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai pencapresan untuk Pilpres 2024 kepada para ketua umum partai.

NEWS | 3 Desember 2022

Rumah Contoh Tahan Gempa Dibangun di Cianjur

Rumah contoh tahan gempa dibangun di Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Kampung Nagrak, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur Kota.

NEWS | 2 Desember 2022

Gempa Cianjur: BMKG Ungkap 4 Penyebab Kerusakan Bangunan

BMKG memaparkan empat faktor utama penyebab kerusakan bangunan akibat guncangan gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 2 Desember 2022

Wapres Harap Yudo Margono Teruskan Kebijakan Keamanan Papua

Wapres berharap Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai calon panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, dapat melanjutkan kebijakan keamanan di Papua.

NEWS | 2 Desember 2022

Kematian Covid-19 Jadi Proporsional, Pakar: Percepat Booster

Dicky Budiman menyatakan bahwa pemerintah harus segera mempercepat vaksinasi Covid-19 booster pertama dan kedua karena kasus kematian jadi proporsional.

NEWS | 2 Desember 2022

Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

Jusuf Kalla (JK) mengenang mantan menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan sebagai sosok humoris.

NEWS | 2 Desember 2022

Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Almarhum Ferry Mursyidan Baldan

Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Ferry Mursyidan Baldan di daerah Slipi, Jakarta Barat, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Yudo Margono Bakal Perhatikan Kesejahteraan Prajurit

Peningkatan kesejahteraan prajurit TNI menjadi salah satu hal yang diperhatikan Laksamana Yudo Margono.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bursa Eropa Turun karena Data Pekerjaan & Covid-19 Tiongkok

Bursa Eropa Turun karena Data Pekerjaan & Covid-19 Tiongkok

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE