Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Pelatih Timnas Shin Tae-yong Merespons Tragedi Kanjuruhan

Minggu, 2 Oktober 2022 | 19:41 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Jakarta, Beritasatu.com- Pelatih tim nasional sepak bola Indonesia, Shin Tae-yong menyatakan turut berduka atas tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Lewat akun Instagram @shintaeyong.id, Minggu (2/10/2022), keprihatinan itu diungkapkan lewat banner warna hitam berjudul "Duka cita mendalam untuk sepak bola Indonesia."

"Semoga almarhum dan almarhumah mendapat tempat terbaik disisi nya dan keluarga korban diberi ketabahan," tulis Shin Tae-yong.

Ucapan duka dari pelatih asal Korea Selatan itu disambut komentar pada pengikutnya. Sebagian pengguna Instagram juga menyesalkan tragedi Kanjuruhan.

Akun @jumfaisalsyarifhabib berkomentar agak Shin Tae-yong pulang kembali ke Korea Selatan, karena PSSI diyakini akan dijatuhi sanksi FIFA.

Sementara akun @arkanfather menyarankan agar jika ingin penonton sepak bola dewasa, sebaiknya usia penonton di stadion dibatasi minimal 21 tahun ke atas. Tapi jika ternyata belum dewasa juga, penonton Indonesia berarti keterlaluan.

Sementara dilaporkan sedikitnya 174 orang tewas terinjak-injak pada pertandingan sepak bola Indonesia yang dikenal dengan tragedi Kanjuruhan dan menjadi salah satu bencana stadion terburuk di dunia.

Media Inggris BBC melaporkan, sekitar 180 orang juga terluka dalam bentrokan setelah tim tuan rumah Arema FC kalah dari rival bebuyutannya di stadion yang penuh sesak pada Sabtu malam di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Penyerbuan terjadi setelah polisi menembakkan gas air mata kepada suporter yang menyerbu lapangan. Saat kepanikan menyebar, ribuan orang melonjak menuju pintu keluar stadion Kanjuruhan, di mana banyak yang mati lemas.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan menurunkan tim penyelidikan dan pemantauan terkait tragedi kemanusiaan yang terjadi rangka mengusut kerusuhan Kanjuruhan yang terjadi seusai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Tim Komnas HAM tersebut direncanakan akan dikirim ke Malang, pada Senin (3/10/2022) besok. "Insyallah, besok Senin (3/10), tim dari pemantauan dan penyelidikan sudah berada di malang," ujar Komisioner Komnas HAM Choirul Anam kepada wartawan.

Anam menerangkan, pihaknya sudah mengatur waktu untuk mengadakan pertemuan dengan keluarga korban tragedi Kanjuruhan serta kalangan Aremania. Pertemuan tersebut supaya mereka bisa menyampaikan keterangan langsung ke Komnas HAM terkait tragedi Kanjuruhan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI