Logo BeritaSatu

Ini Penyebab Kepuasan Kinerja Jokowi Naik 5 Persen dalam Sepekan

Minggu, 2 Oktober 2022 | 22:54 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Survei terbaru Indikator Politik Indonesia menemukan tingkat kepuasan masyarakat atau approval rating terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) meningkat. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, menyatakan kenaikan tersebut bahkan terjadi hanya dalam waktu sepekan.

Pada survei terbaru yang dilakukan pada 13 September 2022 hingga 20 September 2022, tingkat kepuasan Jokowi kini berada di angka 67,2 persen. Padahal, dalam survei sebelumnya yang dilakukan pada periode 5 September hingga 10 September 2022, tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi masih berada di angka 62,6 persen.

Burhanuddin mengungkapkan, terdapat dua faktor yang membuat kepuasan kinerja Jokowi meningkat lima persen hanya dalam sepekan. Kedua faktor itu, yakni kondisi ekonomi, dan penegakan hukum.

“Dugaan saya, ada dua hal yang membuat approval rate Jokowi kembali pulih. Satu, terkait kondisi ekonomi. Kedua, terkait penegakan hukum,” kata Burhanuddin saat pemaparan hasil survei bertajuk "Evaluasi Kondisi Sosial, Politik, Ekonomi, dan Hukum" secara virtual, Minggu (2/10/2022).

Terkait kondisi ekonomi, terjadi penurunan sentiment negatif. Temuan terbaru, sebanyak 21,1 persen menyatakan kondisi ekonomi dalam kondisi baik. Ada peningkatan ketimbang survei awal September yang hanya berada di angkat 20,3 persen.

Di sisi lain, Burhanuddin memprediksi hal tersebut dampak mitigasi pemerintah dalam menyiapkan dampak kebijakan yang tidak populis, yakni kenaikan harga BBM.

“Saya menduga pemerintah sudah menyiapkan mitigasi atas dampak kenaikan harga bbm melalui program BLT. Bantalan sosial diberikan secara masif. Masyarakat banyak tahu bantalan sosial dilakukan, termasuk banyak yang menerima bantuannya,” ungkap Burhanuddin.

Selain itu, Burhanuddin juga menilai kenaikan tingkat kepuasan publik terhadap presiden dilatari keberhasilan pemerintah menjaga inflasi. Biasanya, Burhanuddin melanjutkan,

“jika inflasi meningkat, approval rate terkoreksi. Sebaliknya, jika inflasi turun, approval rate meningkat,” katanya.

Alasan kedua, kata Burhanuddin, terkait kondisi penegakan hukum. Temuan terbaru, masyarakat yang menilai penegakan hukum dalam kondisi baik berada di angka 36 persen.

“Secara keseluruhan, kita harus memberikan apresiasi. Ada banyak capaian positif di penegakan hukum. Kejaksaan Agung, dalam sejarah saya melakukan survei, belum pernah berada di peringkat paling atas. Kepercayaan terhadap Kejaksaan turut memengaruhi tingkat kepercayaan terhadap presiden,” ungkap Burhanuddin.

Survei dilakukan dengan tatap muka pada 13 September 2022 hingga 20 September 2022. Populasi survei adalah warga negara yang mempunya hak pilih dengan pemilu. Jumlah responden 1.220 orang yang diperoleh dengan metode multistage random sampling. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.200 responden. Angka margin of error plus minus 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Paripurna DPR Pengesahan Yudo Margono sebagai Panglima TNI Digelar Selasa

DPR bakal menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI pada Selasa (6/12/2022).

NEWS | 3 Desember 2022

Akhir Pekan, Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan pada Siang hingga Sore

Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat pada akhir pekan ini, Sabtu (3/12/2022).

NEWS | 3 Desember 2022

Top 5 News: Percepatan Vaksin Booster, Visi Yudo Margono hingga Tembok CIMB Finance Roboh

Booster vaksin Covid-19 perlu dipercepat dan tembok CIMB Niaga Finance roboh merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com.

NEWS | 3 Desember 2022

Sura dan Suru Jadi Maskot Pemilu 2024

Maskot pemilu 2024 bernama "Sura" dan "Suru" merupakan karya Stephanie, mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pradita Tangerang, Banten.

NEWS | 3 Desember 2022

Banjir di Jateng, Ganjar Pranowo Siapkan Anggaran Darurat Rp 15 M

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyiapkan anggaran darurat Rp 15 miliar untuk penanganan banjir yang melanda sejumlah wilayah.

NEWS | 3 Desember 2022

Ganjar Serahkan Keputusan Pencapresan ke Ketua Umum Partai

Ganjar Pranowo menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai pencapresan untuk Pilpres 2024 kepada para ketua umum partai.

NEWS | 3 Desember 2022

Rumah Contoh Tahan Gempa Dibangun di Cianjur

Rumah contoh tahan gempa dibangun di Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Kampung Nagrak, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur Kota.

NEWS | 2 Desember 2022

Gempa Cianjur: BMKG Ungkap 4 Penyebab Kerusakan Bangunan

BMKG memaparkan empat faktor utama penyebab kerusakan bangunan akibat guncangan gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 2 Desember 2022

Wapres Harap Yudo Margono Teruskan Kebijakan Keamanan Papua

Wapres berharap Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai calon panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, dapat melanjutkan kebijakan keamanan di Papua.

NEWS | 2 Desember 2022

Kematian Covid-19 Jadi Proporsional, Pakar: Percepat Booster

Dicky Budiman menyatakan bahwa pemerintah harus segera mempercepat vaksinasi Covid-19 booster pertama dan kedua karena kasus kematian jadi proporsional.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2022 Saham Energi Meroket 87%, Teknologi Nyungsep 36%

2022 Saham Energi Meroket 87%, Teknologi Nyungsep 36%

EKONOMI | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE