Logo BeritaSatu

Anies Bakal Diumumkan Surya Paloh sebagai Capres Nasdem?

Minggu, 2 Oktober 2022 | 22:17 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh akan mengumumkan calon presiden (capres) yang akan diusung Nasdem di Pilpres 2024, Senin (2/10/2022) besok di Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Pukul 09.00 WIB. Surya Paloh akan mengumumkan satu dari tiga nama bakal capres yang sudah direkomendasikan oleh forum rakernas pada pertengahan Juni 2022 lalu.

Tiga nama itu adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jendral Andika Perkasa. Dari tiga nama tersebut, Anies Baswedan merupakan nama potensial yang bakal diumukan Surya Paloh sebagai capres Nasdem.

Politikus Partai Nasdem Zulfan Lindan sebelumnya memastikan jika Nasdem bakal mengusung Anies Baswedan menjadi capres di Pilpres 2024. Menurut Zulfan, Surya Paloh bakal mengumumkan Anies pada 10 November 2022 bersama koalisi Partai Nasdem, yakin Partai Demokrat dan PKS.

"Secara logika politik yang paling memungkin kan, ya Anies Baswedan dan memang akan diumumkan bersama koalisi, jadi Anies Baswedan capres Partai Nasdem, PKS, dan Partai Demokrat, sudah 99 persen," ujar Zulfan kepada wartawan, Selasa (27/9/2022).

Menurut Zulfan, Anies paling memungkinkan diusung Nasdem karena Ganjar masih terikat dengan PDIP. Sementara Jenderal Andika Perkasa masih terikat aturan militer.

“Jadi, kalau soal capres sudah selesai,” kata Zulfan.

Pernyataan Zulfan tersebut kemudian dibantah oleh Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali yang menyebutkan belum ada keputusan apa pun dari Nasdem terkait capres yang akan diusung. Hal ini mengingat keputusan capres Nasdem menjadi kewenangan penuh Surya Paloh.

“Nasdem belum memutuskan siapa capres. Jadi keputusan itu ada di tangan Pak Surya," ujar Ahmad Ali kepada wartawan, Rabu (28/9/2022).

Untuk itu, kata Ali, kader yang menyebutkan Nasdem sudah mengusung Anies, merupakan pendapat pribadi, bukan pernyataan resmi partai. Hal ini karena Nasdem sudah menyerahkan keputusan tersebut kepada Surya Paloh.

"Itu kewenangan ketua umum. Jadi kita tidak bisa mendahului keputusan ketum dengan partai koalisi. Kalau ada pernyataan 10 November deklarasi, itu pendapat pribadi," tegas Ali.

Baca selanjutnya
Kemudian, Ali mengatakan jika dipilih menjadi capres Nasdem, Anies harus berkomitmen ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penegakan HAM di Indonesia Dinilai Belum Sepenuhnya Optimal

Pengamat hukum dari UKI, Nelson Simanjuntak menilai penegakan hak asasi manusia (HAM) di Indonesia belum sepenuhnya optimal. 

NEWS | 10 Desember 2022

Sah Jadi Suami Erina Gudono, Kaesang: Alhamdulillah

Kaesang Pangarep telah resmi menjadi suami dari Erina Sofia Gudono setelah melafalkan ijab kabul. Kaesang mengucapkan alhamdulillah.

NEWS | 10 Desember 2022

Kronologi Kasus Brigadir J Versi Ferdy Sambo, dari Magelang hingga Duren Tiga

Saat bersaksi di sidang, Ferdy Sambo menceritakan kronologi kasus Brigadir J berdasarkan versinya mulai dari peristiwa Magelang hingga Duren Tiga. 

NEWS | 10 Desember 2022

Muhadjir Effendy Serahkan Kaesang untuk Dinikahkan dengan Erina

Menko PMK Muhadjir Effendy menyerahkan Kaesang Pangarep untuk dinikahkan dengan Erina Gundono di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sleman.

NEWS | 10 Desember 2022

Konferensi MIH UKI Soroti Perlindungan Hak Asasi Digital

"Ketika menyebut hak asasi manusia, perlindungan hak asasi digital sangat penting untuk kebebasan berpendapat,” kata Romina.

NEWS | 10 Desember 2022

Sah, Kaesang dan Erina Resmi Jadi Suami Istri

Sah, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono resmi jadi suami istri. Kaesang-Erina menjalani akad nikah di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022

Vladimir Putin Buka Peluang Akhiri Perang di Ukraina

Presiden Rusia, Vladimir Putin membuka peluang untuk secepatnya menyelesaikan perang berkepanjangan di Ukraina.

NEWS | 10 Desember 2022

Ini Daftar Tamu Istimewa yang Hadir di Akad Nikah Kaesang-Erina

Sejumlah tamu istimewa menghadiri akad nikah Kaesang-Erina di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022

Anak 8 Tahun Meninggal Tertimbun Longsor di Purwakarta

Seorang anak berusia 8 tahun meninggal dunia tertimbun longsor di Purwakarta, tepatnya di Kampung Cinangsi, Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur.

NEWS | 10 Desember 2022

Sepeda Lipat hingga Gitar, KPK Lelang Barang-barang Gratifikasi

Hakordia 2022, KPK bersama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) mengadakan lelang barang eks gratifikasi, Jumat (9/12/2022).

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Soal Pilpres 2024, Sandiaga Uno: Saya Patuh pada Keputusan Prabowo

Soal Pilpres 2024, Sandiaga Uno: Saya Patuh pada Keputusan Prabowo

BERSATU KAWAL PEMILU | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE