Logo BeritaSatu

Ditolak Denmark, Prancis Akan Kirim Howitzer ke Ukraina

Minggu, 2 Oktober 2022 | 22:47 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Paris, Beritasatu.com- Prancis akan mengirim howitzer yang ditolak Denmark ke Ukraina. Seperti dilaporkan surat kabar Prancis Le Monde, Sabtu (1/10/2022), Kyiv mungkin mendapatkan hingga 12 howitzer Caesar dari Paris yang awalnya ditujukan untuk Denmark.

Le Monde melaporkan pada hari Sabtu, Prancis dilaporkan sedang mempersiapkan pengiriman pasokan senjata baru ke Ukraina, yang mungkin mencakup antara enam dan 12 howitzer self-propelled Caesar.

Potongan senjata artileri awalnya ditujukan untuk Denmark, tetapi Kopenhagen mengatakan tidak semua dari senjjata berat itu memenuhi standar yang disyaratkan.

“Kesepakatan itu adalah hasil dari negosiasi panjang antara Prancis, Ukraina, dan Denmark,” kata Le Monde, seraya menambahkan bahwa Kyiv pada awalnya meminta 15 howitzer.

Menurut Le Monde, Presiden Prancis Emmanuel Macron menentang gagasan memasok Ukraina dari persediaan tentara negara itu, karena Paris telah mengirim 18 Caesar ke Kyiv, yang berjumlah hampir seperempat dari 76 persenjataan artileri Prancis sendiri.

Sebaliknya, Prancis memutuskan untuk memasok Ukraina dengan howitzer yang awalnya dipesan oleh Denmark pada tahun 2017, kata Le Monde, seraya menambahkan bahwa Kopenhagen setuju untuk menyerah pada pembelian karena artileri yang dipesan masih menjalani validasi teknis, dan setidaknya beberapa di antaranya gagal memenuhi spesifikasi yang dipersyaratkan yang ditetapkan oleh pihak Denmark.

Kyiv awalnya ragu-ragu untuk menerima howitzer tetapi akhirnya setuju untuk menerimanya apa adanya, lapor Le Monde. Rincian pengiriman masih diselesaikan, tetapi “kesepakatan politik” antara Macron, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, dan Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen telah tercapai, menurut Le Monde.

Laporan tersebut menyatakan bahwa Caesar yang ditujukan untuk Denmark hampir dua kali lebih berat dari yang digunakan oleh Prancis (32 ton berbanding 18 ton). Di antara perbedaan lainnya adalah bahwa mereka dipasang pada kendaraan roda delapan daripada versi roda enam, dapat membawa hingga 36 peluru artileri, bukan 18, dan kabin mereka memiliki baju besi yang lebih berat.

Awal pekan ini, Senat AS menyetujui paket bantuan militer dan ekonomi untuk Ukraina senilai US$12 miliar (Rp 183 triliun). bantuan ini terbagi US$ 4,5 miliar (Rp 68,8 triliun) untuk pemerintah Ukraina dan US$ 3 miliar (Rp 45,9 triliun) untuk senjata dan peralatan militer, sementara dana yang tersisa dialokasikan untuk mengisi kembali pasokan senjata AS yang sudah dikirim ke Ukraina dan memungkinkan transfer lebih banyak senjata dari persediaan Amerika.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top 5 News: Percepatan Vaksin Booster, Visi Yudo Margono hingga Tembok CIMB Finance Roboh

Booster vaksin Covid-19 perlu dipercepat dan tembok CIMB Niaga Finance roboh merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com.

NEWS | 3 Desember 2022

Sura dan Suru Jadi Maskot Pemilu 2024

Maskot pemilu 2024 bernama "Sura" dan "Suru" merupakan karya Stephanie, mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pradita Tangerang, Banten.

NEWS | 3 Desember 2022

Banjir di Jateng, Ganjar Pranowo Siapkan Anggaran Darurat Rp 15 M

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyiapkan anggaran darurat Rp 15 miliar untuk penanganan banjir yang melanda sejumlah wilayah.

NEWS | 3 Desember 2022

Ganjar Serahkan Keputusan Pencapresan ke Ketua Umum Partai

Ganjar Pranowo menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai pencapresan untuk Pilpres 2024 kepada para ketua umum partai.

NEWS | 3 Desember 2022

Rumah Contoh Tahan Gempa Dibangun di Cianjur

Rumah contoh tahan gempa dibangun di Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Kampung Nagrak, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur Kota.

NEWS | 2 Desember 2022

Gempa Cianjur: BMKG Ungkap 4 Penyebab Kerusakan Bangunan

BMKG memaparkan empat faktor utama penyebab kerusakan bangunan akibat guncangan gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 2 Desember 2022

Wapres Harap Yudo Margono Teruskan Kebijakan Keamanan Papua

Wapres berharap Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai calon panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, dapat melanjutkan kebijakan keamanan di Papua.

NEWS | 2 Desember 2022

Kematian Covid-19 Jadi Proporsional, Pakar: Percepat Booster

Dicky Budiman menyatakan bahwa pemerintah harus segera mempercepat vaksinasi Covid-19 booster pertama dan kedua karena kasus kematian jadi proporsional.

NEWS | 2 Desember 2022

Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

Jusuf Kalla (JK) mengenang mantan menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan sebagai sosok humoris.

NEWS | 2 Desember 2022

Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Almarhum Ferry Mursyidan Baldan

Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Ferry Mursyidan Baldan di daerah Slipi, Jakarta Barat, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2022 Saham Energi Meroket 87%, Teknologi Nyungsep 36%

2022 Saham Energi Meroket 87%, Teknologi Nyungsep 36%

EKONOMI | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE